Beranda HVACR Penyebab Kompresor Kulkas Mati Hidup dan Solusinya

Penyebab Kompresor Kulkas Mati Hidup dan Solusinya

5577
0
Kompresor kulkas mati hidup

Jika Anda mendapatkan masalah kompresor kulkas mati hidup sendiri, Anda jangan buru-buru panik dan mengira kulkas Anda rusak.

Karena, bisa saja kompresor lemari es Anda tersebut mati hidup karena proses. Tetapi akan lebih baik jika Anda mencari informasi kenapa tersebut bisa terjadi.

Mungkin sebagian masyarakat menganggap kulkas merupakan salah satu barang elektronik yang wajib dimiliki.

Pasalnya kulkas bisa untuk menyimpan makanan dengan tujuan agar tidak cepat basi. Suhu yang rendah di dalam kulkas dipercaya dapat memperlambat timbulnya kuman dan bakteri pada makanan.

Itulah kenapa memiliki kulkas sangat dianjurkan, terlebih jika Anda mempunyai usaha catering, rumah makan dan restaurant.

Kulkas sendiri pun sama dengan peralatan elektronik rumah tangga lainnya, di mana bisa saja rusak lalu tidak bisa digunakan sebagai fungsinya.

…dan kompresor kulkas mati hidup adalah salah satu jenis kerusakan yang biasa kita temui pada lemari pendingin. Tentu ini pun tidak hanya terjadi pada satu macam jenis kulkas, melainkan bisa saja untuk semua jenis lemari es yang ada dipasaran.

Oleh karena itulah, jika hal tersebut terjadi pada kulkas milik Anda, Anda tidak perlu panik. Karena kulkas milik orang lain pun juga bisa mengalami hal yang sama, entah itu kapan waktunya.

Sebagai informasi, berikut ini akan kami sampaikan hal-hal yang menyebabkan kompresor kulkas mati hidup, sehingga Anda tahu langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan jika ini terjadi pada lemari es Anda di rumah.

Baca Juga: Kenapa Kulkas Tidak Dingin? Padahal Lampunya Nyala

Penyebab kompresor kulkas mengalami mati hidup sendiri

Umumnya jika kulkas mati hidup, ada tiga penyebabnya, yaitu : mati hidup karena proses, adanya komponen yang bermasalah, dan karena mesin kompresor sudah mau rusak.

Kulkas mati hidup karena proses

Kompresor kulkas yang mati hidup karena proses juga bisa disebut standby, di mana ia akan mengalami mati dalam beberapa menit setiap 6-9 jam sekali.

Hal ini pun wajar dan normal, karena itu merupakan proses atau cara kerja dari sebuah lemari es.

Mesin kompresor mati dalam hitungan menit yang artinya suhu di dalam kulkas sudah mencapai pada titik suhu termperature yang kita setting melalui pengaturan suhu.

..kemudian akan nyala kembali nanti jika suhu di dalam kulkas sudah mulai naik. Untuk kulkas dua pintu, saat kompresor mati maka komponen defrost atau fuse heater akan bekerja untuk mencair bunga es, agar tidak terjadi penumpukan yang terlalu tebal di evaporator.

Cara membedakan kompresor mati hidup karena proses atau karena rusak yaitu jika kompresor mati selama beberapa menit setiap 6-9 jam sekali, dan suhu dingin didalamnya tetap terjaga berarti ini normal.

Namun, jika kompresor mati hidup dalam jeda waktu yang sangat pendek, dan suhu dingin di dalam lemari es mulai berkurang, hal ini bisa karena ada komponen yang tidak beres atau menandakan kompresor sudah mau rusak.

Komponen overload atau bimetal sudah lemah

Pada sebuah kulkas terdapat komponen yang bernama overload, di mana ini memiliki fungsi untuk menjaga suhu pada mesin kompresor agar tidak overheat sehingga terjadi korsleting.

Cara kerja overload sendiri yakni arus listrik dari power suplay akan melewati overload kemudian baru ke mesin kompresor. Jika suhu kompresor terlalu panas, maka overload akan memutus arus yang masuk sehingga membuat kompresor mati.

Hal tersebut bertujuan agar kompresor tidak bekerja secara terus menerus di saat suhunya terlalu panas, sehingga overheat atau korsleting pun dapat terhindarkan.

Sayangnya, overload ini juga tidak selamanya bagus, di mana jika ia sudah mulai lemah maka akan terlalu cepat dalam membaca suhu panas. Sehingga, jika kompresor panas sedikit saja akan terbaca oleh overload, kemudian ia memutus arus lalu menyebabkan kompresor mati.

Jika suhu kompresor sudah mulai turun atau dingin, maka akan nyala kembali sebentar lalu mati karena overload membaca suhu kompresor sudah panas, dan begitu seterusnya sehingga menghasilkan kompresor mati hidup.

Masalah lainnya akibat dari kerusakan overload yaitu kompresor akan nyala terus menerus padahal suhunya sangat tinggi, sehingga terjadilah overheat atau korsleting.

Dalam hal ini, untuk penyelesaiannya kita bisa mengganti overload atau bimetal tersebut. Silakan beli di toko spare part kulkas di kota Anda, dan silakan ganti dengan ukuran, tipe, dan bentuk yang sama agar plug and play dalam pemasangannya.

Baca Juga: Fungsi Overload Kulkas Yang Harus Anda Ketahui!

Kompresor sudah mau rusak

Penyebab kompresor kulkas mati hidup selanjutnya yakni ini bisa menjadi pertanda jika kompresor tersebut sudah mau rusak. Biasanya akan dibarengi dengan suara yang tidak seperti suara kulkas pada umumnya, misalnya hanya berdengung atau suaranya jadi keras tidak sampai mengganggu telinga Anda.

Tanda-tanda lainnya pada bagian kompresor sangat panas jika kita pegang, dan bagian dalam kulkas juga tidak dingin.

…atau, Anda juga bisa menyimak tulisan kami yang membahas ciri-ciri kompresor kulkas rusak. Karena pada tulisan tersebut kami telah membahasnya secara gamblang.

Baca Juga: 5 Ciri – Ciri Kompresor Kulkas Rusak atau Mau Mati

Jika masalahnya sudah di mesin komopresor-nya, biasanya sudah tidak ada cara lagi untuk memperbaikinya. Jalan satu-satunya yakni harus ganti mesin kompresor, bisa diganti dengan yang baru atau bekas yang tentunya dengan ukuran yang sama.

Nah, itulah beberapa hal yang menyebabkan lemari es mengalami mati hidup pada mesin kompresor-nya. Semoga tulisan ini dapat memberi informasi bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa penyebab kompresor kulkas mati hidup.

Cukup sekian, dan sampai jumpa di tulisan-tulisan menarik lainnya dari kami.^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.