Beranda HVACR Fungsi Overload Kulkas Yang Harus Anda Ketahui!

Fungsi Overload Kulkas Yang Harus Anda Ketahui!

1792
26

Fungsi Overload Kulkas Pada Sistem Kelistrikan – Dalam setiap peralatan elekronik tentu mempunyai komponen-komponen yang penting. Mulai dari nampak kelihatan mata, sampai yang terkecil tidak jelas bila kita lihat dengan mata telanjangg.

Sebagimana dengan kulkas, yaitu alat elektronik rumah tangga yang berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman, ini juga memeliki komponen kelistrikan yang saling berhubung antara komponen satu dengan yang lainnya.Jika kita kemaren sudah pernah membahas apa itu fungsi thermostat pada kulkas, kali ini kita akan membahas pengertian dan fungsi overload pada kulkas.

Pengertian Relay Overload Pada Kulkas

Relay Overload adalah suatu komponen penting yang terdapat pada system refrigerator. Dalam hal ini tentu kulkas, AC, Freezer dan sejenis mesin pedingin lainnya. Jika ditempat Anda pernah mengalami MCB listriknya sering jepret (turun), padahal daya listrik mencukupi untuk mengcover kebutuhan listrik satu rumah, mungkin ampere pada MCB ditempat Anda terlalu kecil dibanding dengan ampere peralatan elektronik di rumah Anda.

Pada relay overload, kurang lebih sama cara kerjanya dengan MCB. Bedanya, kalau fungsi overload pada kulkas 1 pintu maupun 2 pintu, serta sejenis mesin refrigerator lainnya, ini untuk pelindung kompresor dari kelebihan beban listrik.

Fungsi Overload Kulkas

Letak overload sendiri ini menempel langsung pada kompresor. Ada yang modelnya bisa dilepas serta memakai soket, ada juga yang model tanam yaitu langsung ditanam pada kompresor.

Untuk model yang hanya menempel ini, kita bisa saja untuk menggantinya jika terjadi kerusakan. Namun untuk yang model tanam tentu tidak bisa di ganti, tetapi biasanya jarang sekali rusak untuk yang model tanam.

Sampai disini, mungkin ada sebagian Anda yang bertanya kenapa letaknya harus menempel pada kompresor ? Kalau tidak, apakah mengakibatkan kerusakan ?

Overload

Baik, karena ini berfungsi untuk mengontrok temperatur kulkas yang jika ada kelebihan beban listrik yang tidak stabil. Jadi, jika suhu kompresor terlalu panas, maka overload akan memutus arus dan setelah mesin sudah dingin normal kembai, maka akan nyala lagi.

Baca juga: Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin, Panduan Lengkap

Jadi, jika overload terkena panas yang berlebih akan memutus, dan jika terkena dingin akan menyambung. Ini berarti kebalikannya daripada thermostat.

Sama dengan thermodis, kalau ini untuk kompresor sedang thermodis biaya untuk elemen panas. Seperti yang terdapat pada setrika, panas dispenser, dan sejenisnya.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Thermistor Pada AC

Apa yang terjadi kalau tidak memakai overload ?

Tentu kompresor akan cepat rusak, karena tidak ada pelindungnya jika sewaktu-waktu terdapat arus listrik yang tidak stabil. Misalnya terkena tegangan tinggi. Serta juga bisa, mesin akan nyala terus menerus padahal termperatur pada kompresor sangat tinggi melebihi batas normal.

Kerusakan yang biasa terjadi pada komponen kulkas yaitu overload ini biasanya.

  • Overload Keropos

Ini disebabkan karena sering terkena panas, kemudian menjadi putus. Sehingga membuat kompresor tidak bekerja karena tidak arus yang masuk ke kompresor terputus di overload tersebut.

  • Overload Kotor

Platina / bimetal kotor ini disebabkan bisa dari debu atau kotoran yang menempel, sehingga arus listrik terhambat tidak sampai pada kompresor, senhingga mengakibatkan mesin tidak nyala dan kulkas tidak dingin.

  • Platina Overload Tidak Berfungsi

Dalam hal ini biasaya disebabkan karena memang dari usia overload tersebut sudah lama. Mesin tetap akan bekerja terus walaupun dalam terperatur kompresor sangat tinggi dan tidak memperdulikan stabil atau tidak listrik yang masuk. Jadi, memakai overload, namun seperti tidak memakai.

Untuk harga relay overload itu sendiri bervariari, tergantung type dan ukurannya. Untuk lebih jelasnya bisa langsung hubungi kontak kami.

Kesimpulan

Jadi dalam komponen kulkas 1 pintu maupun 2 pintu, itu terdapat alat yang namanya relay overload. Ini yang berfungsi sebagai pelindung mesin untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada arus listrik yang masuk tidak stabil. Juga untuk menjaga mesin dari over temperature, jadi mesin kompresor masih bisa di selamatkan, dan yang rusak hanya overload tersebut.

Baca juga: Service Kulkas Jakarta Selatan Profesional

Nah, cukup jelas bukan ulasan di atas ? Jika dari pembaca ingin menambahkan atau ada yang belum mengerti mengenai fungsi overload kulkas ini, bisa Anda sampaikan di komentar dibawah ya. Sekian dulu artikel kali ini, jika bermanfaat share di media sosial Anda semua. Terima

26 KOMENTAR

  1. Kulkas saya klo dinyalakan kenapa listriknya langsung turun y,apakah dari oveloadnya

    • Hii Mas Nurhalim, hal tersebut bisa juga karena overloadnya dan juga bisa karena mesin kompresor ampere nya sudah melebihi batas maksimal ya mas.

  2. kulkas saya hidup lampunya tpi tidak dingin.
    apa nya yg rusak?? minta petunjuk suhu….
    udah panggil bengkel ac katanya harus ganti mesin.biaya nya lumayan mahal

  3. Bang, kulkas saya LG 1pintu, knp tiap abis mati listrik harus ganti PTC ya bang, 4x mati listrik 4x juga beli+ganti ptc, kira kira masalah dimananya ya bang?

  4. Admin perkenankan saya tanya, berapa sih ukuran overload untuk motor pendingin 1ph

  5. Mas mau tanya, klo kompresor nyala sampai showcase udh dingin, kemudian mati, nah biasanya otomatis nyala kembali setelah berapa menit ?

    • Tergantung dari pengaturan suhu temperatur dan kondisi showcase tersebut ya mas. Misalnya, jika pintu showcase sering dibuka tutup tentu juga kompresor semakin sering mati hidup, atau bahkan hidup terus.

  6. Mau tanya bang. Apakah klo overload rusak kompresor bunyi apa bekerja? Mohon dijawab ya bang

    • Jika overload-nya putus, tentu kompresor tidak bekerja ( nyala ) ya mas. Karena, aliran listrik sebelum masuk ke kompresor melewati overload tersebut.

  7. Mas bro, kalo kompresor nyalanya pendek, apa masalahnya. Jadi belum samai dingin udah mati timernya.

    • Jika seperti itu, ada berbapa kemungkinan: pengaturan thermostat suhu terlalu tinggi, timer bermasalah, overload sudah lemah, atau juga bisa karena memang mesin kompresornya sudah bermasalah, sehingga hanya nyala sebentar sudah panas kemudian mati ( overheat ).

    • Mas, untuk kulkas sanyo model SR-LL180F overloadnya berapa HP?

  8. Mohon info suhu, setelah ganti relay dan ptc kulkas mini lg say bs hidup tapi tiba panas dan bau terbakar dan mati minta saran dan solusinya

  9. Mas, kulkas gk mau dingin. pertama saya cek kompresornya panas banget trus nyala cuma sebentar, lalu saya matikan listriknya dan tunggu kompresor nya dingin dulu setelah itu saya nyalakan lagi lancar tapi ttp gk ada bunga es nya kalau hawa dingin nya ada. Apanya tuh ya ?
    Terimakasih

  10. Kalo untuk overload harusnya di pasang kabel arus positif apa negatif…

  11. Overload kulkas saya tipe 181TFBYY, itu berapa PK bang?

  12. Kulkas saya klu overloadnya nyambung kompresor nyala body kulkas tdk nyetrum tapi klu overload putus kompresor mati body kulkas malah nyetrum,thosiba 1 pintu

    • Hal tersebut bisa disebabkan grounding, silakan coba dibalik colokannya. Atau, kemungkinana yang lain mesin kompresor sudah kontak body, yang artinya sudah bermasalah ya mas. Terima kasih

  13. kulkas saya panas sekali dan lgsg mati bau hangus setelah ganti relay apa berpenharuh dengan kode trm ksh

    • Tentu saja bisa berpengaruh, oleh karena saran saya sebaiknya diganti dengan ukuran dan tipe yang sama untuk lebih aman.

  14. Muhamad fatkuroji

    Kompresor kulkas saya mati, kalo di aliri listrik jga body kompresornya di tes pake tespen menyala. Apa bisa di betulkan kalo seperti itu.?

    • Bisa jadi kompresor-nya kulkas sudah korsleting, kalau mau diperbaiki biasanya juga nggak menjamin tahan lama. Solusinya, ganti kompresor baru atau second dengan ukuran yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.