Beranda HVACR Fungsi Thermistor Pada AC, Otomatis Pengatur Suhu Ruangan

Fungsi Thermistor Pada AC, Otomatis Pengatur Suhu Ruangan

1398
31

Fungsi Thermistor AC Split – Anda seorang pengguna aktif mesin pendingin udara, tentu sudah asing lagi dengan alat yang satu ini. Namun ada juga sebagian dari konsumen yang belum mengetahuinya.

Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dari si pengguna tersebut. Mungkin karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya yang lain, atau memang tidak ingin tahu.

Memang kebanyakan orang hanya menginginkan AC nya selalu dingin, sampai-sampai lupa kapan terakhir kali di service atau di bersihkan. Padahal, intruksi dari pabrik pembuatnya, AC minimal harus dirawat service berkala 2 atau 3 bulan sekali.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Anda Harus Service AC Padahal Masih Dingin

Oleh karena itu, melalui artikel ini saya ingin menyampaikan informasi mengenai salah satu komponen pada unit AC. Yang mana komponen ini sebagai otomatis pengatur suhu pada Air Conditioner.

Alat tersebut bernama Thermistor, atau sering kita menyebutnya Thermise. Bagaimana sejarahnya thermistor ditemukan, dan bagaimana penerapannya pada mesin pendingin. Silahkan baca saja ulasan dari saya berikut ini sampai akhir.

Thermistor adalah gabungan dari 2 kata thermo yang artinya suhu, dan resistor atau pengukur tahanan. Dalam kata lain themistor adalah otomatis pengatur suhu. Penemu dari alat tersebut adalah seorang ilmuan yang bernama Samuel Ruben pada tahun 1930.

Jika pada unit AC, komponen ini letaknya di bagian indoor dan mempunyai socket penghubung ke bagian komponen PCB Modul, yang mana socket tersebut berbeda-beda ukurannya antara merk AC yang satu dengan yang lain.

…Bentuknya juga seperti itu, ada yang model single yaitu hanya memiliki satu fungsi otomatis yang menempel pada evaporator, dan juga model doble yang mempunyai 2 fungsi pengatur suhu dan udara.

Ukurannya pun tidak terlalu besar, yaitu sekitar 3,5 cm. Prinsipnya, apabila temperature atau suhu mengenai alat tersebut, maka akan menjadi suatu nilai tahanan.

Fungsi Thermistor AC pada alat pendingin

Thermistor memiliki peran sangat penting dalam unit AC Split, yaitu memiliki fungsi sebagai otomatis pengatur suhu ruangan. Cara kerjanya, jika suatu ruangan sudah mencapai suhu yang telah kita tentukan, maka thermistor ini akan mengirim signal ke PCB Modul untuk memutus arus listrik yang ke unit outdoor.

Dengan begitu, maka mesin kompresor akan beristirahat atau standby beberapa menit, kemudian Thermistor akan mengirim signal kembali untuk memerintahkan mesin kompresor hidup lagi setelah suhu ruangan mulai naik. Tentunya ini sangat bagus, karena dapat mencegah terjadinya panas berlebih ( over heating ) pada kompresor.

Baca Juga : Beberapa Penyebab Outdoor AC Mati dan Tidak Dingin

…Seperti contoh misalnya, kita mengatur suhu temperature pada remote control 20 derajat celcius, maka sesudah dingin ruangan mencapai suhu tersebut Kompresor akan mati. Kemudian akan nyala lagi setelah suhu kembali naik di atas 20 derajat celcus. Tentunya itu bisa terjadi karena peran dari pada Thermistor tersebut.

Sampai di sini saya kira sudah bisa dimengerti ya ? Oke, sekarang kita lanjut beberapa kemungkinan yang terjadi jika thermistor rusak dan tidak berfungsi.

Tentunya AC akan bermasalah, diantaranya AC akan mati hidup sendiri, tidak bisa di Remot, lampu timer berkedip-kedip, dan pada merk tertentu akan menimbulkan bunyi “tuling, tuling, tuling” seperti itu.

Penyebab Thermistor tersebut rusak bisa karena masa nya sudah habis dalam arti usia thermise sudah lama, dan juga bisa disebabkan terkena tegangan listrik yang berlebih.

Solusi jika terjadi kerusakan seperti di atas, apabila memungkinkan kita bisa meng-akali-nya dengan cara menjauhkan Thermistor udara atau sering dikenal mata kucing dari Evaporator.

Namun, jika hal tersebut tidak juga mengatasi masalah, mau tidak mau kita harus menggantinya dengan yang baru. Tentunya ini harus dengan tipe dan ukuran yang sama, terutama ukuran socket yang menghubungkan ke PCB Modul agar memudahkan kita dalam pemasangan-nya. Harga termistor juga bervariasi, tergantung dari mutu, tipe, ukuran dan merk AC tersebut.

Di atas adalah informasi dari fungsi Thermistor pada AC, serta bagaimana cara kerjanya di unit mesin pendingin. Sedikit yang bisa saya sampaikan, semoga saja bermanfaat dan bisa dengan mudah Anda pahami.

Kalau pun ternyata ada yang belum dimengerti, silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui komentar di bawah ini. Jangan lupa juga, share tulisan ini ke beberapa teman sosial media Anda, agar mereka juga tahu sedikit tentang pendingin udara. Terima kasih

(Rh/DsA)

31 KOMENTAR

  1. Smat pagi gan, tolong info, electrik termister mobil sy tidak terhubung ke comp dan extra fan, bingung cara nyambungnya, trims, sekedar tambahan sy oengguna lancer th 90 dohc gti 16 v mesin 4g61.

    • Mnurdin # Pagi juga, sebelumnya mohon maaf mas, kalo untuk mobil kami kurang begitu paham ya mas, kalo kami untuk AC rumah, perkantoran, apartemen, dll ya mas. Tks

  2. Kalo ac udh dsetel suhu tertentu tp di remot ac tmpratur msh tidak sesuai dgn shu yg dstel knp y?apa thermistor nya?

    • Mas Sarwo Budi # mohon maaf untuk merk AC nya apa ya mas ? ada merk AC tertentu biasanya itu suhu ruangan mas, jadi misalnya di remote udah mas stel 18″C tapi di display sensornya temperaturnya 23″c, nah 23″c itu suhu di ruangan ya mas, nanti dia akan turun sendiri sampai 18″c mas.
      semoga dapat membantu dan terima kasih.

  3. sore bro, tolong infonya mengenai thermostat ac rumah, mengenai sistem kerja ac apakah benar apabila pintu ruangan di buka kompresor ac hidup terus selama pintu ruangan tersebut belum ditutup kembali ?

    • baik mas ryno, tidak nyala terus mas, tapi kompresor AC akan mati karena kepanasan apabila ruangan nya terlalu lebar misalnya pintu di buka terus. Jadi gini, pada AC terdapat thermise otomatis suhu, jadi apabila mas ryno stel pada remote AC 18″c, maka apabila suhu ruangan sudah mencapai 18″c, themise tsb akan memutus arus listrik dari indoor ke outdoor dan kompresor akan mati / stanby, dan apabila suhu ruangan naik lagi, thermise otomatis tsb akan mengirim sinyal ke outdoor utk bekerja kembali. jadi apabila ruangan tsb terlalu lebar, tentu akan lama juga kan AC untuk mencapai suhu 18″c, maka mesin akan nyala terus dan apabila kompresor nyala terus tentu akan kepanasan, dan overload yang ada pada kompresor akan memutuskan arus dan kompresor akan mati, dan bisa nyala kembali apabila kompresor sudah dingin. Inti nya. ” apabila ruangan terlalu lebar daripada ukuran AC, maka dingin pada ruangan tsb tidak akan bisa maximal, dan memaksakan kerja kompresor AC”
      semoga dapat membantu dan terima kasih.

  4. Pak, mau tnya. AC sy samsung 1/2pk. Listrik rmh 900watt. Awal d nylakan outdoor blm ikut nyala. Bbrp saat kmdian, saat ada perintah dr indoor buat nylakan outdoor, AC malah restart. Shg mulai dr awal lgi, yaitu indoor nyala, tp outdoor blm nyala..spt itu berulang terus shg, ruang tdk bisa dingin (krn outdoor tdk mau nyala baik kipas maupun kompresornya). Apa thermise otomatis ada masalah ya pak….trima kasih sblmnya.

    • Budi # kalo mati nya beserta sama kipas outdoornya itu bisa dari thermise otomatisnya atau juga bisa dari modul nya ya pak.
      terima kasih sudah berkunjung dan semoga dapat membantu.

  5. Pak, mau tanya..ac saya merk midea, tidak dingin. Kemungkinan di sebabkan kipas outdoor yg berputar hanya sebentar kemudian mati. Mohon solusinya? Terima kasih

    • Ketut # maaf sebelumnya, kipas outdoor nyala sebentar terus mati itu berserta sama mesin kompresor nya apa cuma kipasnya saja ya mas ?
      kalo beserta kompresornya, itu bisa jadi karena mesin cepat stanby, dan kalo cuma kipasnya saja, bisa jadi itu karena kapasitor fan nya lemah mas.
      terima kasih sudah berkunjung, dan semoga dapat membantu.

  6. Numpang nanya pak, AC saya sharp 3/4, udh di cuci dan nambah freon. Saya buka di suhu 20○, kadang dingin, kadang ga dingin itu kenapa ya? Trs untuk fan speed di remote ke full speed juga ga begitu kencang keluar anginnya. Mohon petunjuknya.

    • Anton # kalo AC kadang dingin kadang enggak biasanya itu karena mesin sering stanby yan mas, dan kalo fan tidak bisa speed itu bisa karena kotor, kapasitor / motor fan nya itu lemah mas.
      terima kasih atas kunjungannya, dan semoga dapat membantu.

  7. Mas mau tanya , ac merk panasonic saya indor nyala outdorrnya mati , itu apa karna thermise nya ya mas? Terus display timer d indor kedip2 wwalaupun ac udah di off in itu kira2 masalahnya apa ya mas #terimakasih

    • Arbimb # berdasarkan dari cerita mas, itu bisa dari thermise nya ya mas. Namun, untuk mengetahui lebih pastinya, coba mas bisa panggil teknisi AC yang sudah ahlinya.
      semoga dapat membantu.

  8. pak, mau tanya. ac sy merk panasonic, bila di nyalakan hanya beberapa detik lalu ac mati lagi. mohon solusinya

    • Nita # bisa juga kok mbak, karena apabila AC di nyalakan beberapa detik trus mati merupakan salah satu tanda thermise eror. Namun, untuk mengetahui lebih pastinya, mbak nita bisa panggil teknisi AC yang sudah ahlinya ya mbak.
      terima kasih sudah berkunjung, dan semoga dapat membantu.

      • Mas mau tanya, Ac saya merk Sharp 3/4 pk. Saat indoor dinyalakan setelah ngga berapa lama hidup, outdoor langsung mati. Tetapi kipas outdoor tetap mutar dan suara mesin dr outdoor mati. Sehingga tidak dingin. Apakah dr kondensornya atau thermistornya. Mohon bantuanya terima kasih

        • Harif # kalo berdasarkan cerita dari mas, itu bukan dari thermistor atau kondensor ya mas, itu karena kompresor tersebut ampere nya udah tinggi / lemah. atau bisa juga dari kapasitor nya mas, jadi untuk lebih tahu pasti kerusakannya, coba mas minta tolong teknisi AC yang udah handal dan profesional untuk pengecekan ya mas. dan apabila kebetulan mas Harif tinggal di jakarta selatan, bisa menggunakan jasa dari kami yaitu DutaserviceAC.com.
          Terima kasih semoga dapat membantu ya mas.

  9. Kebetulan nih sedang membahas thermistor,saya mau tanya pak ?
    Ac saya gk mau berhenti ketika saya setting temp. 27 C padahal suhu ruangan sudah dingin nunjuk 20 C pada temp.digital(temporary), kira-kira apanya ya pak ???terimah kasih…

    • Adi # sebelumnya kami ucapkan atas kunjungannya mas.
      baik, untuk masalah tsb, apa mas udah cek thermistor nya ya mas, karena yang mengatur kapan mesin stunby / mati ketika suhu ruangan sudah mencapai suhu yang di inginkan itu thermistor otomatis itu ya mas.
      semoga dapat membantu, dan terima kasih atas kunjungannya mas.

  10. Numpang tanya gan. Ac saya merk lg Hercules 1 pk. Kompresornya cuma nyala sbentar trus mati, tapi kipas outdoor ttp nyala. Mslhnya apa ya??

    • Hendar # kalo mesin nyala sebentar trus mati, tapi kipas masih nyala itu biasanya di sebabkan kompresor / mesin tersebut ampere / kekuatan mesin nya udah tinggi melebihi batas maximun ya mas.
      terima kasih atas kunjungannya dan semoga dapat membantu.

  11. Kalo termistor nya di lepas aja gimana ?

    • Kalo thermistor di lepas, AC tidak akan bisa stunby dong Mas setelah mencapai dingin yang di inginkan. dan kompresor bisa cepat rusak, dan ada merk tertentu kalo thermistor di lepas AC tidak bisa di nyalakan Mas.

  12. Maaf gan mau tanya kalau ac panasonic econav saya ini lampunya kedap kedip sendiri dan kadang2 ac nya mati sendiri padahal timernya gak pernah di gunakan dan suhu ruangan tidak dingin seperti biasanya udh 4 hari..saya beli baru 2 bulan..kira2 apanya ya gan

  13. Permisi Pak, saya mohon bantuan Bpk utk identifikasi masalah pd AC saya..
    AC saya merk LG, kira2 usianya 2.5-3 thn, kadangkala tidak ada masalah dan dingin,, tapi yg jd masalah, kadangkala unit indoor & outdoor mati/istirahat (spt sudah mencapai suhu yg diinginkan) lalu ada suara air dr unit indoor, kadang suara keras (mungkin spt es), saat mati/istirahat,, kemudian ngga lama nyala lagi dan bgitu sterusnya setiap skitar 1-3 menit. Saat sedang nyala, AC mengeluarkan udara dingin, tapi krn sering mati/istirahat, jadi saya matikan krn tkt makin rusak..
    Saya service kira2 2 bulan lalu dan 2 bulan sblmnya lg, org yg service mengatakan kl AC kotor dan kurang freon, kemungkinan ada bocor halus, kemudian dicuci & menyarankan saya utk panggil dia lagi utk cek kebocoran (dan hal ini pernah tjd pd AC kamar kakak saya, yg smp skrg dia tdk tahu permasalahannya, hanya menyarankan utk ganti AC & jgn beli LG lg,, jd sy agak ragu utk pgl dia lagi) sedangkan tdk pernah sy lihat dia cek ampere atau cek thermistor, hanya cek tekanan freon sj.
    Menurut Bpk, AC itu knp,, thermistor rusak/sudah mau rusak, atau ampere tinggi, atau kurang freon (tp tidak ada bau spt ac kurang freon), atau kompresor rusak, atau mmg kotor dan mungkin bocor halus?
    Terima kasih 🙂 maaf panjang penjelasannya..

    • Chika # Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya mbak chika 🙂
      Kalo berdasarkan dari cerita Mbak Chika, itu memang harus di cek di lapangan ya Mbak untuk lebih tahu kerusakan pastinya pada AC mbak Chika, karena biasanya teori pun beda dengan kerusakan yang terjadi di lapangan. Kalo saya saranin mending Mbak Chika panggil teknisi AC yang sudah handal dan ahli untuk lebih tahu kerusakan pastinya. Dan kalo Mbak Chika kebetulan bertempat tinggal di daerah Jakarta Selatan, Mbak bisa pakai jasa dari Dutaserviceac.com dengan cara hubungi Contact Service kami ya Mbak.
      semoga dapat membantu dan terima kasih.

      • Terima kasih reply nya, Pak.. Apakah DutaServiceAC.com bisa sampai ke Cengkareng?

        • sama-sama Mbak Chika,
          Waduh mohon maaf kalo kami belum sampai ke cengkareng ya Mbak, Kami cuma ada di Jakarta Selatan saja ya Mbak Chika.

  14. Indoor AC Hidup, Tetapi Outdoor Mati | SANSOL TEKNIK

    […] suhu sesuai dengan yang kita setting pada remote. Dalam hal ini sudah saya bahas pada artikel fungsi thermistor pada AC, sobat bisa baca dan pelajari pada artikel […]

Comments are closed.