Beranda HVACR Penyebab Freezer Mengeluarkan Suara Berisik dan Cara Mengatasinya

Penyebab Freezer Mengeluarkan Suara Berisik dan Cara Mengatasinya

penyebab freezer berisik

Freezer mengeluarkan suara berisik karena berbagai sebab. Mulai dari, penempatan yang tidak rata, kipas kondensor yang kotor atau rusak, atau kerusakan motor kipas evaporator. Penyebab suara bising pada freezer (lemari es) juga dapat ditimbulkan oleh bilah kipas evaporator. Ya, tidak hanya disebabkan oleh motor kipas, bilah kipas juga dapat menimbulkan suara yang bahkan jauh lebih keras dari pada kerusakan pada motor kipas.

Apapun penyebab lemari es mengeluarkan suara berisik, semua itu pasti sangat mengganggu. Terlebih apabila unit ditempatkan di tempat-tempat yang dekat dengan kamar tidur atau ruangan yang sering Anda gunakan. Suara berisik dari freezer sudah pasti akan membuat Anda sulit berkonsentrasi atau merasa sangat terganggu hingga sulit beristirahat atau jadi mudah uring-uringan.

Penyebab Freezer Berisik dan Cara Mengatasinya

Setiap freezer pada dasarnya pasti mengeluarkan suara. Akan tetapi, sangat bergantung pada model freezer itu sendiri, umumnya suara (normal) yang dikeluarkan hanya akan terdengar jelas apabila kita berdiri dekat dengan unit. Namun, apabila freezer mengeluarkan suara yang kencang atau terlalu keras hingga menimbulkan kebisingan, mungkin saja itu mengindikasikan bahwa freezer mengalami masalah. Adapun sejumlah penyebab lemari es berisik di antaranya adalah:

Motor kipas evaporator

Ketika lemari es menimbulkan suara cara yang lebih keras dibandingkan biasanya, salah satu komponen yang kerap dijadikan sebagai tersangka adalah, kipas evaporator.

Pada kulkas atau freezer, kipas evaporator adalah komponen penting yang bekerja lebih keras dibandingkan dengan komponen-komponen lainnya, sehingga mudah rusak. Karena itu, wajar apabila komponen yang satu ini kerap menjadi tersangka utama saat lemari es mengeluarkan suara yang mengganggu.

Motor yang menggerakkan kipas evaporator bisa mengalami keausan karena: penggunaan terus-menerus, akibat banyak kehilangan pelumas, jarang dibersihkan, atau bisa juga karena arus listrik yang tidak stabil. Akan tetapi, keausan akibat penggunaan atau karena kekurangan pelumas adalah penyebab yang paling umum.

Baca Juga: 10 Penyebab Freezer atau Kulkas Tidak Dingin Sama Sekali

Apabila kipas evaporator sudah mulai aus atau longgar, biasanya kipas tersebut akan menimbulkan suara bising atau suara seperti dengungan, atau lebih tepatnya suara mencicit. Yang akan semakin terdengar keras dan jelas seiring dengan waktu dan penggunaan.

Fungsi utama kipas evaporator adalah mengalirkan udara dingin melalui freezer Karena itulah, komponen yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting. Sehingga, apabila mengalami masalah, kita perlu segera memperbaiki atau menggantinya.

Apabila Anda tidak tahu bagaimana mengecek dan mengganti kipas evaporator, jangan ragu-ragu untuk memanggil atau meminta bantuan teknisi profesional yang dapat menangani masalah tersebut.

Kerusakan pada bilah kipas evaporator

Di bagian atas telah kami jelaskan bahwa selain motor kipas evaporator, penyebab lain suara berisik dari freezer adalah bilah kipas itu sendiri. Namun yang jelas, suara atau kebisingan yang ditimbulkan oleh kerusakan motor dan kerusakan bila kipas tentu sangat berbeda.

Jika kerusakan motor bisa mengeluarkan bunyi mencicit, maka apabila bilah kipas yang bermasalah, suaranya akan terdengar seperti dengungan yang terdengar sangat jelas.

Kerusakan bilah kipas sudah barang tentu akan mengganggu performa lemari es meskipun tidak terlalu signifikan. Akan tetapi, masalah ini tentu saja tidak boleh dibiarkan berlarut-larut hingga menjadi lebih buruk di kemudian hari.

Apabila bila kipas mengalami kerusakan, memperbaikinya bukanlah opsi terbaik. Para teknisi umumnya akan menyarankan Anda untuk penggantian kipas dengan yang baru apabila memang bila kipas tersebut sudah rapuh dan rusak.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Freezer Tidak Beku atau Dingin

Freezer mengeluarkan suara getaran

Suara lemari es yang mengganggu juga bisa disebabkan oleh permukaan (lantai) tempat Anda meletakkan freezer tidak rata. Untuk masalah ini, solusinya tentu saja sangat mudah. Anda hanya perlu menyesuaikan level sekrup pada bagian kaki-kakinya agar lemari es bisa berdiri pada posisi yang rata sekalipun permukaan lantai tidak rata.

Namun, apabila hal tersebut tidak memungkinkan, sebaiknya pindahkan atau tempatkan unit di permukaan lantai yang benar-benar rata. Atau, Anda bisa memanfaatkan penyangga untuk menciptakan permukaan yang lebih baik.

Penyebab freezer berisik lainnya adalah kipas sirkulasi

Sumber suara yang ditimbulkan oleh kerusakan pada kipas kondensor atau kompresor dengan kipas sirkulasi sangat berbeda. Jika suara yang Anda dengar keluar dari belakang freezer itu bisa disebabkan karena kipas kompresor atau kondensor.

Sedangkan jika Anda mendengar suara bising (seperti suara berderit) dari dalam lemari es, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh kipas sirkulasi yang berfungsi menyebarkan udara dingin di dalam freezer.

Baca Juga: Review Freezer Aqua Terbaru AQF-120FR dengan 48H Cooling Retention

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah kipas sirkulasi merupakan penyebab freezer atau lemari es pada kulkas terdengar berisik, Anda bisa mencoba menekan tombol lampu di freezer. Jika kipas sirkulasi adalah penyebabnya, maka suaranya akan terdengar lebih keras saat Anda membuka pintu dan mematikan lampu lemari es.

Tips memeriksa dan mengatasi kerusakan atau suara berisik pada freezer

Mengecek sumber suara yang berisik atau kerusakan pada freezer perlu dilakukan secara hati-hati. Bahkan, untuk sekedar menghilangkan debu atau kotoran serta membersihkan kipas evaporator atau motor kipas kondensor, perlu dilakukan secara hati-hati dan sesuai prosedur.

Jika Anda kesulitan untuk mengetahui penyebab atau sumber masalah serta tidak tahu bagaimana cara memperbaiki kerusakan yang Anda hadapi, atau tidak punya cukup alat untuk melakukannya, jangan ragu menghubungi tukang servis kulkas profesional.

Jika Anda memutuskan untuk melakukannya sendiri. Sebelum Anda mulai membersihkan debu atau kotoran yang menumpuk di bilah kipas. Pastikan Anda mencabut colokan listrik agar tidak ada ada aliran listrik yang berbahaya. Untuk membersihkan sendiri kotoran pada mesin lemari es, Anda bisa memanfaatkan sikat bekas yang berbulu lembut.

Baca Juga: Cara Cepat Mendinginkan Air di Freezer, Wajib dicoba!

Itulah beberapa penyebab freezer mengeluarkan suara berisik dan cara mengatasinya. Sekali lagi. Jika Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah atau memperbaiki kerusakan, segera hubungi teknisi profesional.

Meminta bantuan teknisi akan membuat perasaan Anda lebih nyaman dan lebih tenang. Tidak hanya karena mereka adalah tenaga ahli yang profesional, yang bisa mendiagnosis dan memperbaiki kerusakan, tapi juga akan memberikan Anda jaminan bahwa masalah bisa selesai dan tidak akan muncul kembali dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.