Beranda Review 5 Daftar Pipa AC Terbaik di Indonesia Untuk Teknologi Inverter

5 Daftar Pipa AC Terbaik di Indonesia Untuk Teknologi Inverter

949
0

Baik pengguna atau pun Praktisi, memilih jenis pipa AC terbaik tentu sangat disarankan sebelum memutuskan untuk meng-instal mesin pendingin ruangan. Karena, jika saja terjadi salah dalam menentukan jenis pipa apa yang bagus, dapat menyebabkan dua kali kerja.

Misalnya, salah memilih jenis pipa kemudian mengakibatkan kebocoran freon, mungkin karena ketebalan pipa tersebut tidak sesuai. Tentu hal ini dapat merugikan Anda sendiri, bukan ? bisa rugi materi dan juga waktu tenaga.

Terlebih untuk semua brand pembuat AC sekarang sudah menggunakan jenis freon R32 dan R410a sebagai bahan pendingin AC buatannya. Di mana jenis freon tersebut memiliki daya tekanan yang sangat kuat dibanding jenis freon pendahulunya, yakni R22.

Baca Juga : Perbedaan Refrigerant ( freon ) R22, R32, dan R410a

Oleh karena itu, menentukan jenis pipa apa yang cocok untuk AC Anda juga tidak kalah penting. Ketebalan pipa dan juga seberapa panjangnya pun juga harus Anda pikirkan matang – matang.

Kabar baiknya, melalui tulisan ini saya juga ingin berbagai beberapa jenis atau merk pipa AC terbaik yang cocok untuk AC yang menggunakan freon R32 dan R410a. Apa yang akan saya sampaikan berikut ini juga berdasarkan pengalaman pribadi dan juga cerita dari sesama Praktisi Pendingin.

..dan langsung saja, berikut beberapa jenis pipa AC terbaik yang sudah banyak digunakan oleh pengguna AC di Indonesia, dan sanga recomended untuk AC yang sudah mendukung teknologi Inverter.

1. Pipa AC Nippon Stell

Pipa AC ini mulai dikenal dan beredar dipasaran mulai tahun 2015 silam, yakni bersamaan dengan keluarnya produk – produk AC yang menggunakan freon R32 dan R410a.

Nippon Stell adalah salah satu brand pipa AC cocok untuk digunakan instalasi AC yang memakai jenis freon R32 atau R410a. Pasalnya, dari segi ketebalan dan bahan masuk dalam kategori standard untuk jenis freon tersebut.

Standard-nya, untuk jenis freon R32 dan R410a harus memiliki ketebalan minimal 0,6 mm, sedangkan pipa AC Nippon Stell ( NS ) sendiri sudah memiliki ketebalan 0,7 mm. Tentu ini sangat bagus dan direkomendasikan untuk digunakan.

Sayangnya, merk pipa ini masih jarang kita temukan dipasaran, karena mungkin masyarakat masih belum banyak yang tahu dan menggunakannya. Saya sendiri juga sudah pernah untuk mencarinya ke distributor-distributor pipa AC, tapi juga jarang menemukannya.

2. Pipa AC Tateyama

Pipa AC ini sudah dikenal banyak oleh masyarakat Indonesia, bahkan standard brand AC Daikin pun kebanyakan juga menggunakan pipa AC ini. Pipa AC ini juga memiliki ketebalan yang cukup, sehingga dapat diaplikasikan untuk AC yang menggunakan freon baik R22, R32 atau R410a.

Pipa AC Tateyama juga pipa set berkualitas tinggi, dan dirancang untuk digunakan sistem pendingin udara / Air Conditioner. Di buat dengan standard Jepang, yakni Japanese Standard JIS H3300 C1220AT dan Standard ASTM b280.

Pipa ini pun juga mampu untuk digunakan aplikasi freon R407c, karena sudah dilapisi dengan Closed Cell Croslinked Polyurethane Foam, di mana ini dipercaya memberi daya tahan lebih lama terhadap sinar matahari.

…sedangkan ketebalan yang dimikikinya, yakni mulai dari 0,60 mm hingga 0,80 mm.

3. Pipa AC Hoda

Pipa Tembaga merk Hoda juga sering digunakan untuk instalasi AC di toko, rumah tinggal, perkantoran, bahkan di pabrik – pabrik pun juga sering menggunakan merk pipa Hoda untuk instalasi AC-nya.

Pipa Hoda juga merupakan pipa set, di mana sudah dilengkapi dengan busa pembungkus, sehingga penggunakannya pun sangat mudah.

…selain itu, juga mudah dibengkoknya namun tidak sampai patah. Sehingga untuk jalur instalasi yang memerlukan belokan pun, Teknisi cukup mudah untuk merapikannya.

Pipa set untuk ukuran 1/4 x 3/8 dengan panjang 30 meter, yakni untuk kapasitas AC 0,5 sampai 1 PK. Pipa AC ini juga memenuhi Standad Jepang, yakni JIS H3300 C1220AT, sehingga dapat digunakan untuk jenis freon R32 maupun R410a.

4. Pipa AC Artic

Pipa AC merk Artic adalah pipa pair set yang sering digunakan untuk sistem pendingin jenis Split Mount Wall atau AC model Split. Artic juga merupakan jenis pipa yang paling laris dipasaran, karena dari segi harga juga cukup terjangkau, namun sudah standard untuk aplikasi AC Split.

Ketangguhannya dari produk ini juga sudah teruji, di mana pipa ini juga sudah dilengkapi insulasi bawaan yang umumnya berwarna putih. Insulasi bertujuan agar pipa tidak mengalami kondensasi, yang mana dapat mengakibatkan bocor air.

Baca Juga : Cara Mencegah Indoor AC Split Bocor Netes Air

Pipa ini berjenis Annealed, yakni mudah di flaring untuk penyambungan. Pipa set Artic untuk kapasitas AC 0,5 sampai 2 PK memiliki panjang 30 meter, sedangkan untuk AC berkapasitas 2 sampai 6 PK memiliki panjang 15 meter.

5. Pipa AC Sankyo

Walau pun tergolong baru, pipa AC merk Sankyo ini juga merupakan salah satu rekomendasi daftar pipa AC terbaik saat ini. Pasalnya, pipa ini juga sudah memiliki ketebalan yang standard untuk AC yang memakai freon R32 dan R410.

Mungkin ini juga pipa rekomendasi untuk Anda yang memiliki budget tidak terlalu banyak, karena harganya yang relatif terjangkau ketimbang dari merk pipa AC lainnya. Walau demikian, kualitasnya juga bagus dan tidak kalah dengan ke empat merk pipa AC di atas.

Namun, jika Anda mencari pipa yang paling bagus, tentu saya sangat merekomendasikan Nippon Stell, Tateyama, dan Hoda.

Baca Juga : Ingin Membeli AC, Perhatikan 7 Hal Ini Agar Tidak Salah Pilih

Demikianlah 5 daftar pipa AC terbaik versi dari saya, yang mana ini menurut penilaian dan pengalaman saya. Tentu juga akan berbeda dengan penilaian Anda, oleh karena itu silahkan tinggalkan komentar di bawah pipa AC merk apa yang sedang Anda gunakan saat ini.

(Rh/DsA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.