Beranda News Kebiasaan Sepele yang Dapat Menyebabkan Kulkas Cepat Rusak

Kebiasaan Sepele yang Dapat Menyebabkan Kulkas Cepat Rusak

31
0

Menyepelekan hal-hal kecil kerap kita lakukan karena yakin dampaknya tidak begitu merugikan dan tidak ada artinya. Namun, ada kalanya hal-hal sepele justru menimbulkan kerugian besar. Terlebih, apabila dilakukan terus-menerus dalam jangka panjang. Seperti kebiasaan membuka pintu kulkas lama-lama sehingga suhu dingin yang ada di dalam kulkas merembes keluar.

Kebiasaan ini sepintas terlihat tidak akan menimbulkan dampak apapun selain akan membuat suhu di dalam kulkas menurun. Tapi jika sering dilakukan, dalam jangka panjang akibatnya justru sangat merugikan.

Kebiasaan ini dapat menyebabkan makanan jadi mudah rusak/basi, juga dapat menyebabkan tagihan listrik bertambah. Dampak lainnya, kulkas akan mudah rusak dan berumur pendek karena suhu di dalam kulkas kerap naik akibat terlalu lama membuka pintu. Akibat suhu di dalam kulkas yang sering dalam keadaan tinggi, maka kulkas pun akan lebih sering bekerja keras untuk mengembalikan suhu sesuai setingan.

Baca Juga: 7 Pilihan Kulkas Inverter Terbaik 2019 Harga 5 Jutaan

Dampak ini tentu saja kerap tidak disadari oleh orang-orang awam. Sehingga mereka sering melakukannya tanpa memperkirakan akibatnya.

Kebiasaan sepele ini tentu saja jarang terjadi pada mereka-mereka yang membeli kulkas berkualitas tinggi yang membawa fitur lengkap. Pasalnya, sebagian besar kulkas mahal telah dilengkapi dengan alarm atau indikator yang akan berbunyi apabila pintu dibuka lebih dari sekian detik.

Selain kebiasaan membuka pintu kulkas lama-lama, berikut adalah kebiasaan-kebiasaan sepele lainnya yang dapat menyebabkan kulkas jadi boros dan cepat rusak.

Menempatkan kulkas di samping kompor atau oven

Desain dapur setiap rumah memang berbeda-beda. Adakalanya kita hanya menemukan ruang tersisa di bagian sisi kompor saja. Sebagian orang ada yang sengaja menempatkan kulkas di sebelah kompor karena merasa tempat tersebut sangat ideal, sehingga mereka bisa lebih leluasa dan lebih cepat mengambil bahan makanan dari kulkas kapanpun dibutuhkan.

Jika Anda ada memiliki ruang yang cukup luas di dapur, pertimbangkanlah untuk menempatkan kulkas sejauh mungkin dari sumber-sumber panas seperti kompor ataupun oven. Mengapa?

Baca Juga: Panduan Merawat dan Menjaga Lemari Es agar Tetap Awet

Panas yang dihasilkan dari oven ataupun kompor akan memaksa lemari pendingin bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhunya. Hal tersebut sudah pasti akan berdampak pada tagihan listrik Anda.

Jarang menutup makanan yang dimasukkan ke dalam kulkas

Ada banyak makanan berair yang kita masukkan ke dalam kulkas dengan niat untuk menjaganya agar tetap awet dan tidak mudah basi. Atau, mungkin saja Anda sengaja melakukannya dengan harapan agar makanan tersebut lebih cepat dingin sehingga siap disantap dalam waktu singkat.

Sayangnya, tidak menutup makanan seperti sayuran ataupun buah-buahan akan membuat kulkas bekerja lebih keras. Karena pada dasarnya, uap air yang terdapat di dalam makanan akan dilepas ke udara hingga membuat bagian dalam kulkas penuh uap. Dampaknya, lemari es akan dipaksa bekerja ekstra keras untuk menghilangkan setiap uap yang ada dan menjaga agar kondisi di dalam kulkas tetap kering.

Karena terus-menerus bekerja keras, dampaknya sudah pasti bisa Anda bayangkan sendiri. Ya, karena terus-menerus bekerja pada kondisi puncak, maka tidak heran apabila kulkas jadi cepat rusak, begitu juga dengan tagihan listrik akan dengan cepat melonjak.

Ingat! Apapun yang Anda masukkan ke dalam kulkas, sebisa mungkin letakkan di dalam sebuah wadah tertutup agar uap air yang ada di dalamnya tidak keluar dan memaksa kinerja kulkas. Disamping itu, kebiasaan menempatkan makanan di wadah tertutup juga akan membantu makanan tersebut tetap terlihat seperti sedia kala.

Baca Juga: Cara Mencegah Bau Kulkas dan Tips Mengatasinya

Makanan-makanan seperti semangka yang sudah dipotong atau dikupas, sayur berkuah, ataupun berbagai macam buah-buahan lainnya akan menjadi kering secara aneh apabila tidak di ditempatkan di wadah tertutup.

Enggan mengubah temperatur

Temperatur di dalam kulkas sangat dipengaruhi oleh isinya. Apabila kulkas kosong, maka temperatur akan cepat naik. Jadi, semakin sedikit isi kulkas maka kulkas akan semakin boros dan bekerja lebih keras. Mengapa bisa demikian?

Apabila kulkas kosong atau isinya sedikit, maka ruang yang kosong akan semakin luas/banyak. Karena ruangan yang perlu didinginkan sangat luas maka kulkas pun harus bekerja ekstra keras untuk mendinginkan tempat kosong tersebut. Sebaliknya, apabila kulkas diisi secukupnya, akan semakin sedikit ruang-ruang kosong yang perlu didinginkan.

Untuk bisa mengetahui temperatur di dalam kulkas, Anda harus punya termometer agar lebih mudah mengecek dan mengontrol suhu di dalam kulkas.

Suhu minimal untuk menekan pertumbuhan bakteri pada makanan yang rekomendasi adalah sekitar 40 C. Semakin rendah suhunya, maka akan semakin sulit bakteri tumbuh dan berkembang. Tapi akibatnya, kulkas akan semakin boros dan bekerja semakin keras.

Tidak pernah membersihkan coil kondensor

Coil kondensor umumnya diletakkan di bagian belakang atau bagian bawah kulkas yang terbuka. Kondisi tersebut akan menyebabkan debu maupun kotoran akan lebih mudah menempel.

Jarang atau tidak pernah membersihkan coil kondensor akan menyebabkan debu terus-menerus menumpuk hingga mengakibatkan efisiensi kinerja dari coil tersebut menurun drastis.

Pada dasarnya, fungsi utama coil adalah untuk menyerap panas. Apabila tertutup debu, coil ini tidak akan bisa bekerja maksimal sehingga kulkas sulit dingin dan boros listrik.

Baca Juga: 5 Ciri – Ciri Kompresor Kulkas Rusak atau Mau Mati

Agar coil bisa bekerja maksimal, Anda disarankan untuk membersihkan kondensor antara 6-12 bulan sekali jika coil tersebut berada di tempat yang terbuka dan mudah terkena debu. Atau 2-3 tahun sekali apabila coil berada ditempat yang tertutup dan tersembunyi.

Malas mencairkan bunga es di rak freezer

Bunga es di dalam freezer kulkas apabila sudah sangat tebal akan mengganggu kinerja freezer itu sendiri. Tebalnya bunga es akan menghambat aliran udara sehingga kulkas akan bekerja lebih keras untuk mencapai suhu sesuai setingan.

Agar kinerja kulkas, khususnya kulkas satu pintu bisa tetap maksimal, pastikan Anda mencairkan bunga es secara rutin.

Tidak meletakkan ice pack di dalam kulkas atau freezer

Apa itu ice pack? Ini adalah benda yang bisa menyimpan dan mempertahankan suhu dingin lebih lama, sehingga suhu dingin di dalam kulkas jadi lebih awet.

Selain di kulkas (lemari pendingin) ice pack juga bisa ditempatkan di freezer (lemari es). Khusus untuk freezer, selain menggunakan ice pack Anda juga bisa menggunakan es batu untuk fungsi yang sama.

Baca Juga: Penyebab Kulkas Tidak Dingin Yang Harus Anda Ketahui!

Berbagai kebiasaan sepele tersebut sekalipun terkesan remeh, akan tetapi dapat memberikan pengaruh yang sangat besar pada tingkat efisiensi kinerja dan umur kulkas. Sehingga, akan sangat bijak jika Anda mau meninggalkan kebiasaan-kebiasaan sepele yang merugikan dan mulailah menerapkan kebiasaan baik yang menguntungkan.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.