Beranda HVACR Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter

Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter

8978
2

Dutaserviceac.com – Hallo kawan-kawan, apa kabarnya ? Tahukah Anda apa itu AC inverter ? Kali ini Admin akan mencoba menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan AC Inverter berdasarkan dari penggalaman saya di lapangan.

Oke langsung saja, Apa itu pengertian inverter ? Inverter merupakan inovasi AC yang lebih smart. AC inverter di lengkapi dengan komponen yang mengatur kerja kompresor sesuai dengan kebutuhan.

Dalam AC (Air Conditioner), Inverter berarti teknologi yang di gunakan untuk mengontrol kecepatan motor kompresor untuk mendorong aliran refrigerant variable dalam system AC guna mengatur suhu ruangan supaya lebih stabil.

Selain itu, AC Inverter juga di lengkapi dengan variable frequancy menggabungkan inverter listrik yang dapat di sesuaikan untuk mengontrol kecepatan motor kompresor sehingga dapat menghemat daya listrik.

Baca Juga: Perbedaan Refrigerant Freon R32 R22 dan R410A

Teknologi inverter terintegrasi pada unit outdoor, itu karena kecepatan motornya mampu di kontrol secara halus di berbagi tingkat. AC Inverter mempergunakan jenis freon R410a, namun ada juga yang menggunakan jenis freon R32.

..Selain di anggap ramah lingkungan, ternyata kedua jenis freon tersebut juga friendly ozone atau tidak mudah merusak lapisan ozone.

Oleh karena itu, harga AC inverter mempunyai harga yang agak lebih mahal di bandingkan dengan AC konvensional atau AC non inverter.

Dari mengetahui pengertian di atas, lalu apa saja kelebihan dan kekurangan AC inverter tersebut ? Oke langsung saja, ini penjelasannya.

Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter

Kelebihan AC Inverter

  • Dingin lebih nyaman.
  • Hemat listrik.
  • Sudah menggunakan freon R410a yang friendly ozone dan termasuk jenis freon yang di rekomendasikan pemerintah untuk saat ini.
  • Suara kompresor lebih halus, sehingga rama lingkungan.

Kekurangan AC Inverter

  • Harganya lebih mahal.
  • Biaya perawatan mahal.
  • Tidak ada proses idle atau stunby sehingga kompresor bekerja terus, tapi mungkin akan berputar lebih lambat apabila sudah mencapai suhu yang di tentukan.
  • Harga sparepart dan freon mahal.

Kesimpulan

“Pilih inverter jika : Ingin hemat listrik, Ruangan tertutup, Tidak terlalu cepat dingin”

Karena AC Inverter menggunakan freon R410a dan tekanan lebih kuat, di sarankan untuk menggunakan pipa yang lebih tebal dari pipa AC konvensional atau AC non inverter.

Jadi, Apabila sekarang Anda menggunakan AC non inverter, dan ingin berganti dengan AC inverter, terpaksa Anda harus membongkar pipa atau instalasinya, dan di ganti dengan pipa yang lebih tebal.

Baca Juga: Benarkah AC Inverter Hemat Listrik Dibanding AC Konvensional

Oke, ,sekian dulu artikel tentang kelebihan dan kekurangan AC Inverter dari kami, semoga dapat membantu dan refrensi buat Anda yang ingin membeli atau ingin berganti AC Inverter.

Apabila ada yang belum jelas, bisa Anda tanyakan di kolom komentar di bawah ini, jangan lupa subscribe untuk berlangganan artikel menarik lainnya, dan bagikan jika bermanfaat. Bye. . .

#SalamDingin

2 KOMENTAR

  1. Selamat siang min mau tnya sya kan punya AC inverter Gree F1 yg 1 pk sya setel suhu remote pertama 28 fan nya auto trus dpt 20 menit sya turunin suhu remote nya ke 27 fan nya msh sma auto juga dan stelah itu udh menetap sprti ini suhu remote dan juga fan nya smpe pagi dan lalu sya matiin AC nya pemakaian 13 jam perhari di nyalahin stiap hri dri mlm smpe pagi kira2 yg sya lakukan ini apakah sudah tepat penggunaan AC jenis inverter sya dan apakah sudah hemat listrik krna sya setel suhu dan fan nya sprti itu udh lumayan dingin buat kmr tdr sya yg ukurannya hnya 5×3 terimakasih min

    • Pada dasarnya teknologi inverter dibuat agar unit bekerja sesuai kebutuhan, sehingga dapat menghemat penggunaan listrik. Mau kita set pada suhu berapa pun, dia akan menyesuaikan sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.