Ada banyak jenis pompa air dipasaran berdasarkan kegunaannya. Untuk fungsinya mungkin sama, yakni sama-sama untuk menyedot air.

Namun yang membedakan ada di kapasitas dan dipergunakan untuk apa pompa air tersebut. Ada yang digunakan untuk menghisap air dari dalam sumur, dan juga yang untuk pompa pendorong agar tekanan air lebih kencang.

Oleh sebab itu, yang perlu dipahami oleh pengguna ketika membeli pompa air akan digunakan untuk apa, dan berapa perkiraan kapasitas daya hisap yang dibutuhkan.

Supaya lebih mudah dalam memahaminya dan agar tidak salah pilih, berikut ini jenis-jenis pompa air yang banyak beredar dipasaran.

Baca juga: Masalah Umum Pada Pompa Air dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis pompa air

Setidaknya ada empat jenis mesin pompa air yang sering kita jumpai, beberapa diantaranya:

1. Pompa air sumur dangkal

Gambar pompa air sumur dangkal

Pompa air jenis ini memiliki kapasitas daya hisap untuk kedalaman sumur maksimal 9 meter. Sesuai dengan kapasitasnya, biasanya pompa air ini digunakan untuk penggunaan ringan.

Untuk daerah yang memiliki banyak sumber air, misalnya dengan kedalaman sumur 5 hingga 10 meter sudah menemukan sumber air yang melimpah, bisa menggunakan pompa air jenis sebagai pompa utama.

Biasanya mesin air ini sering digunakan di wilayah pedesaan yang umumnya masih banyak memiliki pasokan sumber air di dalam tanah.

Namun, ada juga yang mempergunakan pompa air ini sebagai pompa pendorong agar tekanan air pada instalasi pipa air rumah lebih kencang. Walaupun hal ini ada jenis pompa sendiri, yakni biasa disebut pompa booster.

Baca juga: Spesifikasi dan Review Pompa Air Shimizu PS 135 E

2. Pompa air sumur dalam

Gambar pompa air sumur dalam

Pompa air sumur dalam kebalikannya sumur dangkal. Di mana jenis pompa air ini mampu menghisap air untuk kedalaman sumur lebih dari 9 meter.

Tanda utama mesin air jenis ini yaitu sudah dilengkapi Jet Injector, di mana ini memiliki fungsi untuk menguatkan daya pancar atau tekanan air yang dihisap.

Pompa air sumur dalam sendiri dibagi dua macam, yakni pompa air semi jet (semi jet pump) dan pompa air jet (jet pump).

Perbedaan utama dari keduanya yaitu adanya tabung yang berfungsi untuk menambah daya pancar maupun daya hisap air. Pompa air jet sudah ada tabung, sedangkan pompa air semi jet tidak ada tabung.

Selain kedua jenis tersebut, juga ada lagi jenis pompa air yang bisa dikatergorikan pompa air sumur dalam, yaitu pompa Submersible.

Yang mana cara kerjanya sama seperti pompa air celup, namun ia mampu untuk untuk menghisap air dari kedalaman sumur lebih dari 9 meter.

Pompa air sumur dalam cocok digunakan untuk skala perumahan, ruko, restaurant, perkantoran. Dan untuk jenis pompa air Submersible banyak digunakan untuk perairan di persawahan, walaupun ada beberapa yang menggunakannya untuk skala rumah tinggal.

Baca juga: 7 Rekomendasi Pompa Air Terbaik yang Murah dan Berkualitas

3. Pompa celup

Gambar pompa celup

Sesuai dengan namanya, pompa air jenis ini bekerja dengan cara dicelupkan ke dalam air. Daya pancar air yang dihasilkan maksimal 5 meter sesuai dengan tipe pompa celup dan kegunaannya.

Biasanya pompa celup digunakan untuk menguras air dalam bidang tertentu. Misalnya untuk menguras air kolam renang, kolam ikan, dan sejenisnya.

4. Pompa booster

Gambar pompa booster

Pompa booster berfungsi sebagai penunjang apabila tekanan pada pipa instalasi di rumah kurang. Sehingga dengan adanya pompa booster tekanan air tersebut bisa lebih kuat.

Terutama pada rumah tersebut dipasang alat yang membutuhkan pasokan air yang stabil, seperti pemanas air (water heater) dan mesin cuci.

Dalam kata lain, pompa booster juga bisa dikatakan sebagai pompa pendorong.

Selain itu, pompa booster juga bisa dipasang untuk tujuan membantu pompa utama agar tekanan air yang keluar lebih kencang. Baik itu ketika melalui pipa instalasi untuk ke keran air, atau untuk ke toren penampungan air.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tandon Air 1000 Liter Terbaik dan Harganya

Nah, itulah jenis pompa air yang biasa sering kita jumpai. Semoga ini bisa membantu Anda ketika memilih pompa berdasarkan jenisnya.

Share.
Admin

Spesialis Service | Maintenance | Repair | Sales | Trade-in Air Conditioner and Home Appliances.

Leave A Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× Chat di WhatsApp
Exit mobile version