Beranda HVACR Bagian Bawah Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin, Apa Penyebabnya?

Bagian Bawah Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin, Apa Penyebabnya?

15229
0
bagian bawah kulkas tidak dingin

Tentu akan terasa menjengkel ketika bagian bawah kulkas tidak dingin terjadi secara tiba-tiba pada lemari es Anda. Terlebih kejadian ini saat kulkas berisi banyak bahan makanan, tentu Anda merasa cemas dan takut jika bahan makanan tersebut rusak, bukan?

Kerusakan seperti ini pun sebenarnya tidak hanya terjadi pada satu jenis atau merek kulkas tertentu. Semua lemari es tipe dua pintu pasti pernah atau bisa saja mengalami kerusakan yang bagian bawah tidak dingin.

Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, bisa karena terdapat komponen yang bermasah. Atau, karena ketledoran dari si pengguna kulkas itu sendiri.

..dan di kesempatan kali ini, kami akan mencoba menjabarkan kepada Anda semua apa saja yang dapat menyebabkan bagian bawah kulkas 2 pintu tidak dingin.

Tentu ini kabar baik untuk Anda yang mengalami masalah ini, atau Anda yang penasaran kenapa kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin, padahal yang bagian atas ( freezer ) normal.

Untuk diketahui, sebelumnya kami juga sudah pernah menulis artikel tentang penyebab kulkas tidak dingin. Di mana pada artikel tersebut membahas masalah umum yang biasa terjadi pada lemari pendingin. Jika Anda belum membaca, silakan baca melalui link di bawah ini.

Baca Juga: Penyebab Kulkas Tidak Dingin Yang Harus Anda Ketahui!

Jika sudah, silakan lanjut untuk menyimak beberapa faktor yang menjadi penyebab bagian bawah kulkas tidak dingin berikut ini.

1. Terjadi penumbukan bunga es di evaporator

Kulkas bagian bawah kurang dingin biasanya ini disebabkan adanya penumpukan bunga es di evaporator atau bagian freezer. Hal ini disebabkan oleh beberapa kemungkinan, diantaranya :

  • Fuse defrost atau heater rusak. Alat ini memiliki fungsi untuk mencairkan bunga es, jika terjadi penumpukan bunga es di evaporator. Jika alat ini tidak berfungsi, tentu evaporator akan dipenuhi bunga es, yang akhirnya mengakibatkan kulkas tidak dingin di bagian bawah.
  • Saluran pembuangan buntu. Selain sebagai jalur pembuangan air, ini juga berfungsi sebagai sirkulasi udara dari luar. Jika Saluran ini buntu atau mampet biasanya juga mengakibatkan bunga es tidak bisa cair dengan sempurna, sehingga sirkulasi suhu dingin untuk ke bagian bawah kulkas tertutup es.
  • Kipas fan mati. Seperti yang kita ketahui, kipas fan di sini memiliki fungsi untuk menyebarkan suhu dingin ke bagian sudut-sudut kulkas. Jika alat ini mati tentu akan mengakibatkan suhu yang tidak stabil, artinya kulkas akan terlalu dingin pada bagian tertentu saja. Dalam hal ini bagian evaporator, yang akhirnya mengakibatkan penumpukan bunga es yang sangat banyak.

Baca Juga: Fungsi Heater Pada Kulkas 2 Pintu

2. Pengaturan suhu untuk bagian bawah kulkas tidak sesuai

Jika misalnya Anda menemukan masalah kulkas 2 pintu yang bagian bawah tidak dingin, coba Anda lihat dulu pengaturan suhu-nya apakah sudah sesuai atau belum.

Jika misalnya belum sesuai, sebaiknya Anda atur ke suhu yang paling rendah, agar bagian bawah kulkas bisa dingin secara merata. Dan jika nanti Anda rasa itu terlalu dingin, baru bisa Anda coba naikan lagi pengaturan suhu-nya.

Pengaturan ini biasanya dalam bentuk knop yang bisa Anda putar, umumnya jika Anda putar ke kanan artinya untuk mendinginkan dan jika diputar sebaliknya maka dingin-nya pun akan berkurang.

3. Sirkulasi angin untuk ke bagian bawah kulkas tertutup spon

Seperti yang kita ketahui, bagian bawah kulkas bisa dingin ini sebenarnya karena adanya sirkulasi suhu dingin dari bagian atas kulkas ( freezer ). Jadi bisa dibilang pusat pendinginan-nya ada di bagian atas.

…dan seberapa besar angin yang keluar di bagian bawah kulkas ini bisa kita atur melalui pengaturan suhu seperti yang kami sebutkan pada poin dua tadi.

Konsep pengaturan tersebut biasanya hanya menggunakan spon yang bisa dibuka dan ditutup. Jika kita memutar knop ke arah jarum jam ( kanan ) maka sirkulasi angin akan terbuka lebih lebar, begitu juga sebaliknya maka sirkulasi angin akan menyempit.

Jika bagian ini rusak, artinya spon tersebut tidak bisa membuka dan menutup. Misalnya malah menutup terus tentu suhu dingin dari bagian freezer tidak akan sampai ke kulkas bagian bawah.

Begitu juga dengan sebaliknya, misalnya terbuka terus maka kulkas bagian bawah beku karena terlalu dingin.

Baca Juga: Kebiasaan Sepele yang Dapat Menyebabkan Kulkas Cepat Rusak

4. Sering membuka dan menutup kulkas

Untuk dapat dingin secara maksimal, umumnya kulkas perlu bekerja selama 6-9 jam. Itu pun jika kita tidak membuka atau menutup pintu kulkas.

Jika kita sering membuka atau menutup kulkas tentu suhu dingin yang ada di dalam pun akan terbuang keluar, sehingga butuh waktu lebih lama lagi agar kukas bisa dingin.

Dalam hal ini, bijaklah dalam menggunakan lemari es dengan tidak terlalu sering membuka dan menutup pintu lemari pendingin Anda, terutama kulkas yang bagian bawah.

5. Karet pintu kulkas longgar

Penyebab kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin selanjutnya bisa karena karet pintu kulkas sudah longgar. Karet pintu ini memiliki peran yang sangat penting, yakni agar suhu dingin di dalam kulkas tidak bocor atau terbuang keluar.

…dan jika karet ini longgar tentu suhu udara dingin yang ada di dalam lemari pendingin akan terbuang keluar, dan mengakibatkan kulkas menjadi kurang atau bahkan tidak dingin.

Rusak atau longgarnya karet pintu kulkas ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, namun yang paling sering karena pemakaian yang sudah terlalu lama.

Biasanya karet tersebut sudah tidak merekat secara sempurna dengan body kulkas, sobek, atau karena jamur yang mungkin Anda kurang memperhatikan kebersihan kulkas.

Kesimpulan

Pada intinya masalah bagian bawah kulkas tidak dingin yang terjadi pada lemari es 2 pintu umumnya terjadi karena ada kerusakan. Kerusakan tersebut bermacam-macam, diantaranya seperti yang kami sebutkan di atas.

Sehingga, untuk mencari tahu masalahnya secara lebih detail perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung. Dengan begitu kita juga akan mudah menganalisa bagian mana yang rusak, guna untuk dilakukan tindakan perbaikan lebih lanjut.

Namun, dengan adanya tulisan ini setidaknya kita sudah punya gambaran bagian mana saja yang dapat menyebabkan kulkas tidak dingin di bagian bawah, walaupun untuk bagian atas dingin normal.

…Atau, jika Anda kebetulan membutuhkan jasa service kulkas dari kami, Anda juga bisa memesannya melalui halaman kontak kami. Bisa juga melakukan reservasi terlabih dahulu melalui WhatsApp di bawah ini.

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan jika ada yang mau ditanyakan atau menambahkan silakan tinggalkan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.