Beranda Panduan Cara Reset Mesin Cuci Samsung, LG, Electrolux, hingga Polytron

Cara Reset Mesin Cuci Samsung, LG, Electrolux, hingga Polytron

45
0
cara reset mesin cuci

Cara reset mesin cuci bisa dibilang sangat mudah jika Anda tahu caranya. Biasanya ini dilakukan jika mesin cuci mengalami muncul kode error.

Atau, mesin hanya mengeluarkan bunyi “bip” yang tidak seperti biasanya saat tombol Power atau Start ditekan? Atau mungkin, mesin tidak mau beroperasi saat tombol-tombolnya dipencet-pencet? Itu menandakan bahwa mesin cuci anda perlu direset (diatur ulang).

Cara mereset mesin cuci Samsung, Electrolux, Sharp, hingga Polytron sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu menekan beberapa kombinasi tombol.

Tetapi, sebelum anda mereset mesin cuci, pastikan kode error mesin cuci Samsung atau merk lainnya yang muncul, benar-benar dipicu oleh kerusakan pada sirkuit atau modul, bukan akibat faktor eksternal.

Beberapa contoh faktor eksternal yang bisa memunculkan kode error pada mesin cuci diantaranya adalah:

Kelebihan beban. Membebani drum mesin cuci secara berlebihan dapat mengakibatkan mesin cuci berhenti.

Pastikan tegangan listrik dirumah stabil. Mesin cuci membutuhkan suplai listrik yang stabil dan cukup. Penggunaan kabel ekstensi bisa menurunkan daya listrik. Karena itu, pastikan mesin cuci cukup dekat dari stop kontak.

Filter air tersumbat. Error pada mesin cuci juga bisa disebabkan karena filter air yang tersumbat oleh kotoran hingga membuat air tidak mengalir lancar. Disamping itu, mesin cuci otomatis biasanya membutuhkan tekanan air pada ukuran tertentu. Mesin cuci LG misalnya, membutuhkan tekanan air antara 14.5 sampai 116 PSI untuk bisa beroperasi dengan baik.

Baca Juga: Arti Kode Error Mesin Cuci Sharp Top Loading dan Front Loading

Tingkat kemiringan mesin cuci. Mesin cuci harus diletakkan di atas permukaan yang datar. Jika ditempatkan di permukaan yang terlalu miring, mesin cuci tidak akan beroperasi.

Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Untuk mesin cuci Samsung top loading otomatis 1 tabung atau yang biasa juga dikenal dengan mesin cuci Samsung Diamond Drum seperti tipe WA70H4000SG, WA8H4000SW, WA75H4200SG dan sejenisnya, bisa di-reset dengan cara menekan tombol:

1. Rinse + Spin + Power

2. Terlebih dahulu tekan secara bersamaan tombol “Rinse + Spin” dan tahan

3. Kemudian tekan tombol “Power” sambil tetap menahan tekanan pada tombol “Rinse + Spin.”

4. Setelah itu tekan tombol “Start.” Tunggu beberapa saat. Kemudian tekan tombol “Power.” Atau, Anda juga bisa meninggalkan mesin cuci hingga mati sendiri tanpa menekan tombol “Power.”

Cara Reset Mesin Cuci Sharp Top Loading

Mereset beberapa mesin cuci Sharp bisa dilakukan dengan menekan kombinasi tombol:

Power (on/off) + Proses + Start/Pause + Level Air

Jika mesin cuci Sharp macet, berdengung, air tidak mau berhenti mengalir, pengering macet, atau karena mengalami masalah lainnya. Anda bisa membaca artikel kami yang membahas secara khusus tentang beberapa penyebab mesin cuci Sharp macet dan cara mengatasinya.

Baca Juga: 7 Mesin Cuci Terbaik yang Bisa Dikontrol dengan Smartphone

Cara Reset Mesin Cuci LG

Mesin cuci LG juga tidak luput dari masalah. Adakalanya, mesin cuci merk LG memunculkan kode error tertentu. Untuk mengetahui penyebab munculnya kode kesalahan tersebut, Anda bisa membaca artikel kami yang membahas secara khusus mengenai arti kode error mesin cuci LG dan cara mengatasinya.

1. Matikan mesin serta cabut colokan dari stop kontak pemutus arus listrik

2. Dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol “Start/Pause” selama kurang lebih 5 detik

3. Colokan kembali kabel mesin cuci dan hidupkan

Apabila mesin cuci LG anda tidak memiliki tombol Reset, Anda bisa mencoba mencabut kabel mesin cuci dari stop kontak kemudian colokan kembali. Cara ini bisa dicoba untuk mereset mesin cuci LG yang tidak diprogram dengan fungsi reset.

Cara reset mesin cuci LG lainnya adalah:

1. Cabut kabel mesin cuci dan diamkan selama beberapa menit

2. Buka pintu mesin cuci, lalu putar drum secara manual hingga 360°

Itulah cara reset mesin cuci Samsung, LG, dan Sharp yang bisa Anda coba untuk mengembalikan pengaturan ke settingan pabrik.

Jika beberapa cara tersebut tidak berhasil, jangan ragu untuk menghubungi call center. Atau, ada juga bisa menghubungi tukang service mesin cuci terdekat untuk menangani masalah mesin anda.

Bagi anda pemilik mesin cuci merk lain seperti Electrolux, Panasonic, hingga Polytron, hingga saat ini kami belum menyediakan informasi mengenai cara reset mesin cuci Electrolux, Panasonic, dan Polytron.

Oleh karena itu, kami menyarankan anda untuk menghubungi call center atau tenaga profesional (tukang service mesin cuci) terdekat apabila mesin Anda bermasalah.

Pesan Juga: Service Mesin Cuci Jakarta Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.