Beranda Plumbing 7 Rekomendasi Pompa Air Terbaik yang Murah dan Berkualitas

7 Rekomendasi Pompa Air Terbaik yang Murah dan Berkualitas

73
0

Pompa air terbaik tidak selalu dilihat dari keawetan atau daya tahannya saja melainkan, perlu juga dilihat dari berbagai faktor lain. Sehingga, pompa air tersebut benar-benar bisa memenuhi kebutuhan. Untuk urusan keawetan dan daya tahan, rata-rata mesin pompa modern cukup awet dan bisa diandalkan hingga bertahun-tahun.

Walau demikian, intensitas penggunaan, karakter pengguna, serta perawatan juga sangat mempengaruhi keawetannya.

Untuk mendapatkan sebuah pompa air terbaik, kami mencoba memilih berdasarkan garansi, harga, tingkat kebisingan yang dihasilkan, kekuatan semburan (laju aliran air), ukuran saluran masuk, hingga layanan servis yang disediakan oleh masing-masing produsen.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Memilih Pompa Air Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Namun sebelum kita membahas 7 rekomendasi pompa air terbaik yang harganya murah tapi berkualitas, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips beli pompa air terbaik berikut ini agar tak salah pilih.

Tips membeli pompa air terbaik

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Ada banyak jenis pompa air yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Mulai dari pompa air untuk sumur dangkal atau sumur dalam, kemudian pompa juga bisa dibedakan berdasarkan jenisnya apakah itu otomatis atau non-auto.

Yang dimaksudkan dengan sumur dalam adalah sebuah sumur galian maupun bor yang kedalamannya mencapai lebih dari 10 m. Sumur dalam sendiri biasanya ada yang mencapai 100 meter lebih, sehingga membutuhkan pompa khusus untuk bisa menyedot air ke atas.

2. Pilih pompa berdasarkan jenisnya

Selain mengidentifikasi kedalaman sumur, Anda juga perlu mempertimbangkan fitur yang tersedia. Sebuah pompa air otomatis akan memudahkan Anda dalam penggunaan sehari-hari tanpa perlu bolak-balik menghidupkan saklar setiap kali membutuhkan air.

Sebaliknya, pompa non-otomatis sekalipun harganya murah namun cukup merepotkan karena setiap kali membutuhkan air kita perlu menghidupkan saklar terlebih dahulu.

Baca Juga: Masalah Umum Pada Pompa Air dan Cara Mengatasinya

Walau demikian, pompa non-auto akan sangat cocok untuk dibeli apabila Anda memiliki tandon air. Karena pompa hanya akan dihidupkan sekali waktu untuk mengisi tandon saja.

3. Hemat Energi

Tidak semua rumah menyediakan daya listrik yang besar. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan besarnya daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin pompa air sebelum membeli.

Selain melihat daya yang tersedia, Anda juga perlu mempertimbangkan home appliance atau peralatan elektronik rumah tangga lainnya yang menggunakan listrik, yang mungkin saja hidup secara bersamaan. Sehingga, sisa daya listrik yang tersedia jadi sangat terbatas.

4. Tingkat kebisingan atau suara

Seringkali tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh pompa air bukan menjadi patokan dalam membeli. Namun, jika Anda berniat untuk meletakkan pompa air di dalam rumah, maka mempertimbangkan sebuah pompa air yang tidak berisik akan terasa sangat bijak.

5. Garansi

Membeli mesin air tanpa ada pengalaman sama halnya dengan membeli kucing dalam karung. Untuk menghindari agar Anda tidak salah beli, ada baiknya Anda mempertimbangkan sebuah mesin pompa air yang ditawarkan dengan garansi paling lama. Ini merupakan cara termudah untuk mengetahui daya tahan dari pompa tersebut.

Rekomendasi 7 pompa air terbaik yang murah dan berkualitas

1. Pompa air sumur dangkal

  • Shimizu PS 128 BIT. Harga pompa air non-otomatis ini hanya Rp400.000. Di samping komponennya berkualitas tinggi, pompa air merk Shimizu juga terkenal tangguh karena dilengkapi circuit breaker yang tahan panas dan awet. Pompa ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 125 watt untuk menghasilkan daya hisap hingga 9 meter dan daya dorong hingga 24 meter dengan debit air sekitar 34 liter per menit.
  • Shimizu 135 E, adalah pilihan pompa air otomatis yang dilengkapi dengan tabung dan diperuntukkan untuk sumur dangkal ataupun air PAM. Pompa ini bisa menghisap air hingga kedalaman maksimal 9 meter dan mendorong hingga maksimal 33 meter. Daya listrik yang dibutuhkan sekitar 125 watt. Harga pompa air Shimizu ini kurang lebih Rp500 ribuan.

Baca Juga: Penyebab Pompa Air Nyetrum dan Cara Paling Jitu Mengatasinya

  • Panasonic GA 126 JAK. Mesin pompa air berkualitas dan murah lainnya adalah Panasonic GA 126 JAK yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 500 ribuan. Pompa air otomatis ini daya hisapnya maksimal hingga 9 meter dengan dorongan maksimal hingga 27 meter. Adapun kapasitas maksimum air per liter yang bisa dialirkan sekitar 30 liter per menit. Sebagai salah satu pompa air terbaik, Panasonic GA 126 JAK yang menggunakan teknologi Jepang mampu bekerja 100 jam nonstop dan telah lulus uji standar nasional.

2. Pompa air sumur dalam

  • San Ei 370. Harga pompa air ini dijual dengan harga rata-rata sekitar 1,3 jutaan. Pompa air ini maksimal mampu menjangkau air yang berada di kedalaman 40 meter. Kebutuhan daya listriknya hanya 370 watt dan daya dorongnya bisa mencapai 40 meter.
  • Panasonic GF-255HCX. Jika kedalaman sumur Anda mencapai maksimal 30 meter, memilih mesin pompa air Panasonic GF-255HCX sangat disarankan. Pompa air ini dilengkapi dengan motor body yang terbuat dari bahan aluminium anti karat dan tahan panas.
  • Sanyo PD-WH200B. Pilihan pompa air harga 1 jutaan untuk sumur dalam yang dapat menjangkau hingga kedalaman 27 meter serta bisa memancarkan air hingga ketinggian 50 meter adalah Sanyo PD-WH200B. Dengan harga sekitar 1.5 jutaan, Anda akan memperoleh sebuah mesin pompa air yang hemat energi serta berkualitas.

3. Booster Pump Kemflo RO KFX559835

Selain tersedia dalam pilihan berdasarkan kedalaman sumur serta switch (auto/non-auto), pompa air juga tersedia dalam bentuk booster. Yang dimaksudkan dengan booster pump adalah sebuah pompa yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan pompa utama sehingga daya dorong pompa air utama bisa meningkat.

Baca Juga: Penyebab Pompa Air Mati Total, Simak Cara Mengatasinya Berikut Ini

Untuk booster pump terbaik, yang harganya murah dan berkualitas, Kemflo RO KFX559835 yang dijual dengan harga sekitar Rp 500 ribuan adalah salah satu pilihannya.

Pompa booster ini adalah produk buatan Taiwan dengan spesifikasi nominal flow rate 1,8 LPM, maksimal output 110 Psi, maksimal inlet pressure 60 Psi, dan voltase 48VDC.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami. Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.