Cara Mencairkan Makanan Beku yang Aman dan Benar

cara mencairkan makanan beku

Jika Anda sering membekukan makanan di dalam freezer, Anda harus tahu bagaimana cara mencairkan makanan beku tersebut yang aman dan benar sehingga makanan-makanan tersebut tidak berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit.

Sebagai ibu rumah tangga yang pandai berhemat, kita tentu sering membeli bahan makanan dalam jumlah banyak ketika harganya sedang murah. Makanan-makanan seperti daging sehingga ikan bisa diawetkan dengan disimpan di dalam lemari es (freezer) jika tak habis digunakan (dimasak).

Ketika makanan dibekukan di dalam freezer, bakteri di dalamnya menjadi tidak aktif karena suhu yang sangat rendah (dingin). Bakteri-bakteri tersebut akan mati dan hancur apabila makanan dimasak dengan benar dalam suhu yang tinggi (panas).

Baca juga: 7+ Merk Kulkas yang Paling Direkomendasikan Karena Kelebihannya

Namun, jika bahan makanan yang dibekukan (baik ikan maupun daging) tidak dicairkan dengan cara yang benar, bisa saja bakteri yang ada pada makanan tidak mati atau hancur ketika dimasak.

Hal tersebut bisa meningkatkan risiko keracunan makanan dan bisa menimbulkan berbagai penyakit (bawaan) yang berasal dari makanan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi ibu rumah tangga atau siapapun yang sering membekukan makanan di freezer untuk mengetahui cara mencairkan makanan agar aman dikonsumsi.

..dan berikut ini beberapa cara mencairkan makanan beku yang benar dan aman, yang bisa Anda coba.

Mencairkan makanan siap saji

Makanan siap saji adalah andalan setiap ibu yang yang super sibuk. Keberadaannya sering dimanfaatkan untuk menghemat waktu memasak. Makanan siap saji juga bisa berasal dari sisa makanan yang tidak habis dikonsumsi oleh keluarga.

Makanan-makanan tersebut biasanya akan kita simpan di dalam lemari es atau kulkas untuk didinginkan agar tidak mudah basi.

Sebelum dimakan kembali, biasanya sayur hingga lauk siap saji tersebut akan dipanaskan terlebih dahulu. Untuk mencairkan makanan siap saji, sebaiknya terapkan beberapa metode berikut ini:

  • Pastikan bagian tengah makanan benar-benar cair dan tidak mengandung kristal es
  • Hindari mencairkan makanan siap saji di dalam lemari es semalaman. Hindari juga mencairkan makanan menggunakan defrost yang biasanya tersedia pada microwave
  • Sebelum dibekukan, pisahkan makanan-makanan tersebut ke dalam porsi kecil-kecil agar lebih mudah dicairkan
  • Makanan matang harus benar-benar terpisah dari daging mentah agar tidak terkontaminasi

Cara mencairkan daging ayam (unggas) yang aman

Ada banyak jenis daging unggas yang kadang kita bekukan di dalam freezer, mulai dari daging ayam, bebek, kalkun, hingga burung. Daging-daging tersebut harus dicairkan secara ekstra hati-hati, dengan cara:

Pastikan daging unggas terisolasi dari makanan-makanan lain untuk menghindari agar makanan lain tidak terkontaminasi oleh cairan yang berasal dari daging unggas

  • Pastikan daging telah dicarikan sepenuhnya sebelum dimasak. Ciri-ciri daging yang sudah cair dan siap untuk dimasak adalah: Lunak, fleksibel, dan bebas dari kristal es
  • Daging unggas yang telah dicairkan harus dimasak maksimal 24 jam setelah dikeluarkan dari freezer
  • Jika tidak segera dimasak sebaiknya simpan kembali daging unggas ke dalam lemari es untuk mengurangi laju pertumbuhan bakteri

Cara mencairkan daging yang aman

Cara mencairkan daging merah (sapi hingga kambing) sebenarnya tidak jauh berbeda dengan daging unggas. Daging-daging tersebut harus ditempatkan di tempat yang terpisah dari makanan-makanan lain.

Baca juga: Penyebab Kulkas Tidak Dingin yang Harus Anda Ketahui

Tujuannya adalah untuk mencegah agar makanan lain tidak terkontaminasi bakteri yang berasal dari daging mentah selama proses pencairan. Untuk mencairkan daging merah, berikut adalah caranya:

  • Tempatkan daging beku di dalam kantong tertutup atau biarkan di dalam wadah aslinya yang kedap udara hingga mencair
  • Rendam daging di dalam air dengan suhu normal (suhu ruangan) dan ganti airnya setiap 30 menit untuk mempercepat proses pencairan
  • 1,5 s/d 2 kg daging harus sepenuhnya dicairkan dalam kurun waktu sekitar 2-3 jam

Cara mencairkan ikan yang berasal dari freezer

Berbeda dengan cara mencairkan daging merah dan daging unggas, mencairkan ikan sebaiknya dilakukan langsung di dalam lemari es. Caranya adalah:

  • Cairkan ikan beku di dalam lemari es dengan dibiarkan semalaman. Karena apabila dikeluarkan dari lemari es, suhu kamar akan membuat bakteri lebih cepat tumbuh
  • Jika harus di carikan di luar lemari es, pastikan ikan dibungkus menggunakan plastik dan jauhkan dari makanan-makanan mentah untuk menghindari kontaminasi
  • 100 gram ikan biasanya memakan waktu sekitar 1-2 jam untuk dicairkan
  • Jangan gunakan microwave untuk mencairkan ikan karena dapat menyebabkan ikan menjadi kering
  • Setelah dicairkan, pastikan ikan dimasak atau dikonsumsi maksimal 48 jam kemudian

Panduan mencairkan makanan beku

Cara paling aman untuk mencairkan makanan beku adalah dengan menempatkannya pada suhu antara 10-15 derajat Celcius untuk mengurangi intensitas pertumbuhan bakteri.

Tempat-tempat yang dingin dan teduh serta bersih seperti di dalam lemari pendingin (kulkas) adalah tempat yang ideal untuk mencairkan makanan beku.

Baca juga: 5 Ciri – Ciri Kompresor Kulkas Rusak atau Mau Mati

Pencairan juga bisa dilakukan dengan meletakkan makanan pada air yang mengalir atau bisa juga di dalam microwave. Setelah dicairkan, makanan-makanan harus segera dimasak atau dikonsumsi (makanan siap saji) untuk menghindari pertumbuhan bakteri yang bisa mengancam kesehatan.

…yang perlu diingat adalah, jangan sekali-sekali membekukan kembali makanan-beku yang telah dicairkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.