10 Penyebab Freezer atau Kulkas Tidak Dingin Sama Sekali

freezer tidak dingin

Apa penyebab freezer tidak dingin? Pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh mereka-mereka yang mengalami masalah dengan freezer pada kulkas maupun freezer-box. Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah freezer tidak dingin.

Mulai dari kebocoran pada evaporator, thermostat putus, kehabisan freon, kerusakan pada overload, adanya penyumbatan pada pipa freon, akibat adanya kebocoran pada pintu, kompresor lemah, hingga bisa disebabkan karena kerusakan pada kipas dan fuse.

Baca juga: Kenapa Kulkas Tidak Dingin? Padahal Lampunya Nyala

Berbagai penyebab freezer dan kulkas tidak dingin tersebut sebagian ada yang bisa diatasi sendiri namun beberapa diantaranya membutuhkan bantuan teknisi.

Persiapan memperbaiki freezer dan kulkas yang tidak dingin

  • Putuskan aliran listrik dengan mencabut colokan listrik freezer atau kulkas
  • Gunakan sarung tangan karet agar tangan Anda tidak menyebabkan korsleting atau kerusakan pada perangkat elektronik kulkas dan freezer. Selain itu, sarung tangan karet juga berfungsi untuk menghindarkan Anda dari bahan-bahan kimia yang mungkin berbahaya
  • Hindari memperbaiki sendiri kulkas atau freezer jika Anda tidak yakin dan tidak tahu apa yang akan Anda kerjakan
  • Selalu percayakan perbaikan freezer pada teknisi
  • Perbaiki freezer di tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak

Masalah umum penyebab freezer tidak dingin

Berikut adalah beberapa masalah freezer yang umum ditemukan serta penyebabnya dan cara mengatasinya.

1. Freezer tidak beku akibat koil kondensor yang kotor

Koil kondensor freezer yang kotor dapat menyebabkan penurunan atau pengurangan kapasitas pendinginan pada lemari pembeku secara keseluruhan. Jika ini adalah penyebabnya, Anda bisa membersihkan coil kondensor sendiri.

2. Motor kipas evaporator tidak berfungsi

Penyebab freezer dan kulkas tidak dingin yang kedua adalah akibat motor kipas evaporator yang tidak berfungsi. Kipas evaporator bertugas untuk mengalirkan udara ke seluruh freezer. Apabila kipas ini rusak, maka kinerja freezer tidak akan maksimal.

3. Start relay bermasalah

Fungsi start relay adalah untuk memberikan daya ke kompresor, apabila start relay tidak bekerja, maka bisa dipastikan freezer tidak akan dingin.

4. Fuse putus

Fuse sebenarnya tidak secara langsung mengakibatkan sebuah freezer kehilangan kemampuan untuk mendinginkan atau membekukan. Karena, fungsi fuse adalah untuk defrost (mencairkan bunga es). Apabila fuse rusak hingga menyebabkan volume bunga es meningkat drastis, maka kulkas akan sulit mencapai performa maksimal.

5. Kebocoran pada evaporator

Kerusakan pada evaporator freezer/kulkas biasanya disebabkan akibat benda-benda tajam yang dapat menimbulkan goresan atau kerusakan pada dinding freezer.

Untuk mengatasinya, Anda harus membersihkan bunga es terlebih dahulu secara hati-hati agar tidak ada air yang rembes atau menetes kebagian evaporator. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan dan mengganggu sistem sirkulasi.

Jika tidak mungkin untuk ditambal, maka evaporator kulkas atau freezer perlu diganti. Penggantian evaporator sebaiknya dilakukan oleh teknisi.

6. Thermostat kulkas putus

Thermostat adalah komponen yang fungsinya untuk mengatur temperatur suhu pada freezer. Selain mengatur suhu, thermostat juga berfungsi untuk menentukan kapan mesin freezer harus hidup dan mati (standby). Thermostat yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat mengakibatkan freezer terus-menerus hidup.

Baca juga: Fungsi Thermostat Pada Kulkas dan Cara Kerjanya

7. Freon bocor, habis, atau tersumbat

Untuk mengecek apakah freon freezer masih ada atau tidak, Anda bisa mengeceknya dengan menyentuh atau memegang bagian belakang kulkas yang lokasinya berdekatan dengan grill kulkas. Bagian tersebut umumnya terasa hangat atau panas apabila freon masih ada. Namun apabila bagian tersebut tidak terasa hangat sama sekali, kemungkinan besar freon freezer sudah habis.

8. Kinerja kompresor tidak maksimal

Kompresor memiliki peranan yang penting dalam menyalurkan hawa dingin bagian dalam freezer. Apabila kemampuan kompresor menurun, maka freezer pun akan sulit untuk membekukan makanan ataupun minuman. Apabila kompresor sudah lemah, ada baiknya segera diganti.

9. Karet pintu tidak rapat

Ada banyak penyebab mengapa pintu freezer atau kulkas tidak rapat. Mulai dari karet pintu yang lepas atau longgar sehingga keberadaan benda-benda tertentu yang mungkin menyebabkan pintu kulkas tidak rapat. Seperti tali atau benda-benda yang dapat menjuntai dari atas kulkas yang biasanya dengan sengaja kita letakkan di sana.

10. Kerusakan pada timer

Untuk memeriksa apakah Timer kulkas atau freezer dalam kondisi baik-baik saja atau sebaliknya sangatlah mudah. Caranya, Anda harus melepaskan kabel dari kaki-kaki timer terlebih dahulu. Setelah semuanya terlepas, gunakan avometer 1 x 10 Ohm untuk mengukur kaki timer nomor 1 dan 3.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Timer Kulkas 2 Pintu

Cara kedua bisa dengan menghubungkan kabel pada kaki timer nomor 1 dan 3 ke sumber listrik. Jika tidak ada reaksi atau suara berderik, maka bisa dipastikan timer tersebut rusak.

Itulah beberapa penyebab freezer dan kulkas tidak dingin yang umum ditemukan. Untuk menjaga agar freezer tetap awet dan tidak mudah rusak, Anda perlu tahu bagaimana cara merawat kulkas dan freezer yang benar

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.