Beranda Review Spesifikasi dan Review Pompa Air Shimizu PS 135 E

Spesifikasi dan Review Pompa Air Shimizu PS 135 E

55
0

Keberadaan pompa air di rumah membuat kegiatan sehari-hari seperti mandi, mencuci piring/pakaian/kendaraan, hingga menyiram tanaman di taman jadi lebih lancar dan lebih menyenangkan. Di samping itu, pompa air juga dianggap sebagai solusi bagi mereka yang tidak ingin membuat sumur tradisional. Dengan adanya pompa air, sumur bor pun sudah cukup.

Pompa air juga sangat membantu bagi mereka-mereka yang menggunakan air PDAM. Karena tak jarang, tekanan air PDAM sangat rendah sehingga tidak bisa menjangkau tandon yang ada di ketinggian atau keran yang ada di lantai dua sebuah rumah atau yang tempatnya lebih tinggi. Dengan bantuan pompa air, air PDAM bertekanan rendah bisa disalurkan ke tandon ataupun ke ke tempat tempat yang lebih tinggi.

Tapi sayang, minimnya pengetahuan tentang pompa air dan banyaknya istilah-istilah yang kerap menggunakan bahasa Inggris membuat kita kebingungan. Hingga, membuat kita yang awam kerap salah memilih membeli pompa.

Tips memilih dan membeli pompa air yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mesin pompa air, terlebih dahulu kita harus mengetahui kedalaman sumur dan tinggi tandon atau tujuan air yang akan dialirkan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah menentukan dan memilih jenis pompa yang tepat untuk dibeli.

Kedalaman sumur dan tingginya tujuan air akan dialirkan juga akan mempengaruhi pemilihan jenis pompa air. Karena pada dasarnya, ada tiga jenis pompa air yang banyak dikenal yaitu:

  • Pompa air semi jet pump. Tipe pompa air ini disarankan untuk sumur yang kedalamannya kurang dari 9 meter
  • Pompa air Jet Pump. Adalah pilihan paling tepat untuk sumur yang kedalamannya mencapai 9-20 meter
  • Pompa air submersible. Adalah pilihan paling tepat apabila kedalaman sumur mencapai lebih dari 20 meter

Soal merk, Anda bisa memilih merk manapun yang Anda suka tergantung dari referensi yang Anda miliki. Apabila Anda belum belum punya referensi sama sekali, sebaiknya baca terlebih dahulu artikel rekomendasi pompa air terbaik yang telah kami tulis sebelumnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pompa Air Terbaik yang Murah dan Berkualitas

Di pasaran, beberapa contoh merk pompa air terkenal yang handal dan bandel di antaranya adalah: Shimizu, Panasonic, Sharp, Sanyo, Uchida, DAB, hingga merk Wasser.

Merek-merek tersebut banyak dikenal dan digunakan karena kehandalannya. Walau demikian, banyak orang yang memilih merek tertentu disebabkan karena faktor lain. Mulai dari faktor harga atau bisa juga karena mendapat saran dari orang lain.

Dari sekian banyak pilihan pompa air yang bagus dan berkualitas, Shimizu PS 135 E adalah salah satunya. Keunggulan dan kekurangan serta berbagai fitur pompa air ini bisa Anda ketahui dengan membaca ulasan singkatnya di bawah ini.

Spesifikasi dan review Shimizu PS 135 E water pump

Dari sekian banyak pilihan merk pompa air dan jenis pompa air yang ada di pasaran, Shimizu PS 135 E adalah salah satu yang paling banyak dipilih dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pompa air ini, terlebih dahulu kita akan melihat spesifikasinya.

Spesifikasi Shimizu PS 135 E

  • Output: 125 watt
  • Input: 0.3 KW
  • Panjang pipa: 9 meter
  • Total head: Max 33 meter
  • Head: 5 | 20
  • Kapasitas: 28 | 10 (Liter/Min)
  • Pipa Hisap: 1 inch
  • Pipa dorong: 1 Inch
  • Garansi motor: 3 tahun

Dari spesifikasi di atas, kita bisa mengetahui bahwa pompa ini diperuntukkan bagi sumur dangkal. Jika melihat total head, kita bisa menyimpulkan jika pompa ini cukup bisa diandalkan untuk mengalirkan air hingga ke lantai dua sebuah rumah.

Review Shimizu PS 135 E

  • Daya. Daya listrik (output) yang dibutuhkan oleh pompa air ini sekitar 125 watt. Kebutuhan daya listrik yang kecil membuat pompa ini sangat cocok digunakan di rumah-rumah yang daya listriknya sangat rendah.
  • Dilengkapi dengan Thermal Protector. Pompa air sering kali dihidupkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Terutama apabila kita menggunakannya untuk mengisi tandon atau bak kamar mandi dari posisi kosong. Menghidupkan pompa air dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan pompa air menjadi panas. Untungnya, pompa air Shimizu tipe PS 135 E telah dilengkapi dengan thermal protector yang akan melindunginya dari overheating, dengan cara memutus arus listrik apabila panas pada motor telah mencapai batas maksimal.
  • Kemampuan mengalirkan air. Dilihat dari spesifikasinya, total head pompa air ini mencapai 33 meter. Itu artinya pompa air ini bisa mengalirkan air hingga maksimal ketinggian 33 m. Walau demikian, debit air yang dapat dialirkan tentu saja akan berkurang seiring bertambahnya ketinggian head. Apabila Anda akan mengalirkan air ke sebuah tandon yang berada di ketinggian 5 m, pompa air ini bisa menghasilkan debit hingga 28 liter per menit. Apabila head berada pada ketinggian 20 m, debit air yang dapat dihasilkan jadi berkurang dan hanya akan tersisa sekitar 10 liter per menit saja.
  • Switch. Jenis switch yang digunakan adalah switch otomatis. Jadi, apabila keran dibuka, maka mesin pompa air akan otomatis hidup dan mengalirkan air.

Bagi Anda yang menemui kendala atau masalah pada pompa air. Misal, air tidak mengalir padahal mesin nyala dan berbunyi, mesin pompa berdengung, atau mesin pompa air tiba-tiba mati.

Jangan khawatir, Anda bisa mengatasi berbagai masalah tersebut dengan membaca artikel kami yang membahas secara lengkap tentang masalah umum pada pompa air dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Masalah Umum Pada Pompa Air dan Cara Mengatasinya

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.