Beranda Plumbing Penyebab Pompa Air Mati Total, Simak Cara Mengatasinya Berikut Ini

Penyebab Pompa Air Mati Total, Simak Cara Mengatasinya Berikut Ini

2123
16

Kerusakan pompa air mati total bukan perkara yang baru. Hal ini wajar dan sering kita temui pada semua jenis mesin air, baik pompa air jet pump, non jet pump dan juga pompa pendorong.

Ada banyak sebab yang mengakibatkan hal ini terjadi, namun pada tulisan kali ini saya ingin mencoba menjabarkan beberapa khasus umum yang membuat sebuah mesin pompa air mati total.

Kita tahu untuk jenis pompa air dalam skala rumahan memakai daya listrik sebagai sumber tenaga. Dalam khasus ini, yang dimaksud mati total adalah pompa air tidak mau hidup sama sekali walaupun kabel power sudah kita colokan ke listrik.

Baca Juga: Penyebab Pompa Air Nyetrum, dan Cara Mengatasinya

…lain halnya jika pompa air mati hidup, yang artinya mau hidup tapi sebentar mati, dan begitu seterusnya.

Untuk melakukan perbaikan pun harus sesuai dengan apa gejalanya. Oleh sebab itu, wajib bagi kita mengetahui apa penyebab pompa air mati total terlebih dahulu.

Dengan seperti itu, tentu ini dapat memudahkan kita untuk memeriksanya langkah lebih lanjut. dan yang terpenting, supaya tidak salah dalam mengambil tindakan, yang mana malah membuat pompa air rusak lebih parah.

Tentu Anda pun hal yang demikian tidak ingin terjadi bukan ?. Karena jika kerusakan semakin parah, biaya yang Anda keluarkan juga semakin banyak.

…Oleh karenanya, berikut beberapa penyebab kenapa mesin pompa air mati total dan solusi untuk mengatasinya.

Motor dinamo pompa air terbakar

Bukan tanpa sebab motor dinamo bisa terbakar, hal ini biasa terjadi disebabkan karena pompa air terkena air ( terendam ) setelah hujan deras. Penyebab lainnya yaitu karena konsleting listrik, pengaruh tagangan tingga atau rendah.

Ciri ciri yang sangat mudah kita kenali apabila dinamo pompa air terbakar yaitu tercium bau gosong, atau terdapat bekas seperi ada yang terbakar pada dinamo tersebut.

Tanda lainnya apabila pompa air kita colokan ke listrik maka panel MCB listrik akan turun atau anjlok. Selain itu, kita juga bisa memeriksanya dengan bantuan alat multitester. Caranya, silahkan simak berikut ini.

  • Posisikan range multitester pada posisi oHm ( Ω ).
  • Tempelkan salah satu kabel dari multitester ke kabel power pompa air ( boleh bergantian antara kabel yang ( + ) dan ( – ), kemudian kabel yang satunya ke body mesin pompa air tersebut.
  • Perhatikan jarum pada display multitester, apabila ada pergerakan naik atau saling berhubungan, itu berarti dinamo pompa air tersebut terbakar. Apabila tidak, maka artinya sebaliknya.

Solusi…
Untuk memperbaiki motor dinamo yang sudah terbakar tidak ada cara lain selain harus gulung dinamo ulang. Sayangnya tidak semua orang bisa mengerjakan hal ini, jadi kita bisa membawa mesin air tersebut ke tempat tukang gulung dinamo.

Kapasitor mati

Penyebab pompa air mati total selanjutnya adalah kapasitor lemah atau mati. Kapasitor di sini berperan sebagai alat tempat penyimpanan arus listrik yang bersifat sementara.

Fungsinya, untuk mengerakan motor dinamo saat pertama kali dinyalakan. Jadi, kurang lebih tidak jauh beda dengan kapasitor pada umumnya, seperti misalnya pada AC juga terdapat kapasitor.

Baca juga : Pengertian dan Fungsi Kapasitor Pada AC Split

Untuk memeriksa kapasitor kita juga bisa menggunakan bantuan multitester. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa ukuran mikro fared ( uF ) pada kapasitor tersebut. Bagaimana caranya ? silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan alat multitester ( disarankan menggunakan multitester digital yang sudah dilengkapi range untuk satuan uF )
  • Silahkan pilih range satuan mikro fared ( uF ) pada multitester.
  • Tempelkan kabel dari multitester ke salah satu socket pada kapasitor, dan begitu juga kabel yang satunya ke socket kapasitor yang satunya lagi.
  • Perhatikan berapa nilai ukuran kapasitor pada display multitester. Apakah sesuai dengan nilai ukuran dari kapasitor tersebut, atau malah lebih rendah.

Catatan : Jika tidak ada multitester digital dengan range uF, kita juga bisa menggunakan multitester model analog dengan memanfaatkan oHm ( Ω ). Kemudian kita lihat apakah saling berhubungan atau tidak.

Solusi…
Apabila sudah ketahuan bahwa kapasitor tersebut mati atau lemah, untuk solusinya kita bisa menggantinya dengan yang baru. Kita bisa beli toko yang menjual sparepart mesin pompa air, dan tentunya ukuran kapasitor harus yang sesuai dengan yang kita ganti.

Kabel Power atau kelistrikan pada pompa air terputus

Tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia elektronik, salah satunya kabel putus. Penyebabanya bisa karena di makan tikus, atau ke makan usia karena sering terkena hujan dan panas.

Dalam hal ini kita memang harus teliti betul dalam memeriksanya. Kalau dari pengalaman saya yang paling sering disebabkan oleh tikus yang kurang ajar, dan juga karena terjadi konsleting listrik. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk menggunakan kualitas kabel yang terbaik.

Solusi…
Sebelumnya kita harus pastikan terlebih dahulu dimana posisi pas nya kabel tersebut putus. Caranya ya dengan mengurutkan kabel satu per satu.

Sedangkan jika sudah ketemu, kita bisa menyambungnya lagi dan jangan lupa untuk menutup bekas sambungannya kembali menggunakan solasi.

Atau jika tidak mau repot mengurutkan kabel, dan ternyata kualitas kabel tersebut kurang bagus, kita juga bisa menggantinya dengan kabel baru atau membuat instalasi baru.

Otomatis pompa air rusak

Pompa air Anda menggunakan otomatis yang menempel pada mesin, atau juga radar yang ada di atas penampungan air.

Jika otomatis tersebut rusak juga bisa mengakibatkan mesin pompa air mati total. Misalnya saja sudah tidak bisa konek karena karat atau masalah lainnya.

Kita bisa melepas otomatis tersebut sementara, kemudian kita coba colokan kabel power mesin pompa air ke listrik. Nah, mesin mau hidup apa tidak, kalau ternyata mau hidup berarti otomatis-nya yang rusak.

Solusi…
Untuk sementara waktu kita bisa melangsungkan pompa air tersebut tanpa otomatis. Dengan syarat, seletah kita selesai memakai air kita harus mencabut colokan pompa air.

Namun, jika hal tersebut menyusahkan Anda karena harus colok cabut setiap mau memakai air, Anda juga bisa mengganti otomatis tersebut dengan yang baru.

Apabila masalah belum juga selesai, dan kebetulan Anda juga tinggal di Jakarta Selatan, Anda bisa minta bantuan dari tim Duta Jaya Technic untuk memperbaikinya. Silahkan hubungi kami melalui halaman layanan jasa service pompa air pada website ini.

Jangan lupa share pengalaman Anda dalam mengatasi pompa air mati total, atau ada hal yang ingin Anda tanyakan lewat kolom komentar di bawah.

…Anda juga bisa membagikan tulisan ini ke teman, kerabat atau saudara melalui tombol share sosial media yang tersedia.

(Rh/DsA)

16 KOMENTAR

  1. bang pompa air saya merk shimizu … saat saya colokkan listrik, MCB turun (jeglek) .. tapi g ada bau hangus … sudah test kabel listrik g ada yg konslet … apakah dinamonya mati atau hangus terbakar

    • Ada 3 biasanya yang menyebabkan listrik turun saat pompa air di colokan ke listrik.
      1. Daya listrik tidak cukup
      2. Ampere MCB lebih kecil dibanding ampere mesin pompa air
      3. Motor dinamo mesin pompa air terbakar

      Terima kasih

  2. Maaf sebelumx mesin sy kurang tarikan, tarikan pertama harus d bantu memutar kipasx bru Bisa Mutar ,kira2 apax mohon solusix

    • Hallo mas saiful, hal tersebut bisa saja disebabkan karena kapasitor starting-nya lemah ya mas. Sehingga, jika dinyalakan pompa air tidak bisa langsung nyala, melainkan memerlukan bantuan harus di putar kipasnya pakai tangan. Selain itu, juga bisa disebabkan oleh gulungan dinamo yang sudah lemah.

  3. Mau tanya, kalau tes otomatis pompa air rusak, cara nyambung listrik langsung gimana ya ? Apa 2 kabel yg ke otomatis itu ditempel ? Terima kasih.

    • Kabel power yang dari pompa air bisa langsung di colokan ke listrik mas

  4. min, pompa air dirumah saya kalo dinyalain kadang ada airnya , kadang enggak ada air nya sama sekali tu knpa ya ? sekaliny ada air ngalirr cuma sebentar trus gak ada lagi ..walau kran nya sudah dimatiin tp mesin bunyi trus itu knpa ya ?

    mohon solusinya min , Makasih

    • Hal tersebut, ada 2 kemungkinan ya kak, pertama bisa karena tusen klep yang di bawah ( di dalam pipa ) macet, atau karena memang sumber nya yang di dalam habis, memgingat ini juga musim kemarau banyak sumber air yang tekor kak.

  5. Assalamualaikum, sy Dika… Ingin Menanyakan Mesin Air Shimizu sy Mati, Awalnya Otomatis nya tdk mau mati stlh air sy matikan Lalu Stop kontaknya sy Cabut, Pagi Harinya ketika sy ingin nyalakan kembali tidak mau Hidup mesin airnya… Kenapa ya pak, lalu bgmna cara memperbaiki nya? Terimakasih atas Jawaban yg diberikan

    • Waallikumsalam, setelah mas dika hidupkan ( colokan kembali stop kontaknya ) apakah kran air sudah dibuka ya mas ? Jika belum, coba dibuka dulu kran airnya. Namun, jika sudah dibuka tapi tidak mau hidup, bisa jadi masalahnya ada di otomatisnya atau juga bisa di mesin airnya.

      Cara paling gampang untuk mengetahui masalahya, apakah diotomatisnya atau dipompanya, yaitu silakan mas dika cabut dulu otomatisnya, lalu coba colokan mesin air langsung ke listrik tanpa menggunakan otomatis.

      ..dari situ nanti akan ketahuan di mana masalahnya ya mas.

  6. Pak mau tnya. Mesin pompa Hitachi GX 250. Masalahnya mesin mati karena tong air kosong. Tiba2 mesin mati. Apakah mesin tsb bisa otomatis mati jika air yg di sedot habis? Terima kasih

    • Ya, mesin pompa air mati juga bisa disebabkan oleh otomatis yang bermasalah. Atau, juga bisa karena mesin pompa air yang bermasalah. Oleh karenanya, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung agar dapat diketahui masalahnya di mana secara detail ya Pak.

  7. mesin saya mati tapi aliran listriknya nyambung ke body kpn ya bos

  8. Pak saya mau tanya apakah kalau menghidupkan keran dengan volume air kecil dapat menyebabkan pompa menjadi rusak?

    Mohon pencerahannya 🙏🙏

    • Jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus, tentu bisa jadi penyebab pompa air bermasalah. Pasalnya, membuka kran tidak full menyebabkan pompa air mati hidup, terlebih jika pompa air tersebut memakai otomatis. Namun, tidak ada masalah jika kran tersebut yang air-nya berasal dari tabung toren, dan tidak memakai pompa pendorong.

  9. Kalau ada setrumnya tapi pompa airnya tidak nyala, terus setrumnya -+ ada semua. Apakah kapasitornya yang rusak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.