Beranda HVACR Bagaimana Bunyi Freezer yang Normal dan Tidak?

Bagaimana Bunyi Freezer yang Normal dan Tidak?

302
0
bunyi freezer yang normal

Membeli freezer yang bagus tidak hanya akan memberikan kualitas pendinginan yang lebih baik serta penggunaan daya listrik yang lebih hemat, tapi juga akan dibarengi dengan mutu produk yang awet dan tahan lama.

Namun, sekalipun Anda memilih dan membeli unit freezer (lemari es) yang berkualitas tinggi, lemari es tersebut tetap perlu mendapatkan perawatan secara maksimal dan perlakuan yang layak selama digunakan agar awet dan tidak mudah rusak.

Karena apabila tidak dirawat atau tidak rutin dibersihkan serta sering dipaksa bekerja pada kemampuan maksimum, lemari es tidak akan bertahan lama. Bunga es adalah masalah yang paling umum dan paling sering ditemukan pada lemari es model chest ataupun upright. Selain masalah bunga es, suara berisik merupakan masalah lain yang sering dikeluhkan oleh pengguna.

Penyebab suara berisik pada freezer bisa bermacam-macam. Beberapa diantaranya harus mendapatkan perhatian. Dan, beberapa suara yang dikeluarkan oleh freezer dianggap cukup normal serta tidak perlu dikhawatirkan.

Baca Juga: Review Freezer Aqua Terbaru AQF-120FR dengan 48H Cooling Retention

Di jika freezer yang Anda miliki mengeluarkan bunyi tidak biasa yang terdengar berisik atau bising, ada baiknya Anda segera mencari sumber suara dan memperbaikinya. Jika tidak bisa menemukan sumber masalah dan tidak tau harus berbuat apa, jangan ragu-ragu untuk memanggil teknisi kulkas yang memang ahli dalam memperbaiki kulkas atau freezer.

Bagaimana cara membedakan bunyi freezer yang normal dan tidak?

Sebagian besar lemari es baru dibekali dengan kompresor yang dapat mengatur suhu dengan cara yang sangat efisien. Kompresor teknologi terbaru menggunakan lebih sedikit energi sehingga sangat irit listrik dan suaranya pun lebih sunyi sehingga terasa lebih tenang. Saat kompresor beroperasi secara normal, kita akan mendengar suara operasional yang tidak mengganggu.

Beberapa suara yang dihasilkan oleh freezer mungkin terdengar agak keras dan sangat sering terjadi. Ketika mengeluarkan suara yang tidak biasa, bagaimanakah bunyi freezer yang dianggap normal dan tidak normal?

Apabila freezer mengeluarkan bunyi getaran

Penyebab munculnya suara getaran pada freezer biasanya akibat permukaan lantai yang tidak rata atau akibat setingan kaki freezer yang tidak seimbang. Solusi untuk masalah ini tentu saja sangat sederhana. Mulai dari memindahkan freezer ke tempat yang permukaannya rata atau menyesuaikan kaki-kaki freezer dengan mengatur level sekrup sehingga freezer bisa duduk secara rata.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Freezer Tidak Beku atau Dingin

Suara tetesan air

Apabila suatu saat Anda mendengar suara tetesan air terdengar dari lemari es, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Suara tetesan ini biasanya keluar dari aliran refrigerant compressor atau aliran oli di kompresor. Suara ini adalah suara yang sangat normal dan sering terjadi pada lemari es.

Bunyi mendesis

Penyebab bunyi mendesis tidak jauh berbeda dengan bunyi tetesan yang dikeluarkan oleh freezer. Bunyi ini disebabkan oleh aliran refrigerant atau aliran pelumas di kompresor. Jika Anda mendengar suara ini, tidak perlu khawatir karena ini adalah suara yang cukup normal.

Bunyi gemercik

Sepintas bunyi gemericik terdengar sangat menghawatirkan. Namun bunyi ini dianggap cukup normal pada sebuah freezer. Pasalnya, sekali waktu freezer akan mencairkan es atau bunga es (defrost).

Pada saat proses pencairan terjadi, air akan mengalir ke bagian bawah, yaitu ke wadah pembuangan dan menimbulkan suara gemercik.

Baca Juga: Tips Mempertahankan Freezer Tetap Dingin saat Mati Lampu

Suara air mengalir

Penyebab suara air mengalir yang sesekali terdengar pada freezer diakibatkan oleh proses pencairan es. Di mana, setelah es mencair, air akan mengalir ke wadah pembuangan di bagian belakang.

Suara berdengung

Apabila dengungan tersebut tidak terlalu keras, maka ini dianggap masih cukup normal. Namun apabila bunyi dengungan yang keluar sangat mengganggu atau terlalu keras, Anda perlu memeriksa kipas kompresor.

Suara dengungan pada freezer yang normal disebabkan oleh katup saluran air yang terbuka dan menutup untuk mengeluarkan air atau mengisi ice maker.

Apabila suara ini keluar ketika kulkas terhubung ke saluran air, maka itu artinya suara ini adalah suara yang cukup normal. Namun apabila Anda mendengarnya ketika kulkas tidak terhubung dengan saluran air, maka segera mematikan ice maker.

Baca Juga: Cara Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu Yang Benar

Suara klik

Penyebab suara klik yang dikeluarkan oleh lemari es berasal dari katup saluran air yang membuka atau menutup untuk mengeluarkan atau mengisi air pada ice maker.

Suara klik berulang-ulang

Suara ini disebabkan oleh katup evaporator yang beroperasi untuk mengatur temperatur pendinginan. Suara klik yang terdengar berulang-ulang cukup normal saat lemari es melakukan proses pendinginan dari satu kompartemen ke kompartemen lainnya.

Terdengar suara putaran mesin yang bertambah nyaring

Suara ini biasanya disebabkan oleh kipas atau kompresor yang sedang menyesuaikan diri untuk mengoptimalkan kinerja selama beroperasi.

Suara kontraksi di bagian dalam freezer

Sesekali, freezer akan mengeluarkan suara gemeletuk (kontraksi) di dinding bagian dalam. Suara ini tidak perlu dikhawatirkan dan dianggap cukup normal. Penyebabnya adalah kontraksi atau perluasan dinding bagian dalam.

Suara berderit

Mesin pembuat es atau lemari es akan mengeluarkan suara berderit pada saat es batu didorong keluar dari cetakannya.

Baca Juga: Cara Cepat Mendinginkan Air di Freezer, Wajib dicoba!

Itulah beberapa suara atau bunyi-bunyian yang dikeluarkan oleh freezer dan dianggap normal. Di luar beberapa suara yang telah kami jelaskan pada poin-poin di atas, umumnya dianggap tidak normal apabila suara tersebut terdengar sangat mengganggu atau berisik. Untuk mengetahui Apa saja contoh suara berisik pada lemari es yang perlu khawatirkan, Anda bisa mengklik link yang telah kami berikan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.