Beranda Panduan Cara Mudah Mengatasi Freezer Tidak Beku atau Dingin

Cara Mudah Mengatasi Freezer Tidak Beku atau Dingin

126
0

Freezer tidak beku – Tidak banyak ibu rumah tangga yang secara khusus membeli upright/chest freezer sebab, banyak diantara mereka yang sudah cukup dengan keberadaan kulkas (lemari pendingin) yang rata-rata sudah dilengkapi freezer (lemari es).

Namun apapun bentuknya, freezer tetap sangat dibutuhkan. Mengingat manfaatnya yang bisa digunakan untuk menyimpan dan membekukan bahan makanan. Sehingga, tidak perlu lagi bolak-balik ke pasar untuk membeli makanan segar setiap kali membutuhkannya.

Namun sayang, sama seperti peralatan elektronik lainnya. Freezer juga bisa mengalami masalah. Salah satu masalah yang banyak dikeluhkan dan memiliki dampak sangat besar adalah, freezer tidak beku/dingin. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan mengapa freezer tidak dingin dan tidak bisa membekukan makanan?

Baca Juga: Tips Mempertahankan Freezer Tetap Dingin saat Mati Lampu

Tentu, ada banyak hal yang dapat menyebabkan sebuah lemari es atau freezer tidak beku atau tidak dingin, diantaranya adalah:

Coil kondensor yang kotor

Coil kondensor sebuah freezer biasanya terletak di tempat yang berbeda-beda. Ada yang coil-nya berada di dalam dinding freezer, dan ada juga yang diletakkan di bagian belakang atau di bagian bawah.

Untuk freezer yang coil kondensor-nya berada di bagian dalam, coil tersebut cukup terlindungi sehingga tidak mudah kotor dan tidak perlu dibersihkan.

Sebaliknya, sebuah lemari es yang coil (kumparan-nya) berada ada di bagian bawah atau belakang, sehingga mudah diakses karena berada di tempat yang terbuka, maka coil tersebut perlu dibersihkan secara rutin setiap 6-12 bulan sekali.

Baca Juga: 10 Kesalahan dalam Menggunakan Freezer (Lemari ES)

Menjaga kumparan tetap bersih sangat penting. Karena apabila tidak, maka kondensor tersebut tidak akan bisa menyerap panas secara efektif. Akibatnya, kemampuan freezer dalam membekukan makanan jadi berkurang.

Motor kipas evaporator bermasalah

Fungsi motor kipas evaporator adalah untuk mengalirkan udara yang ada di atas kumparan evaporator agar bisa diedarkan ke seluruh bagian freezer. Jika motor kipas evaporator tidak berfungsi maka freezer tidak akan bisa membekukan apapun.

Hampir semua lemari es kipas evaporator-nya akan berhenti apabila pintunya dibuka. Untuk memeriksa motor kipas evaporator, kita perlu membuka pintu freezer kemudian aktifkan saklar pintu secara manual.

Apabila saklar sudah diaktifkan tapi motor kipas evaporator tidak juga bekerja, maka kipas tersebut perlu diganti dengan yang baru. Kipas evaporator bisa dengan mudah Anda temukan, salah satunya adalah dengan membeli di toko online.

Start relay tidak bekerja

Start relay berfungsi untuk memasok daya ke kompresor. Jika komponen ini tidak berfungsi, maka bisa dipastikan kompresor tidak akan bekerja. Apabila kompresor tidak bekerja, tentu saja freezer akan kehilangan kemampuannya.

Baca Juga: Cara Cepat Mendinginkan Air di Freezer, Wajib dicoba!

Untuk memastikan apakah start relay berfungsi atau rusak, Anda bisa mengeceknya dengan cara:

  • Cabut terlebih dahulu colokan listrik agar tidak ada ada arus yang mengalir
  • Lepaskan start relay dari kompresor
  • Gunakan multimeter untuk menguji starter relay apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak

Jika start relay tersebut berbau seperti bau gosong atau terbakar, jangan ragu-ragu untuk menggantinya. Sama seperti kipas evaporator, Anda juga bisa membeli starter relay kulkas atau freezer di toko online.

Coil evaporator tertutup

Penyebab coil evaporator tertutup, salah satunya adalah akibat masalah pada sistem defrost. Setiap hari, sistem pemanas (defrost) akan menyala beberapa kali dalam sehari untuk mencairkan es yang mungkin menumpuk di coil evaporator.

Sayangnya, adakalanya sistem defrost tidak bekerja sehingga, es akan terus menumpuk di coil evaporator. Dampaknya, freezer tidak beku atau dingin maksimal.

Baca Juga: 10 Penyebab Freezer atau Kulkas Tidak Dingin Sama Sekali

Untuk memastikan apakah sistem defrost berfungsi atau tidak, Anda bisa menggunakan multimeter untuk menguji kontinuitas sistem defrost tersebut.

Kipas kondensor tidak berfungsi

Fungsi kipas kondensor adalah untuk menarik udara melalui kondensor. Jika motor kipas bermasalah atau jika kipas tersebut tidak berfungsi, maka udara tidak bisa ditarik melalui kondensor. Akibatnya, freezer tidak bisa dingin.

Selain itu, Anda juga perlu memeriksa motor kipas. Pasalnya, bantalan motor kipas bisa mengalami aus sehingga perlu diganti.

Thermostat pengontrol suhu tidak bekerja

Thermostat pengontrol suhu akan mempengaruhi kompresor, motor kipas evaporator, dan juga kipas kondensor. Jika thermostat tidak bekerja atau tidak berfungsi dengan baik, maka sistem pendingin akan bermasalah.

Untuk mengetahui apakah thermostat pengontrol suhu tersebut berfungsi atau tidak, Anda bisa mengaturnya dari pengaturan rendah ke tinggi hingga terdengar bunyi “klik.” Jika bunyi “klik” tidak terdengar, maka kemungkinan besar thermostat dalam keadaan rusak.

Kompresor tidak berfungsi

Fungsi kompresor adalah untuk mengompres refrigerant dan sirkulasi refrigerant melalui evaporator dan kondensor. Jika kompresor tidak berfungsi, lemari es akan sulit dingin.

Untuk memeriksa kondisi compressor, Anda bisa mengandalkan multimeter untuk menguji kontinuitas antara pin listrik di sisi kompresor.

Baca Juga: Jenis dan Lama Makanan Boleh Disimpan di Freezer

Itulah beberapa penyebab mengapa freezer tidak beku atau dingin. Selain beberapa penyebab di atas, masih ada beberapa penyebab lain yang yang perlu Anda waspadai, diantaranya adalah akibat display board yang salah mendiagnosis atau bisa juga disebabkan karena main control board rusak.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.