Beranda Plumbing Penyebab Pompa Air Nyetrum dan Cara Paling Jitu Mengatasinya

Penyebab Pompa Air Nyetrum dan Cara Paling Jitu Mengatasinya

257
0

Pompa air nyetrum, pernahkah Anda mengalami hal tersebut ? Saya rasa sebagian dari pembaca pernah mengalaminya. Karena, kerusakan semacam ini adalah bagian dari masalah umum yang biasa terjadi pada mesin pompa air.

Masalah ini juga kerap terjadi tidak hanya pada satu jenis pompa air saja, melainkan bisa saja terjadi pada semua jenis dan merek mesin air. Entah itu pompa air sumur dangkal, pendorong, pompa air kolam renang, maupun aquarium.

Namun, satu hal yang penting jika ini terjadi pada mesin air di tempat kita, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab pompa air nyetrum tersebut. Sehingga, kita akan lebih mudah dan tepat sasaran saat ingin mencoba memperbaikinya.

Baca Juga : Masalah Umum Pada Pompa Air dan Cara Mengatasinya

Selain itu, ini juga dapat menghemat waktu dan biaya karena seperti saya bilang langkah perbaikannya bisa langsung ke sasaran kerusakan, dan tidak hanya analisa saja.

..dan berikut ini beberapa yang menjadi penyabab mesin pompa air di rumah nyetrum, tentunya ini juga berdasarkan pengalaman saya di lapangan saat menanggani masalah tersebut. Tentu saja ini juga tidak bisa menjadi patokan, melainkan untuk mengetahuinya secara pasti, harus dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Berbagai penyebab pompa air nyetrum yang sering terjadi

1. Mesin air nyetrum akibat grounding yang tidak tepat

Seperti yang kita ketahui, grounding adalah suatu sistem instalasi listrik yang dapat menghilangkan beda potensial, sebagai pelepasan muatan berlebih pada sebuah instalasi listrik.

Tidak jarang pembuatan grounding yang tidak tepat bisa menimbulkan mesin pompa air nyetrum airnya. Tidak hanya itu, masalah grounding juga kerap terjadi pada peralatan elektronik lainnya, seperti kulkas, mesin cuci, AC, dan yang lainnya.

Salah satu penyebabnya, yakni colokan power supplay yang terbalik juga bisa mengakibatkan grounding. Jadi, cara paling mudah untuk mengatasinya silakan coba dibalik colokan kabel power supplay tersebut.

..Atau, untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca postingan saya yang lain mengenai mengatasi grounding pada peralatan elektronik.

Baca Juga: Tips Mengatasi Grounding pada Elektronik

2. Motor dinamo pompa air terbakar

Dinamo motor yang terbakar juga sering kali membuat pompa air nyetrum. Karena, terjadi korsleting dibagian kumparan dinamo, sehingga mengakibatkan muatan listrik mengalir tidak beraturan atau tidak pada jalurnya. Lebih parahnya lagi, jika korsleting ini membuat listrik menjadi trip atau turun di bagian MCB.

Mudah saja untuk mengetahui apakah motor dinamo itu terbakar atau tidak, yakni biasanya ditandai dengan adanya bau gosong disekitar mesin pompa air tersebut. Atau, kita bisa memeriksanya menggunakan tespen.

Caranya, tempelkan tespen pada bagian mesin pompa air, di mana saja namun usahakan bagian yang tidak dilapisi cat. Jika tespen kita nyala saat kita tempelkan, bisa dipastikan ada yang korslet pada komponen pompa air tersebut, atau terbakar dinamo-nya.

Namun, ada juga hal tersebut diakibatkan oleh grounding yang tidak tepat tadi, oleh karena itu kembali ke point nomor satu, yakni pastikan bahwa kabel grounding terpasang sebagai mana mestinya.

Lalu, bagaimana solusinya jika benar dinamo terbakar ?, solusinya kita bisa menggulung ulang dinamo tersebut agar bisa digunakan kembali. Tentu saja kita harus membawanya ke tukang gulung dinamo, atau syukur-syukur jika ada yang mau dipanggil ke rumah.

Nah, untuk diketahui juga, sebagai layanan jasa panggilan, kami juga melayani service maupun perbaikan gulung dinamo pompa air yang terbakar. Namun, area kerja kami saat ini hanya melayani di daerah Jakarta Selatan saja.

Tentu ini menjadi kabar baik bagi Anda yang tinggal di sekitaran Kota Jakarta Selatan, jika Anda berminat, silakan hubungi tim kami melalui halaman kontak.

Pesan : Jasa Service Pompa Air Pro di Jakarta Selatan

3. Kapasitor starting bocor

Kapasitor yang bocor juga bisa menjadi penyebab pompa air nyetrum, pasalnya di dalam kapasitor ini menyimpan muatan listrik. Kerusakan di bagian ini bisa kita kenali dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Kapasitor bergelembung di bagian atas atau bawah
  • Terdapat keretakan seperti mau pecah
  • Ada bau gosong seperti terbakar
  • Kapasitor meleleh

Fungsi dari kapasitor itu sendiri, yakni itu untuk membantu proses running mesin pompa air saat nyala pertama kali. Masalah lain yang ditimbulkan akibat kapasitor lemah, yakni pompa air mati total walaupun sudah dicolokan ke listrik.

Baca Juga: Penyebab Mesin Pompa Air Mati Total dan Cara Mengatasinya

Untuk memperbaiki masalah ini, dan jika sudah dipastikan bahwa kapasitor-nya yang rusak dengan tanda-tanda di atas, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Untuk harganya juga tidak terlalu mahal, yaitu kisaran 175Rb – 375Rb yang tentunya tergantung dari merek dan ukurannya.

4. Terdapat kabel instalasi yang tekelupas

Penyebab lainnya, yakni adanya kabel instalasi yang terkelupas dan menempel pada bagian pompa air. Lebih bahaya lagi jika kabel tersebut masuk ke air yang ada di tampungan air ( toren ). Sehingga, bisa saja air-nya jadi nyetrum saat kita sentuh.

Selain itu, ini juga dapat menyebabkan korsleting listrik seperti yang saya sebutkan di atas. Oleh karena itu, masalah pompa air yang nyetrum tidak bisa dianggap sepele.

Nah, itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab mesin air listrik nyetrum. semoga ini bisa menjawab semua pertanyaan tentang kenapa pompa air nyetrum yang selama ini ada di pikiran Anda.

Jika suka dengan artikel ini, dan menurut Anda ini bermanfaat, silakan share tulisan ini ke teman atau sahabat Anda yang juga mempunyai masalah yang sama.

(Rh/DsA)

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.