Cara Cepat Mendinginkan Air di Freezer, Wajib dicoba!

cara mendinginkan air di freezer
Ilustrasi air di dalam freezer ( Gettyimage.com )

Saat udara di siang hari terasa lebih panas dari biasanya, perasaan haus akan mudah menyerang. Saat itulah kita sering berharap bisa menikmati minuman dingin yang dapat menyegarkan tenggorokan. Sayangnya, air dingin tidak selalu tersedia.

Untuk membuat air dingin atau membekukan air menggunakan freezer dibutuhkan waktu yang tak sedikit. Walau demikian, ternyata ada beberapa trik khusus yang bisa dicoba untuk mendinginkan dan membekukan air lebih cepat dari biasanya.

Baca juga: 10 Penyebab Freezer atau Kulkas Tidak Dingin Sama Sekali

Nah, bagi Anda yang terburu-buru dan ingin segera menikmati segarnya segelas air es atau minuman dingin, Anda bisa mencoba beberapa cara cepat mendinginkan air di freezer.

Cara cepat mendinginkan dan membekukan air

Mengkonsumsi minuman dingin yang segar dianggap bisa membantu memberikan kesejukan dan mendinginkan tubuh. Sehingga tak mengherankan apabila banyak orang yang gemar minum air dingin di siang hari. Minuman dingin juga kerap menjadi suguhan untuk tamu yang berkunjung. Jika suatu waktu Anda lupa membuat es batu atau sedang membutuhkan air dingin, cobalah membuatnya dengan beberapa cara berikut ini.

1. Air hangat lebih cepat dingin dan membeku dibandingkan dengan air dingin

Di antara Anda mungkin ada yang bertanya-tanya, bagaimana mungkin air hangat atau air panas bisa lebih cepat membeku dibandingkan dengan air bersuhu normal ketika dimasukkan ke dalam freezer?

Jika dipikir-pikir, hal tersebut tampaknya tidak masuk akal. Karena air panas seharusnya membutuhkan waktu lebih lama untuk menjadi dingin dan membeku jika dibandingkan dengan air yang sudah memang terlebih dahulu dingin.

Baca juga: Cara Mencairkan Makanan Beku yang Aman dan Benar

Tapi kenyataannya, air hangat atau air panas akan lebih cepat dingin dan membeku dibandingkan dengan air yang bersuhu normal. Efek ini dikenal dengan sebutan efek Mpemba. Jika belum yakin, Anda bisa membuktikan dan membandingkan antara air dingin dan air panas ketika dimasukkan ke dalam freezer.

2. Atur suhu freezer agar tepat dan efisien

Pada pengaturan suhu di dalam freezer, atur agar freezer berada pada temperatur 24 derajat Celcius. Kemudian masukkan air minum yang ingin Anda dinginkan. Setelah 2 jam 45 menit, keluarkan botol tersebut lalu kocok dengan kekuatan penuh untuk memberikan efek kejut agar proses pembekuan bisa segera dimulai.

3. Gunakan air yang tidak terlalu banyak mengandung mineral atau kotoran

Cara cepat mendinginkan air di freezer lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan, air yang rendah mineral dan tidak tercampur kotoran lainnya. Air galon dari merek-merek populer biasanya lebih cepat dingin dan membeku dibandingkan dengan air isi ulang dari depot.

Baca juga: Alasan Kenapa Kulkas 1 Pintu Ada Bunga Es Yang Sangat Banyak

Dan, air isi ulang dari depot isi ulang biasanya lebih cepat beku dibandingkan dengan air mentah yang berasal dari sumur. Air yang tidak mengandung terlalu banyak mineral dan kotoran akan lebih mudah membentuk kristal es.

4. Gunakan wadah berukuran kecil

Jika terburu-buru dan ingin segera membuat es batu, cobalah menggunakan wadah yang kecil seperti ice cube tray alih-alih menggunakan wadah yang lebar dan besar. Karena waktu yang dibutuhkan untuk mendinginkan dan membekukan air yang yang volumenya sedikit akan lebih cepat dibandingkan dengan air yang berjumlah banyak.

5. Gunakan wadah yang dingin

Membiarkan ice cube tray di dalam freezer sekalipun tidak diisi ada untungnya. Karena, ketika kita ingin membuat es batu atau mendinginkan air dengan cepat, menggunakan wadah yang sudah terlebih dahulu dingin akan membuat air lebih cepat membeku.

6. Gunakan wadah berbahan logam

Jika dibandingkan dengan wadah berbahan plastik, wadah berbahan logam umumnya bisa mendinginkan atau membekukan air lebih cepat. Dari sekian banyak pilihan bahan logam yang tersedia, wadah yang terbuat dari tembaga adalah yang terbaik. Wadah berbahan tembaga umumnya bisa membantu menghilangkan panas dari air lebih cepat daripada plastik.

Baca juga: Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Awet dan Tidak Bau

Itulah beberapa cara cepat mendinginkan air di freezer yang bisa Anda coba. Beberapa tips di atas, selain bisa membantu Anda menyediakan air dingin dalam waktu yang lebih singkat, juga akan membantu Anda menghemat lebih banyak energi karena cara-cara tersebut lebih efisien. Sehingga, listrik yang digunakan oleh freezer akan lebih sedikit.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.