Beranda Panduan Panduan Merawat dan Menjaga Lemari Es agar Tetap Awet

Panduan Merawat dan Menjaga Lemari Es agar Tetap Awet

34
0

Kulkas (lemari es) yang dijaga dan dirawat secara teratur, rata-rata bisa bertahan hingga 10 tahun atau lebih. Apabila tidak dirawat dengan baik, tentu saja daya tahan kulkas akan menurun. Dan biasanya, setelah 5 tahun kulkas tersebut akan mulai bermasalah. Entah itu kerusakan pada kompresor, dinginnya berkurang, atau masalah-masalah lain yang sangat mengganggu.

Men-service kulkas apabila bermasalah, kadang-kadang memang bisa membantu. Akan tetapi, solusi ini bukanlah yang terbaik. Pasalnya, kulkas yang sering rusak pasti akan mengganggu aktivitas harian (di dapur) selain dapat menyita waktu dan tenaga serta membutuhkan budget yang tidak sedikit.

Baca Juga: 7 Pilihan Kulkas Inverter Terbaik 2019 Harga 5 Jutaan

Karena setelah kompor, alat yang paling penting di dapur adalah kulkas. Tidak mengherankan, mengingat kulkas sangat diandalkan untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan hingga makanan siap saji agar tidak mudah basi atau rusak.

Agar kulkas tahan lama dan bisa bekerja secara efisien selama bertahun-tahun, ada baiknya Anda mengikuti beberapa kiat di bawah ini.

Tempatkan kulkas di tempat yang sejuk

Sepintas, meletakkan kulkas di manapun seolah-olah bukanlah sebuah masalah. Tapi sayang, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Kulkas sebaiknya ditempatkan di tempat-tempat yang dingin dan dihindarkan atau dijauhkan dari sumber panas.

Apabila berada di lingkungan yang terlalu panas, kulkas akan bekerja lebih keras sehingga akan lebih mudah mati atau mengalami kerusakan terutama pada bagian motor-nya. Jadi, pastikan kulkas diletakkan jauh dari sumber panas seperti kompor atau oven.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kulkas 1 Pintu Ada Bunga Es Yang Sangat Banyak

Di rumah, dapur biasanya adalah zona atau ruangan yang paling panas. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk menempatkan kulkas di tempat-tempat yang dingin dan terhindar dari panas. Terlebih, jika dapur Anda ada hanya beratapkan seng dan tidak menggunakan plafon.

Pastikan kulkas di tempatkan di permukaan yang rata rata

Tidak hanya harus ditempatkan di ruangan yang sejuk dan jauh dari sumber panas, lemari es juga perlu ditempatkan pada permukaan lantai yang datar atau rata agar performa-nya bisa maksimal.

Hindari meletakkan apapun di atas kulkas

Kebiasaan buruk ini tidak hanya dipraktekkan oleh satu atau dua orang. Dimanapun ada lemari, meja, atau permukaan-permukaan yang agak tinggi–termasuk kulkas, kita kerap terpancing untuk meletakkan sesuatu di atasnya.

Tidak jarang, kita meletakkan berbagai macam kotak makanan di atas kulkas agar lebih mudah diambil pada saat dibutuhkan. Sayangnya, kebiasaan ini ternyata bisa berdampak pada kinerja lemari es.

Pasalnya, berbagai macam benda yang kita letakkan di atas kulkas seringkali bisa menjadi sumber panas yang akan mengalir ke bagian dalam kulkas sehingga memaksa motor kulkas bekerja lebih keras.

Baca Juga: Kenapa Kulkas Tidak Dingin? Padahal Lampunya Nyala

Nah, alih-alih meletakkan berbagai macam benda atau kotak di atas kulkas, ada baiknya Anda menyediakan sebuah lemari untuk meletakkan berbagai macam bahan makanan, sehingga bagian atas kulkas bebas dari benda apapun dan bisa tetap dingin.

Bersihkan kumparan (coil) kulkas secara rutin

Seberapa sering coil kulkas perlu dibersihkan? Coil atau kumparan kulkas jika berada di bagian dalam atau di balik dinding kulkas, maka membersihkannya tidak perlu sering-sering. Membersihkannya secara teratur 2-3 tahun sekali sudah cukup.

Namun apabila coil, berada di bagian yang terbuka, entah itu di belakang atau di bawah, maka, sebaiknya bersihkanlah setiap 6-12 bulan sekali.

Coil merupakan komponen yang sangat penting pada sistem kulkas, karena alat ini berfungsi untuk menyerap panas. Apabila panas tidak bisa diserap dengan baik, kulkas akan sulit dingin sehingga makanan akan lebih mudah membusuk dan rusak.

Periksa secara teratur segel pintu lemari es

Segel pintu adalah bagian dari lemari es yang paling rentan dan mudah rusak atau terlepas. Pasalnya, hampir setiap hari pintu kulkas dibuka/tutup sehingga segel tersebut lambat laun akan longgar dan terlepas.

Apabila segel lepas atau rusak, segera perbaiki agar udara dingin yang ada di dalam lemari es tidak merembes keluar.

Baca Juga: Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Awet dan Tidak Bau

Tidak hanya menyebabkan menyebabkan makanan yang disimpan lebih mudah basi atau busuk, segel yang rusak juga akan menyebabkan tagihan listrik bertambah serta kulkas akan bekerja lebih keras.

Pastikan kulkas tetap terisi

Mungkin ada diantara Anda yang beranggapan bahwa, apabila kulkas kosong, maka itu artinya kulkas tidak akan bekerja terlalu keras untuk mendinginkan.

Sayang, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Karena apabila kulkas kosong, maka akan semakin banyak ruangan yang perlu didinginkan sehingga kulkas akan bekerja lebih keras.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin Isilah kulkas agar semakin sedikit ruang yang tersisa sehingga, semakin sedikit ruangan yang perlu didinginkan.

Sebaliknya, jangan juga mengisi kulkas terlalu penuh hingga hampir tidak ada celah. Hal ini juga bisa menyebabkan kulkas bekerja lebih keras. Pasalnya, isi kulkas yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya sirkulasi udara. Sehingga, banyak bagian-bagian kulkas, terutama yang berada dekat dengan pintu akan sulit didinginkan.

Hindari membuka pintu freezer terlalu lama

Sebuah kulkas 2 pintu yang dilengkapi dengan freezer di bagian atas adalah model kulkas yang banyak dipilih oleh ibu rumah tangga, karena dianggap lebih mudah dirawat dan lebih menguntungkan.

Karena freezer harus tetap dingin, maka tidak mengherankan apabila freezer juga membutuhkan listrik dan freon yang banyak. Menjaga agar freezer bisa bekerja secara efisien adalah cara terbaik untuk melindungi kulkas dari kerusakan.

Baca Juga: Cara Cepat Mendinginkan Air di Freezer, Wajib dicoba!

Untuk meningkatkan efisiensi kerja freezer, Anda bisa melakukan beberapa kiat berikut ini:

  • Jangan biarkan freezer dalam keadaan kosong. Sebisa mungkin Isilah freezer dengan makanan-makanan yang bisa menahan (menyimpan) udara dingin.
  • Jangan lupa membuat es batu. Jika Anda tidak sering menggunakan es batu, Anda tetap dianjurkan untuk membuat es batu dan membiarkannya di dalam freezer. Es batu bisa membantu mempertahankan udara dingin di dalam freezer sehingga kulkas tidak perlu bekerja terlalu keras.
  • Jangan buka pintu freezer terlalu sering dan terlalu lama. Karena alasan ini pulalah maka, rata-rata freezer pada sebuah kulkas tidak dilengkapi dengan lampu.

Pastikan Anda menyediakan termometer

Termometer sangat dibutuhkan untuk mengetahui suhu sebenarnya di dalam kulkas. Keberadaan termometer akan memudahkan Anda memantau suhu. Sehingga, apabila setingan freezer tidak sesuai dengan suhu yang tertera pada termometer, Anda bisa dengan mudah mengetahuinya dan mencari penyebabnya.

Apabila suhu yang ditunjukkan oleh termometer tidak sedingin setingan kulkas, maka itu artinya performa kulkas menurun, yang bisa saja disebabkan oleh:

  • Kulkas kekurangan freon
  • Coil kondensor kotor atau bermasalah
  • Kerusakan pada segel pintu kulkas
  • Kipas evaporator rusak atau aus
  • Starter relay tidak bekerja
  • Thermostat pengontrol suhu tidak berfungsi, atau
  • Kompresor tidak bekerja

Informasi, jika lemari es Anda bermasalah dan kebetulan Anda berdomisili di daerah Jakarta Selatan, Anda bisa memesan jasa service kulkas dari kami. Caranya, Anda bisa order via chat WhatsApp di bawah ini.

Itulah panduan merawat dan menjaga lemari es agar tetap awet dan bisa bertahan lebih lama. Tidak hanya bermanfaat untuk menghindarkan Anda dari pemborosan, karena terpaksa harus sering memanggil tukang servis dan membuang makanan karena rusak. Namun, ini juga bisa membantu menjaga agar aktivitas harian Anda bisa berjalan secara normal tanpa gangguan.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.