Penyebab Kulkas Tidak Dingin Yang Harus Anda Ketahui!

kulkas tidak dingin

Sudah tahukah Anda apa penyebab kulkas tidak dingin itu ? Jika hal ini tidak begitu penting bagi Anda, karena memang Anda hanya sebagai pengguna “bukan Teknisi”, namun tidak ada salahnya juga untuk mengetahui akan hal tersebut.

Hal ini pun tentu juga perlu penjelasan yang sangat luas, mengingat jika kita telusuri akan banyak sekali masalah yang menyebabkan suatu lemari es tidak bisa dingin.

Namun, berbekal pengalaman dan sedikit pengetahuan yang saya memiliki, akan coba saya jabarkan sesingkat dan sejelas mungkin mengenai masalah-masalah yang menyebabkan kulkas tidak dingin.

Umumnya, ada dua model kulkas yang digunakan oleh sebagian masyarakat di sekitar kita, yakni kulkas 1 pintu dan 2 pintu. Kedua model kulkas tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni untuk menyimpan bahan makanan atau yang lain agar bisa di konsumsi dalam waktu tertentu.

Keduanya memiliki komponen dan cara kerja yang berbeda, namun dari segi kerusakan, misalnya yang dapat mengakibatkan kulkas tidak dingin saya kira hampir sama.

…dan berikut ini beberapa yang jenis kerusakan yang paling sering terjadi, dan juga sering kami kerjakan di lapangan yang membuat lemari es kurang atau tidak dingin.

1. Saluran atau instalasi refrigerant ( freon ) buntu

Saluran freon buntu atau juga sering kita sebut dengan istilah “kulkas mampet” ini merupakan jenis kerusakan yang paling terjadi pada kulkas satu pintu, namun kadang juga terjadi pada lemari es model dua pintu.

Penyebabnya bisa karena pelumas atau olie kompresor yang naik ke jalur instalasi atau juga kotoran, karena kulkas tidak di flushing ( vacum ). Sehingga, menyebabkan jalan-nya sirkulasi gas freon tidak lancar.

…yang paling sering terjadi, freon Kulkas tersebut mampet di bagian pipa kapiler atau filter. Di mana pada bagian tersebut memang memiliki lubang yang sangat kecil, sehingga jika terdapat kotoran sekecil apa pun masuk ke dalam sistem dapat mengakibatkan mampet.

Cara paling sederhana untuk mengetahui apakah Kulkas tersebut buntu atau tidak, yakni dengan menyentuh atau memegang bagian kanan atau kiri body Kulkas, atau lebih tepatnya di bagian Kondensor dan Filter.

Jika bagian tersebut kita pegang tidak terasa panas, besar kemungkinan Kulkas tersebut buntu atau sirkulasi freon-nya tidak lancar. Karena, jika Kulkas normal pada bagian ini akan terasa panas apabila kita pegang.

2. Tekanan freon kosong karena terjadi kebocoran

Masih dengan masalah freon, penyebab Kulkas tidak dingin yang kedua yakni, karena terjadi kebocoran sehingga mengakibatkan tidak adanya gas freon di dalam unit Kulkas.

Seperti yang kita ketahui, freon merupakan bahan utama untuk proses pendinginan pada lemari es, jika ini sampai benar-benar kosong “Nol PSI” tentu kulkas tersebut tidak bisa dingin.

…yang mengakibatkan kebocoran tersebut pun bermacam-macam, bisa karena ada pipa instalasi yang keropos karena termakan usia.

Lebih parahnya, jika hal ini terjadi karena keteledoran pengguna sendiri, biasanya saat membersihkan bunga es dengan bantuan benda tajam ( pisau ), sehingga mengakibatkan Evaporator tertusuk pisau tersebut.

Padahal, cukup dengan mematikan atau mencabut colokan Kulkas, kemudian kita diamkan beberapa menit pun bunga es tersebut akan mencair dengan sendirinya.

Oleh karena itu, seringlah membaca mengenai tata cara merawat Kulkas yang baik dan benar, untuk menghindari segala kemungkinan yang akan terjadi.

Baca Juga : Tips Cara Merawat Kulkas Secara Sederhana, Namun Dapat Membuatnya Lebih Awet

3. Kompresor Ampere-nya naik melebihi batas maksimal

Ampere Kompresor Tinggi ( Shutterstock.com )

Kompresor adalah komponen utama yang membuat Kulkas bisa dingin, mesin ini pun juga memiliki kekuatan ( Ampere ) tergantung dari ukuran-nya. Jika Ampere ini naik melebihi batas maksimal-nya, berarti menandakan Kompresor tersebut sudah tidak normal.

Batas maksimal Ampere sendiri biasanya akan tertera pada Name Plate. Hal ini untuk memudahkan dan menjadi acuan Teknisi saat melakukan pemeriksaan.

Untuk mengetahuinya juga cukup gampang, biasanya hal ini ditandainya dengan suara mesin Kompresor akan terdengar sangat keras. Hal lainnya yakni, sering mati hidup, atau hanya berdengung.

Pemeriksaannya bisa dengan bantuan alat yakni Clamp Ampere ( Tang Ampere ). Maka dengan cara ini akan kita ketahui berapa nilai Ampere pada Kompresor tersebut.

Baca Juga : Kenali Ciri – Ciri Mesin Kompresor Kulkas Anda Rusak atau Tidak

4. Terjadi masalah pada jalur kelistrikan Kulkas

Penyebab Kulkas tidak dingin selanjutnya yakni, adanya masalah pada jalur kelistrikan Kulkas. Misalnya, terdapat kabel atau Relay yang putus.

Biasanya hal ini terjadi pada Kulkas yang memiliki usia cukup lama dalam pemakaiannya, sehingga kabel tersebut keropos atau juga bisa karena di makan Tikus.

Tidak hanya itu, Anda pun juga harus memeriksanya pada bagian komponen Overload. Di mana komponen ini letaknya menempel pada mesin Kompresor, dan memiliki fungsi untuk menjaga suhu Kompresor agar tetap pada posisi normal.

Singkatnya, jika terjadi panas berlebih ( over heating ) pada Kompresor, Overload ini akan memutus arus yang menuju ke mesin Kompresor. Sehingga, segala kemungkian yang dapat mengakibatkan Kompresor terbakar atau korsleting dapat di cegah.

Baca Juga : Fungsi Overload Pada Sistem Kelistrikan Kulkas

5. Terjadi penumpukan bunga es di dalam Evaporator

Untuk masalah ini biasanya terjadi pada Kulkas 2 pintu, di mana bunga es menumpuk terlalu banyak di bagian Evaporator, sehingga menghambat sirkulkasi hawa dingin yang ke bagian bawah Kulkas.

Penyebabnya pun juga bermacam – macam, bisa karena kipas FAN yang tidak berputar, atau karena Fuse Panas ( Heater ) tidak bekerja.

Tentunya ini juga memerlukan pemeriksaan secara langsung untuk dapat mengetahui permasalahannya yang lebih detail, namun secara garis besar hal itu disebabkan oleh Fuse Panas ( Heater ) yang putus.

Fuse Panas itu sendiri memiliki peranan sangat penting pada Kulkas 2 pintu, yakni untuk mencairkan bunga es secara otomatis.

Baca Juga : Fungsi Fuse Panas ( Heater ) Pada Kulkas 2 Pintu

6. Timer tidak bekerja sebagaimana mestinya

Kulkas dua pintu juga dilengkapi dengan komponen Timer, fungsi utamanya yakni untuk mengatur kelistrikan pada sistem Kulkas. Misalnya, kapan Kompresor akan bekerja, dan kapan ia akan berhenti ( stund by ) atau saatnya Heater bekerja untuk mencairkan bunga es.

Jika Timer ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, tentu dapat mengakibatkan Kulkas tidak dingin. Misalnya saja Kompresor terus bekerja sehingga terjadi pembekuan bunga es di Evaporator, atau malah sebaliknya Kompresor tidak bekerja lagi setelah stund by.

Sebenarnya masih banyak lagi masalah – masalah yang memungkinkan Kulkas tidak dingin, namun 6 jenis kerusakan yang saya sebutkan di atas adalah yang paling sering terjadi dan sering saya alami di lapangan.

Saya pun juga selalu menyarankan pembaca untuk meminta bantuan Teknisi yang sudah ahli dibidangnya jika hal-hal di atas terjadi pada Kulkas Anda. Mengingat jika Anda tidak punya keahlian pada bidang ini, dan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

…Jika Anda kebetulan berdomisili di wilayah Jakarta Selatan, Anda juga bisa meminta bantuan atau konsultasi untuk memperbaikinya kepada Tim Teknisi kami.

Semoga sedikit ulasan tentang apa saja yang menyebabkan Kulkas tidak dingin di atas dapat mencerahkan Anda.

..dan jika memang masih ada yang belum dimengerti, silahkan tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar di bawah, saya akan senang membantu Anda.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin, Panduan Lengkap

(Rh/DsA)

2 Comments

  1. Yoga

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.