Ingin Membeli AC, Pertimbangkan 7 Hal Ini Agar Tidak Salah Pilih

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, suhu udara di perkotaan terasa lebih panas dibandingkan di wilayah pedesaan. Kondisi ini membuat pemakaian produk pendingin ruangan adalah hal yang lumrah terjadi.

Namun, beberapa orang sering membeli AC tanpa pertimbangan yang baik sehingga tidak sesuai kebutuhan atau bahkan mengecewakan.

Dahulu, kita hanya mengenal fungsi AC yaitu sekedar mendinginkan ruangan, menyerap debu dan kotoran melalui filternya. Namun, produk AC saat ini memiliki nilai plus serta fungsi lain salah satunya adalah membunuh kuman dan bakteri.

Oleh karena itu, beberapa hal penting mengenai spesifikasi AC seharusnya kita ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli pendingin ruangan. Ini membantu Anda mendapatkan AC yang sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli AC.

1. Pilihlah AC yang Hemat Daya

Kebanyakan orang masih tergiur AC dengan harga murah dan mengabaikan spesifikasi watt yang ada di dalam AC. Padahal mengetahui spesifikasi sangat penting supaya kita bisa memperkirakan besaran biaya untuk pemakaian maupun perawatan kedepannya.

Apalagi sekarang sudah banyak produsen AC yang mempromosikan produknya dengan klaim low watt nya. Meski AC dengan low watt, tentunya tidak berpengaruh pada kinerjanya dalam mendinginkan ruangan.

Salah satu teknologi yang digunakan pada AC low watt adalah adanya fitur inverter. Kelebihan dengan adanya teknologi ini adalah untuk mendinginkan ruang tidak memerlukan waktu yang lama.

Baca Juga : Kenali Keunggulan dan Kekurangan Tipe AC Inverter

Kemudian, dibandingkan dengan AC yang lain tarikan pertama listrik pada AC yang memiliki fitur ini juga lebih rendah.

2. Pertimbangkan dampak AC untuk kesehatan

Perkembangan zaman semakin canggih, terutama mengenai teknologi dalam bidang apapun. Begitu juga dengan AC. Alat pendingin ruangan ini semakin hari semakin mempertimbangkan berbagai aspek kehidupan.

Salah satu pertimbangan sebelum menggunakan AC adalah dilihat dari aspek kesehatan.
Dewasa ini, beberapa produsen AC telah melengkapi produknya dengan teknologi Plasma cluster.

Baca Juga : AC Sharp Plasmacluster, Apa Keunggulanannya?

Inovasi ini meng-klaim dapat membunuh bakteri dan virus yang berada di dalam ruangan. Tentu hal ini sesuai bagi Anda yang mengutamakan kesehatan di dalam rumah. Jadi, meskipun AC dengan plasma cluster memiliki harga lebih mahal, Anda bisa mempertimbangkan kembali untuk memilih AC ini.

3. Luas Ruangan

Sebelum membeli AC, perhatikan ukuran ruangan yang nantinya akan Anda pasang alat pendingin. Ukuran kamar tidur tentu berbeda penggunaannya dengan ruang tamu.

Baca Juga : Tips Menghitung Kapasitas AC Agar Sesuai Dengan Kebutuhan

Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada ukuran PK agar suhu dingin dari AC dapat tersebar merata di seluruh ruangan.

4. Pilih Jenis AC Sesuai Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli AC, pastikan terlebih dahulu merk apa yang akan dibeli. Itu penting agar AC yang dibeli lebih efektif dan efisien. Ada beberapa jenis AC yang ada di pasaran yaitu jenis AC central, AC split atau AC jenis standar.

Baca Juga : Mengenal Tipe AC Standard, Low Watt, dan Inverter, Pilih yang Mana?

Jika AC central berfungsi untuk mendinginkan seluruh ruangan dengan ukuran yang lebih luas. Maka AC split untuk mendinginkan ruangan dengan luas yang terbatas.

5. Sesuaikan Budget

Nah, sebelum pergi ke toko elektronik untuk membeli AC harga termurah, ada baiknya untuk melihat dan mencari AC dengan spesifikasi dan harga yang sesuai budget. Hal ini supaya ketika sampai di toko elektronik, sudah ada gambaran AC mana yang akan dibeli.

Selain itu, Anda juga tidak memerlukan waktu yang lebih lama untuk benar – benar memutuskan membeli AC merk apa nantinya.

6. Beli AC Merk Terpercaya

Beragam merek AC yang berada dipasaran kadang membuat bingung pembeli. Namun, dengan beberapa merek terkenal tentu kualitas jelas lebih terpercaya. Maka Anda tidak perlu bingung lagi ketika memilih merek. Bandingkan sesuai kebutuhan dan budget.

Selain lebih terpercaya, dalam hal garansi, AC dengan merk yang terkenal juga tidak akan mempersulit proses klaim jika barang yang terima bermasalah dikemudian hari.

7. Garansi Service

Tentu saja hal yang paling penting sebelum membeli AC adalah garansi servicenya. Dengan garansi Anda akan memperoleh keuntungan dalam perawatan produk elektronik.

…Anda bisa memilih masa garansi yang tiga tahun. Jika ada masa garansi sampai lima tahun akan lebih baik untuk diambil. Terlebih saat ini beberapa merek AC menawarkan golden warranty.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk membeli AC. Semoga membantu Anda menemukan AC terbaik yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.