Jenis dan Lama Makanan Boleh Disimpan di Freezer

lama makanan boleh disimpan di freezer

Ada banyak makanan yang bisa kita bekukan di dalam freezer, kecuali telur yang masih berada di dalam cangkangnya yang mungkin pecah atau retak. Berbagai jenis makanan dapat dibekukan dalam batas waktu yang lama. Dan secara teknis, makanan-makanan tersebut aman untuk dikonsumsi karena bakteri tidak akan tumbuh di tempat-tempat yang bersuhu dingin.

Namun seiring berjalannya waktu, makanan-makanan yang dibekukan umumnya akan mengalami penurunan kualitas rasa maupun tekstur. Bahkan, beberapa diantaranya bisa jadi terasa tidak enak atau tidak menarik lagi setelah dicairkan.

Durasi waktu hingga berbagai jenis makanan mengalami kerusakan rasa, aroma, ataupun tekstur umumnya bervariasi antara satu dengan yang lainnya.

Untuk mengetahui berapa lama makanan beku sebaiknya disimpan di dalam freezer yang aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan kerusakan rasa maupun aroma, Anda bisa melihat uraian singkat di bawah ini.

  • Suhu -60 Celcius bisa digunakan untuk menyimpan makanan selama kurang lebih 1 minggu
  • Suhu freezer -120 Celcius umumnya bisa digunakan untuk menyimpan makanan hingga 1 bulan
  • Freezer bersuhu di bawah 180 Celcius aman digunakan untuk menyimpan makanan selama 3 bulan
  • Suhu freezer-180 Celcius bisa digunakan untuk menyimpan makanan selama tiga bulan atau lebih

Untuk lebih amannya, selalu periksa kemasan makanan beku yang Anda beli dan temukan panduan mengenai metode penyimpanannya. Biasanya, terdapat label mengenai lama makanan dapat disimpan di dalam freezer dan berapa suhu yang dibutuhkan. Sebagai catatan, freezer umumnya disetting pada suhu -180 Celcius.

Berapa lama sayuran beku bisa bertahan di dalam freezer?

Ada banyak sayuran yang bisa dibekukan di dalam freezer dan mampu bertahan antara 8-12 bulan. Walau demikian, berbagai jenis sayuran yang dibekukan sangat bervariasi dan tergantung pada beberapa hal seperti, metode pengemasan hingga bagaimana cara menyimpannya.

Sayur-sayuran bisa bertahan hingga 8-12 bulan apabila disimpan di dalam freezer dengan suhu yang memiliki temperatur konstan dan terus-menerus membeku.

Baca juga: Cara Mencairkan Makanan Beku yang Benar dan Aman

Sayuran yang disimpan di dalam lemari es (freezer) bisa bertahan cukup lama. Akan tetapi, kualitas rasa maupun aroma serta gizinya biasanya cenderung menurun. Apabila sayuran beku diliputi kristal es yang berlapis-lapis atau berlebihan dan kehilangan warna serta terlihat layu, maka sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

Sayur-sayuran yang mengandung banyak air seperti tomat sebaiknya tidak dibekukan jika Anda ingin menggunakannya dalam bentuk segar. Misal, untuk dibuat menjadi saos atau sejenisnya. Namun jika tidak, tomat tetap bisa dibekukan di dalam freezer agar lebih awet.

Berapa lama buah bisa dibekukan di dalam freezer?

Umumnya buah dapat dibekukan di dalam freezer selama kurang lebih 8 bulan. Buah-buahan yang belum dikupas bisa bertahan lebih lama. Buah akan lebih awet apabila disimpan di dalam freezer yang bersuhu konstan dan terus-menerus dalam keadaan beku.

Buah-buahan yang disimpan dengan benar bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama melebihi tanggal kadaluarsanya. Akan tetapi, sama seperti sayuran, buah-buahan yang dibekukan juga bisa mengalami penurunan kualitas rasa dan tekstur serta aroma.

Baca juga: Alasan Kenapa Kulkas 1 Pintu Ada Bunga Es Yang Sangat Banyak

Buah-buahan yang disimpan di dalam freezer dalam jangka waktu tertentu umumnya akan terasa hambar apabila warnanya berubah jadi kusam, berwarna putih seperti es, dan tampak beku.

Tips membekukan buah di dalam freezer

  • Ada baiknya buah-buahan dijadikan es krim atau produk makanan lain sebelum dibekukan di dalam freezer agar bisa langsung disajikan dalam keadaan beku
  • Buah-buahan yang dibekukan di dalam freezer sebaiknya disajikan dalam keadaan dingin agar cita rasanya tetap segar dan agar buah tersebut terasa kencang dan tidak lembek

Membekukan daging yang sudah dimasak

Umumnya, kita menyimpan daging dan ikan yang masih mentah di dalam freezer untuk kemudian dicairkan lalu dimasak. Sebenarnya, kita juga bisa membekukan ayam yang sudah dimasak. Anda bisa membekukan hampir semua jenis daging yang sudah dimasak. Akan tetapi ingat, semuanya harus dilakukan dengan cara yang benar dan aman.

Sebelum dibekukan, ayam harus dimasak hingga benar-benar matang lalu didinginkan di suhu ruangan. Ingat! jangan biarkan daging ayam berada di tempat terbuka selama lebih dari 2 jam. Daging yang sudah dimasak dan dibekukan sebaiknya tidak disimpan di dalam freezer lebih dari 3 atau 6 bulan.

Baca juga: 7+ Merk Kulkas yang Paling Direkomendasikan Karena Kelebihannya

Daging yang akan dibekukan sebaiknya diasinkan terlebih dahulu untuk menjaga agar tekstur atau rasanya tetap enak ketika dicairkan nanti.
Bagi Anda yang tertarik untuk membekukan daging ayam ikan atau daging sapi, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

  • Buang atau kurangi lemak pada daging sebelum dibekukan. Karena, lemak yang terlalu banyak bisa meningkatkan risiko bau pada daging sehingga dapat mengurangi selera makan. Lemak pada daging sebenarnya tidak membuatnya beresiko, sehingga tetap aman untuk dikonsumsi
  • Selalu cairkan daging yang sudah dibekukan secara perlahan dan aman. Cara mencairkan daging yang paling aman adalah dengan menempatkannya di dalam kulkas
  • Daging daging tersebut sebaiknya dicairkan dengan ditempatkan di rak paling bawah (bukan di laci sayuran) sehingga airnya tidak akan menetes ke makanan lain
  • Jangan langsung memasak ayam dari kondisi beku
  • Bungkus daging dengan benar atau simpan di dalam wadah yang tertutup

Berapa lama sebaiknya roti disimpan di dalam freezer?

Roti maupun kue kering bisa dibekukan di dalam freezer selama kurang lebih 3 bulan. Lebih dari itu, roti maupun kue kering akan mengalami penurunan kualitas rasa. Bagi Anda yang tertarik untuk membekukan roti di dalam freezer agar bisa bertahan lebih lama, ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Simpan roti atau kue di dalam wadah yang kedap udara dan aman lalu masukkan ke dalam freezer. Atau bisa juga disimpan dengan menggunakan kemasan aslinya
  • Jika Anda membuat roti sendiri, pastikan Anda mendinginkannya terlebih dahulu sebelum ditempatkan di dalam freezer. Hal ini berguna untuk mencegah agar roti tidak kembung dan berjamur
  • Roti yang dibungkus dengan menggunakan kertas atau film tipis biasanya sangat sulit untuk dibekukan. Oleh sebab itu, gantilah membungkus roti dengan menggunakan kontainer atau wadah berbahan plastik yang diformulasikan khusus untuk freezer
  • Saat akan dicairkan, singkirkan bunga-bunga es yang ada di dalam kemasan agar roti tidak lembek dan lepek

Cara membekukan telur mentah di dalam freezer

Telur mentah bisa dibekukan di dalam freezer dan bisa bertahan selama kurang lebih 12 bulan. Untuk membekukan telur mentah, telur harus dikeluarkan dari cangkangnya terlebih dahulu. Selain membekukannya secara bersamaan antara putih dan kuning telur, Anda juga bisa membekukannya secara terpisah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.