Pipa AC Berembun, Apakah Berbahaya? Simak Berikut ini!

Pipa AC berembun mungkin sering kita jumpai di lapangan, bisa dibilang itu adalah sebuah hal yang lumrah pada unit mesin pendingin. Namun jika embun tersebut berupa air yang tidak sewajarnya, sehingga menetes ke lantai dengan volume yang cukup banyak tentu akan menjadi masalah.

Pasalnya lantai menjadi berair dan tentu ini akan menambah kerjaan anda karena harus bolak-balik mengepelnya, sangat menjengkelkan bukan ?. Sebagai pengguna kita harus cerdas dan tahu kenapa pipa AC bisa berembun.

Sehingga jika hal tersebut terjadi pada unit AC yang anda miliki, anda tidak gampang panik. Seperti yang di alami salah seorang yang menghubungi saya beberapa waktu lalu. Beliau menyampaikan tentang keluhannya mengenai pipa AC dirumahnya berembun.

…dari situ, muncul ide saya untuk menulis ulasan mengenai pipa AC berembun ini. Dengan adanya tulisan ini, semoga pembaca tahu apa penyebabnya dan bahaya atau tidakkah ?. Langsung saja kita mulai pembahasannya.

Penyebab pipa AC berembun…

Pipa AC berembun biasanya disebabkan karena proses pendingan dari AC itu sendiri. Mesin Compressor berfungsi merubah suatu tekanan dari tekanan rendah ke tekanan tinggi dengan bantuan bahan pendingin yaitu gas refrigerant.

Baca Juga : Daftar Merk Pipa Untuk AC Inverter Yang Bagus Standard SNI, Recomended!

Sehingga terciptalah suhu temperature yang begitu rendah, yaitu suhu dingin. Jika suatu benda terkena suhu yang rendah, tentu akan keluar bintik-bintik air seperti embun. Jadi wajar jika pipa AC mengeluarkan air atau berempun apabila AC tersebut sedang beroperasi.

Oleh karena itu, pipa AC dibungkus menggunakan semacam spon berkualitas yang sering di kenal dengan nama Amarplex. Tujuannya agar air yang keluar dari pipa tersebut terserap oleh spon pembungkus pipa itu tadi, sehingga air tidak membasahi atau mengotori tembok maupun plafon yang dilewati instalasi pipa AC.

Jika anda memperhatikan pipa yang di dekat unit outdoor, pasti embun air tersebut akan kelihatan. Walaupun ada juga yang tidak kelihatan, namun pada dasarnya jika kita pegang pipa tersebut pasti terasa dingin.

…dan entah di bagian pipa mana, mungkin pada bagian pipa yang terbungkus Amarplex akan terjadi pengembunan.

Lain lagi ceritanya jika air embun tersebut keluar sampai ke luar pembungkus pipa sehingga menyebabkan AC bocor netes air. Hal ini namanya kondensasi, yang mana biasanya disebabkan oleh kondisi pembungkus pipa sudah tidak mampu menyerap air, atau karena pemakaian dalam waktu yang sudah cukup lama.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mencegah AC Bocor Netes Air Dengan Mudah

Jika hal tersebut terjadi, solusinya kita harus mengganti pembungkus pipa tersebut dengan yang baru. Jika kondisi pipa masih layak pakai, bisa cukup di ganti pembungkusnya saja. Namun jika pipa juga sudah kurang bagus atau mengalami korosi, sebaiknya di ganti berserta pipanya sekalian.

Bahaya atau tidak ?

Tentu saja tidak, karena proses mesin pendingin yang sedang beroperasi pasti akan mengalami seperti itu. Hal ini juga menandakan bahwa AC tersebut normal dan mesin Compressor bekerja dengan sangat bagus.

Kesimpulannya, setiap mesin pendingin baik AC maupun kulkas pasti akan seperti itu. Jadi anda tidak perlu panik jika pipa AC di tempat anda berembun. dan sekali lagi hal tersebut tidak berbahaya, hanya saja sedikit menjengkelkan jika air embun yang keluar dalam volume tidak sewajarnya ( kondensasi ) sehingga memerlukan perbaikan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.