Beranda Panduan Cara Mencegah Bau Kulkas dan Tips Mengatasinya

Cara Mencegah Bau Kulkas dan Tips Mengatasinya

22
0

Pernahkah Anda membuka pintu kulkas dan disambut oleh aroma yang tidak sedap? Pengalaman ini tentu tidak Anda alami sendiri, ada banyak pengguna kulkas di luar sana yang juga mengalaminya.

Temperatur yang dingin, sisa ikan, tetesan kuah sayur, hingga buah dan sayuran yang mungkin membusuk akan menciptakan bau tak sedap.

Bahkan setelah dibersihkan, terkadang baunya tidak mau pergi begitu saja. Hal ini tentu saja cukup mengganggu dan mengurangi kenyamanan setiap kali kita membuka kulkas. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda tahu bagaimana cara mencegah bau kulkas dan cara menghilangkannya.

Cara mencegah bau kulkas

1. Atur suhu kulkas sesuai dengan isinya

Beberapa kulkas rumah tangga ada yang isinya sering berganti-ganti setiap hari atau beberapa hari sekali. Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat kulkas sering digunakan untuk menyimpan sayur-mayur, buah-buahan, ikan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Mencairkan Makanan Beku yang Aman dan Benar

Suhu sempurna untuk menyimpan makanan di lemari es berkisar antara 37-41 derajat Fahrenheit. Jika terlalu dingin, hal tersebut akan menyebabkan kulkas boros energi. Sebaliknya apabila terlalu hangat, makanan akan lebih mudah rusak dan membusuk hingga menimbulkan bau tak sedap.

Mengatur suhu di dalam kulkas harus disesuaikan dengan jumlah makanan yang ada di dalamnya. Jika jumlahnya sangat banyak, maka suhunya perlu diturunkan agar semua makanan bisa tetap segar dalam waktu yang lebih lama. Sebaliknya, apabila kulkas hampir kosong, menaikkan suhunya agar tidak terlalu boros listrik adalah ide tepat.

2. Pastikan sirkulasi udara di dalam kulkas cukup baik

Aliran udara yang memadai akan sangat membantu dalam menghindari bau busuk yang mungkin saja timbul dari kontainer sayur-sayuran pada bagian bawah. Untuk memastikannya, Anda bisa membeli sebuah termometer kecil lalu tempatkan di sekitar lemari es agar bisa memeriksa suhunya setiap saat.

3. Tempatkan makanan di tempat yang semestinya

Setiap makanan sebaiknya ditempatkan pada wadah kedap udara. Cara ini tidak hanya membantu menjaga makanan bisa tetap segar lebih lama, tapi juga bisa membantu mengurangi aroma yang mungkin keluar dari makanan beraroma kuat.

Setiap makanan harus berada di tempatnya masing-masing. Buah-buahan dan sayuran misalnya, perlu disimpan secara khusus agar terjaga kesegaran dan rasanya. Umumnya, sebuah refrigerator menyediakan tempat khusus di bagian paling bawah.

4. Seminggu sekali luangkan waktu untuk memeriksa isi kulkas secara menyeluruh

Seminggu sekali, Anda perlu meluangkan waktu untuk melihat kembali isi kulkas Anda. Apabila Anda melihat makanan-makanan yang mungkin akan segera membusuk, segeralah membuangnya sebelum menimbulkan bau tak sedap.

Cara menghilangkan bau tak sedap dari kulkas

Seperti yang telah disampaikan di bagian atas, bau pada kulkas kadang-kadang tidak ikut menghilang begitu saja setelah sumber baunya dihilangkan. Atau mungkin, kulkas tetap berbau padahal tidak ada makanan makanan yang busuk dan bisa menimbulkan bau tak sedap.

Baca juga: 10 Penyebab Freezer atau Kulkas Tidak Dingin Sama Sekali

Tentu hal tersebut tidak hanya disebabkan oleh makanan melainkan, bisa juga disebabkan karena terjadi kerusakan atau masalah pada kulkas. Untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas yang disebabkan oleh makanan ataupun faktor lain, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

1# Selain makanan, penyebab kulkas bau juga bisa diakibatkan:
a) Evaporator yang kotor
b) Rembesan air atau kebocoran, serta
c) Akibat sirkulasi udara yang buruk

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara membersihkan evaporator kulkas, Anda bisa menghubungi teknisi

2# Pemadaman listrik yang terlalu sering dapat menyebabkan makanan lebih mudah membusuk, mengeluarkan semua isi kulkas dan membuang makanan yang berpotensi membusuk bisa membantu mengurangi dan mencegah bau kulkas

3# Agar bau kulkas bisa menghilang, Anda perlu membersihkan lemari es secara teratur dengan menyeka semua permukaan menggunakan kain lembab dan mengeringkannya kembali dengan menggunakan kain kering yang lembut.

Baca juga: Cara Cepat Mendinginkan Air di Freezer, Wajib dicoba!

Pada saat membersihkan, jangan lupa menggunakan pembersih alami yang terbuat dari soda bikarbonat. Cara membuatnya: Larutkan 15 ml atau 1 (satu) sendok teh soda bikarbonat dengan 1 liter air hangat

4# Cara terakhir yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau kulkas adalah dengan mematikan kulkas, mengeluarkan semua isinya, kemudian buka semua pintu dan angin-anginkan seharian. Agar udara bau yang terjebak di dalam kulkas bisa dibawa keluar oleh udara yang lebih segar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.