Beranda HVACR 5 Ciri – Ciri Kompresor Kulkas Rusak atau Mau Mati

5 Ciri – Ciri Kompresor Kulkas Rusak atau Mau Mati

3164
28
kompresor kulkas rusak

Tak sedikit yang belum tahu apa ciri ciri kompresor kulkas rusak. Alasannya tidak lain mungkin karena tidak memiliki keahlian di bidang mesin pendingin.

Saya pun sering menerima pesan baik lewat email maupun chat whatsapp yang isinya menanyakan kenapa kulkas tidak dingin ? kenapa kompresor kulkas mati hidup ? dan pertanyaan semacam itu lainnya.

Oleh karenanya, terlintas di pikiran saya untuk membuat tulisan yang membahas masalah kompresor kulkas ini. Tujuannya supaya pembaca yang lain nantinya juga tahu apa sih tandanya apabila kompresor kulkas itu bermasalah.

Bukan maksud saya juga untuk menggurui rekan rekan teknisi yang sudah lama berkecimpung di dunia mesin pendingin. Saya hanya ingin menyampaikan beberapa poin ciri ciri kompresor kulkas rusak yang paling umum terjadi berdasarkan dari pengalaman pribadi.

Seperti yang kita ketahui, kompresor merupakan alat utama pada setiap mesin pendingin. Bisa ibaratkan ini adalah nyawa dari sebuah mesin Refrigerator.

Tentunya jika alat ini rusak, baik kulkas maupun AC sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Karena hanya dengan kompresor inilah proses pendinginan dapat terjadi. Nah, berikut ini tandanya apabila sebuah mesin kompresor rusak.

Kulkas menjadi tidak dingin

Ciri ciri pertama yang mudah kita kenali yaitu kulkas menjadi tidak dingin. Apabila kemaren kemaren untuk membuat es batu bisa jadi beku, tapi sekarang tiba tiba mencair lagi, ada indikasi kompresor pada kulkas tersebut rusak.

Namun, kita juga tidak bisa langsung memvonis 100% karena sebenarnya ada banyak kemungkinan kalau kulkas tidak dingin. Dalam hal ini saya sudah pernah menulis artikel yang berjudul penyebab kulkas tidak dingin, silahkan Anda baca.

Suara Kompresor keras dan berisik

Anda pernah mendengar suara mesin kompresor kulkas menjadi keras dan berisik ? Nah, itu tandanya kompresor tersebut sudah mau mati. Biasanya tinggal nunggu dua atau tiga hari kedepan pasti akan mati total.

Penyebabnya bisa karena usia dari kompresor tersebut sudah telalu lama, sehingga ada alat pada bagian dalam yang sudah aus. Alhasil suaranya menjadi berisik dan cukup mengganggu telinga.

Ampere Kompresor naik melebihi batas maksimal

Apabila kita cek ampere kompresor menjadi naik melebihi batas maksimal, ini juga merupakan gejala kompresor kulkas rusak. Namun dalam hal ini kita juga harus memeriksa tekanan freon nya, masalahnya kalau tekanan freon terlalu banyak juga bisa berakibat ampere naik.

…Jadi, kita harus mengetahui berapa PSI tekanan freon dan juga berapa maksimal ampere kompresor tersebut. Dengan begitu kita bisa mengambil kesimpulan apakah mesin kompresor benar rusak atau hanya kebanyakan kita mengisi gas freon.

Mesin Kompresor hanya terdengar suara berdengung saja

Dalam hal ini kulkas tetap nyala, namun pada mesin kompresornya hanya berdengung tidak sampai nyala normal. Penyebabnya bisa karena tegangan listrik terlalu rendah, atau malah habis terkena tegangan tinggi atau rendah. Kalau sudah seperti ini, biasanya tidak lama lagi ampere kompresor akan naik kemudian mesin akan mati.

Kompresor tidak mau hidup sama sekali

Nah, ciri ciri kompresor kulkas rusak yang terakhir ialah mesin tidak mau nyala sama sekali walaupun kita colokan ke listrik. Dalam hal ini juga bisa mungkin relay PTC atau overload nya putus. Oleh karenanya kita harus test dengan memberi tegangan listrik pada kompresor secara langsung.

Baca juga : Pengertian dan Fungsi Overload Pada Lemari Es

Di atas sudah saya jelaskan ciri ciri kompresor kulkas rusak, sekali lagi disini bukan maksud penulis mengurui. Namun, jika ada yang ingin Anda tambahkan atau ada yang belum bisa dimengerti bisa Anda tulis di kolom komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat.

28 KOMENTAR

  1. gan kulkas saya merk politron 2pintu udah ganti ptc dan overloadnya juga pengatur suhu masih nggak mau dingin terus compresornya enggak ada reaksi sama sekali dan bodinya nggak ada anget”nys kira”apanya yang harus diganti ? mohon solusinya gan

  2. Kak mau tanya kenapa apa masalahnya freezer sharp saya punya -+ udah 1bulan sering mencair sendiri & Beku sendiri.

  3. Kalo mesin compresor hidup terus mesin compresor nya mati itu knp ya

  4. Jatwadi Murjono

    Kulkas sy masih blm menyala normal/dingin. Smua jalur kelistrikan, thermostat, ptc relay dan overload sudah sy cek dan smua masih dlm keadaan baik. Tinggal masalah compressor yg sy kurang mengerti apakah masih bagus/tidak. Saat kulkal dicolok ke listrik, kompresor hanya bergetar kecil dan dlm beberapa detik masih terdengar bunyi/suara “tik”. Mohon pencerahannya agar kulkan sy bs diperbaiki/nyala normal kembali. Terima kasih.

    • Hallo mas, jika semua komponen dalam keadaan normal, namun mesin kompresor nyala tidak normal seperti yang Mas Jatwadi sampaikan, bisa jadi kulkas tersebut bermasalah di mesin compressor-nya ya Mas.

      Hal tersebut bisa karena mesin Compressor ampere-nya sudah tinggi, atau juga bisa macet. Terima kasih

  5. Kulkas sy 2 pintu merk LG dah lm gk dihidupkan trus diihidupkan gk mau dingin lg compresor hidup apa yg harus sy perbaiki mksh atas petunjuknya

  6. Gan mohon di bantu saya punya kulkas pintu 1 merek Sharp awalnya kompresor macet terus saya coba sit langsung dan kompresor berhasil berjalan .tetapi setelah saya pasangkan operlut dan perangkat yg satunya pas saya colokin kompresor tidak ada getaran dan saya coba tes Amper tidak terbaca .saya minta solusinya gan.mohon di bantu

  7. Pak, tanya.. sy pny freezer sharp 190liter, sdh bbrp bulan tdk dipakai. Waktu dipakai lagi, suara berisik sekali seperti kretek2, dan ada suara spt air mengalir. Suhu di dalam masih dingin dan bisa membekukan es. Kira2 penyebabnya apa ya pak? Terima kasih.

    • Hii Mas Yudi, jika kondisinya masih bagus dan dapat bekerja sebagaimana fungsinya, seperti bisa membekukan makanan yang di dalam, hal tersebut normal ya mas. Suara yang seperti air mengalir itu bisa jadi adalah suara sirkulasi freon ya mas.

  8. saya punya freeser 4 pintu..tidak dingin.saat cek pertama ampernya 2.8.begitu saya isi tambah freon.freonnya naik tapi bersamaan ada bunga es pada kompresornya.setelah saya stop hilang bunga esnya tp tetap juga tidak dingin.itu jalan keluarnya bagaimana..apa yg bermasalah..?terimakasih.

  9. gan kulkas saya kalau di colok kan kok listrik langshng mati…..apa pnyebabnya kompresok kongslet ya

  10. Maaf gan mau tnyak. Saya baru beli kulkas polytron 1 pintu , nah pas sya hidup kan dan masukin air buat es batu ,kok kulkas yg dkt pembeku a ,bunyi air mengalir yg tak kunjung hilang , dan terdengar suara yg berdengung. Itu knp y gan ? Rusak atau bgaimna kah ? Mhon jawab gan

  11. Kalau kulkas nya mati karna mati lampu,terus lampu hidup dan kulkas tidak hidup kembali,kira2 apa masalah yg disebabkan oleh kulas tersebut ya

  12. Kalau kulkas saya lampunya nyala, kemudian sudah tidak dingin, dan tidak ada suara mesin, itu kenapa ya? Apa kena kompresornya juga? terima kasih

    • Lampu nyala atau tidak itu tidak ada hubungannya dengan dingin atau tidak-nya kulkas ya mas. Karena, lampu tersebut fungsinya hanya untuk penerangan saja. Jika mesin kompresor tidak hidup, bisa jadi penyebabnya karena memang kompresor-nya sudah rusak. Biasanya, ampere-nya tinggi atau macet.

  13. Kalau tegangan listriknyaa kecil apakah ngaruh ke komoresor yaaa kulkas sayaa tegangan listriknyaa suka ngajepret melulu ituu ngaruh ngak yaa

    • Tentu saja berpengaruh ya kak, biasanya mesin kompresor nya cepat rusak karena sering terkena tegangan rendah atau tinggi. Jika daya listrik di tempat kakak terlalu kecil, kami saranin sebaiknya lakukan tambah daya. dan agar lebih aman lagi setelah tambah daya untuk pakai stabilizer kak. Terima kasih

  14. Maaf saya baru beli kulkas seken, ko berdengung dan bunyi tok tok tok gak berhenti2, itu kenapa iya

    • Jika hal tersebut juga membuat kulkas tidak dingin, bisa jadi karena kompresornya sudah bermasalah kak. Saran kami, mending panggil atau komplain ke tempat kakak beli kulkas tersebut, agar mendapat penjelasan lebih detailnya kak. Terima kasih

  15. Admin tolong bantu saya, saya baru beli kulkas Polytron pintu 2,, kenapa iya ada suara berdengung dan tok tok tok yg keras,, dan es batunya menjadi cair lagi

    • Hallo kak wari, suara tok tok itu berasal dari mana ya kak ? Kalau saran kami sih, mending komplain ke tempat kakak beli kulkas tersebut. Secara kan masih baru, tentu saja masih ada garansinya kok kak. Terima kasih

  16. Sya punya kkas mini lg gak bida hidup kira2 apanya yg rusak yah soalnya sempat gk kpake pas pindhan rumah

  17. Admin tolong bantuannya,saya mau nanya,saya punya kulkas lg 2 pintu,ptc, overload,timer,defrosnya sudah diganti sesuai dengan yang aslinya,kompresor sudah diukur 0.12 ampere,kulkasnya masih tetep tidak dingin mohon pencerahannya soalnya sudah panggil 2 kali panggil tukang servis

  18. Kompresor kulkas saya sudah bunyi berisik,,tidak dingin lagi Apakah bisa ganti kompresor baru ( ganti mesin) ?

    • Bisa kok mas, asal ada mesin yang sama ukurannya dengan mesin yang di kulkas mas Hengky.

  19. Kk mau tanya saya punya kulkas 2 pintu mrek shaprp
    Awalnya hidup
    Cmn ada kmbngan diangin
    Stlah sya matikan trus sya kasih air hngat agar tujuannya biar cpt larur kmbng es nya cmn kok mlh
    Stlh selesi kok kompresornya gak hidup ya
    Cmn lampunya aja yg hidup

  20. Say mau tanya sy punya kulkas thosiba glacio sdh 7thnan sy pake .dn skrg kondisinya dingin normal tpi kompresor nya kok gk prna berhenti berbunyi …tpi dingin nya normal

    • Masalah kompresor tidak berhenti berbunyi namun kondisi di dalam kulkas dingin, biasanya itu karena mesin kompresor tidak mau standby ya Ibu. Jika dibiarkan, resikonya mesin kompresor bisa jadi overheat. Hal ini biasanya ada masalah dibagian timer atau thermostat-nya, tentu perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar bisa segera dilakukan tindakan ya ibu. Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.