Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Awet dan Tidak Bau

tips menyimpan makanan di kulkas agar awet

Kulkas adalah tempat favorit untuk menyimpan makanan mentah maupun yang sudah matang. Suhu yang rendah, yang mampu memperlambat pertumbuhan bakteri adalah alasan mengapa lemari pendingin banyak digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menjaga makanan agar tetap segar dan tidak mudah basi.

Tapi sayang, tidak banyak di rumah tangga yang tahu bagaimana tips menyimpan makanan di kulkas agar awet dan tidak bau. Beberapa jenis makanan memiliki cita rasa dan aroma yang sangat kuat. Bahkan, tidak sedikit diantaranya yang aromanya bisa tinggal dalam waktu yang sangat lama di dalam kulkas sekalipun makanan tersebut sudah dikeluarkan.

Baca juga: Cara Mencairkan Makanan Beku yang Aman dan Benar

Disamping itu, tidak memperhatikan cara menyimpan makanan yang benar di kulkas juga dapat mengakibatkan makanan-makanan lain jadi terkontaminasi. Nah, agar makanan-makanan yang Anda simpan di dalam kulkas tetap bisa awet dan tidak menimbulkan bau berlebihan, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Gunakan kontainer berbahan kaca yang kokoh untuk menyimpan bawang merah dan bawang putih di kulkas

Idealnya, bawang merah dan bawang putih sebaiknya disimpan di luar kulkas, di tempat yang sejuk dan berangin. Namun, ada kalanya kita harus menyimpan bawang merah dan bawang putih di dalam kulkas, terutama setelah dikupas atau dipotong-potong.

Menyimpan bawang yang sudah dikupas atau dipotong-potong di dalam lemari es, sebaiknya jangan menggunakan kontainer atau wadah plastik tipis. Karena wadah tersebut seringkali tidak mampu menjaga aroma maupun rasa dari bawang tersebut agar tidak tertransfer ke makanan lain yang ada di dekatnya.

2. Jauhkan makanan yang beraroma keras

Makanan-makanan yang memiliki aroma keras seperti durian, bawang merah, daun bawang, dan lain-lain harus disimpan di dalam mangkuk kaca atau wadah yang tebal serta sebaiknya diletakkan agak berjauhan. Terutama dari makanan-makanan yang bisa dengan mudah menyerap rasa dan aroma seperti mentega, susu, telur, dan berbagai macam kue.

Baca juga: 10 Penyebab Freezer atau Kulkas Tidak Dingin Sama Sekali

Begitu juga dengan daging dan makanan-makanan yang mengandung bumbu-bumbu dengan aroma kuat sebaiknya tidak diletakkan menempel dengan makanan lainnya sekalipun masing-masing sudah dibungkus dengan plastik.

3. Pisahkan makanan berdasarkan jenisnya

Kulkas biasanya terdiri atas beberapa rak. Untuk menjaga agar makanan bisa awet dan tidak menularkan bau/aroma ke makanan lain, ada baiknya Anda mengelompokkan makanan-makanan tersebut berdasarkan rak, misalnya:

Rak atas dan tengah

Gunakan rak atas dan tengah untuk menyimpan makanan siap saji seperti makanan-makanan yang mengandung susu, makanan-makanan, makanan sisa, daging matang, hingga salad siap saji.

Makanan-makanan tersebut harus ditempatkan di dalam wadah yang tertutup untuk mencegahnya agar tidak terkontaminasi. Makanan siap saji sebaiknya disimpan di lemari bagian atas. Jauhkan makanan-makanan ini dari makanan mentah yang mungkin mengandung bakteri berbahaya seperti daging ataupun ikan yang belum dimasak.

Rak paling bawah

Daging mentah, daging unggas, maupun daging ayam sebaiknya diletakkan di rak paling bawah dan dibungkus dengan wadah yang tertutup. Menyimpan ikan maupun daging mentah di bagian paling bawah akan membantu menghindari agar air yang mungkin menetes tidak mengenai makanan lain.

Baca juga: 7+ Merk Kulkas yang Paling Direkomendasikan Karena Kelebihannya

Begitu juga saat disimpan di dalam freezer, daging mentah harus berada di bagian paling bawah untuk mencegah kontaminasi silang. Sekali lagi, pastikan setiap bahan makanan dikemas dengan wadah yang tertutup rapat.

Laci sayuran

Kulkas modern sebagian besar sudah menyiapkan sebuah laci yang berguna untuk menyimpan sayur-sayuran hingga buah-buahan segar. Setiap sayuran dan buah-buahan yang akan dimasukkan ke dalam laci kulkas bagian bawah harus dicuci sebelum disimpan.

Yang kedua, pastikan buah-buahan maupun sayuran terbungkus plastik atau kontainer yang memiliki lubang udara agar tetap terlindungi dan tidak mudah terkontaminasi.

Untuk rempah-rempah dan salad, sebaiknya dibungkus dengan paper towel yang lembab agar tidak mudah kering dan bisa terjaga kesegarannya lebih lama.

4. Jangan sampai unit pendingin kulkas tertutup

Seringkali tanpa sadar kita meletakkan makanan atau kontainer (wadah) tepat di depan unit pendingin di bagian dalam kulkas. Hal tersebut dapat menyebabkan unit pendingin terblokir dan suhu di dalam kulkas tidak merata.

5. Pastikan kulkas tidak kelebihan beban

Sekali waktu, ada banyak makanan di rumah yang perlu disimpan di dalam kulkas agar tidak mudah basi atau membusuk. Menyimpan makanan terlalu banyak berpotensi menyebabkan unit pendingin terblokir dan berpotensi menyebabkan pintu lemari es tidak bisa ditutup secara rapat. Hal ini dapat mengakibatkan suhu di dalam lemari es meningkat dan tidak dingin.

Baca juga: Jenis dan Lama Makanan Boleh Disimpan di Freezer

Sebisa mungkin, kulkas harus memiliki suhu antara 0-5 derajat Celcius agar makanan yang disimpan di dalamnya bisa tetap segar. Suhu 0-5 derajat Celcius sangat ideal mengurangi laju pembusukan pada makanan dan berguna untuk memperlambat pertumbuhan bakteri.

6. Makanan kalengan yang terbuka sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas

Ada banyak makanan-makanan kalengan seperti buah kalengan leci hingga tomat yang kadangkala kita simpan di dalam lemari es. Apabila sudah dibuka, kaleng yang berisi makanan-makanan tersebut sebaiknya tidak disimpan di lemari es karena dapat menimbulkan kontaminasi bahan kimia.

Jika harus dimasukkan ke dalam lemari es, pindahkan makanan-makanan tersebut ke dalam wadah yang bisa ditutup rapat terlebih dahulu.

Terima kasih sudah membaca artikel cara atau tips menyimpan makanan di kulkas agar awet di atas hingga selesai, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman di media sosial Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.