Beranda HVACR Jangan Lakukan Ini Saat Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas

Jangan Lakukan Ini Saat Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas

291
0

Bagi kita yang menggunakan kulkas 1 pintu tentu memiliki nilai plus tersendiri. Selain harganya yang relatif murah, daya listrik yang dibutuhkan juga tidak sebesar pada kulkas 2 pintu. Tentu ini dari segi penggunaan listrik jadi lebih hemat.

Dibalik keuntungan tersebut, ternyata kulkas 1 pintu juga mempunyai kelemahan. Selain memiliki ukuran body yang kecil, seringkali munculnya tumpukan bunga es pada bagian freezer. Tentu saja ini cukup mengganggu, bukan ?

Pasalnya, dengan adanya tumpukan bunga es tersebut dapat memakan sebagian tempat, dan juga dapat menyebabkan kulkas tidak bisa dingin dengan normal. Itu sebabnya kulkas 1 pintu juga membutuhkan perawatan paling tidak 3 bulan sekali untuk membersihkan tumpukan bunga es tersebut.

Jika hal ini terjadi pada kulkas 1 pintu yang Anda miliki, Anda juga bisa membersihkannya sendiri. Yang mana untuk panduannya sudah pernah kami bahas pada artikel kami yang lain, silakan Anda baca dan ikuti panduannya.

Baca Juga: Cara Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu Yang Benar

Sedangkan khusus pada postingan kali ini, akan coba kami bagikan beberapa hal yang harus dihindari saat membersihkan bunga es kulkas 1 pintu. Pasalnya, banyak pengguna yang belum tahu akan hal ini.

Sehingga, hal-hal yang tidak boleh dilakukan kerap dilanggar saat merawat atau membersihkan kulkas. Alhasil, kulkas 1 pintu yang mereka miliki menjadi tidak dingin setelah dibersihkan.

…dan berikut larangan yang tidak boleh Anda lakukan saat membersihkan bunga es pada kulkas 1 pintu.

1. Membersihkan bunga es dengan menggunakan benda tajam

Benda tajam yang dimaksud bermacam-macam, bisa pisau, obeng, atau benda keras lainnya. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang awam, yakni mencongkel gumpalan es dengan menggunakan pisau atau alat sejenis lainnya.

Kenapa ini dilarang ? Karena justru dengan cara tersebut malah dapat mengakibatkan kulkas menjadi rusak. Kerusakan tersebut berupa evaporator bocor karena tertusuk benda keras yang digunakan saat mencongkel bunga es.

Padahal larangan ini biasanya sudah tertulis pada stiker yang menempel pada rak yang ada di dalam kulkas tersebut. Namun, ada saja pengguna yang masih mengabaikannya.

Kerusakan yang timbul akibat larangan ini kulkas menjadi bocor freon di bagian evaporator-nya, sehingga kulkas menjadi tidak dingin sama sekali.

Agar hal ini tidak terjadi, selalu baca buku panduan atau ikuti panduan yang benar sebelum membersihkan bunga es. Atau, jika Anda ragu akan lebih baik jika Anda meminta bantuan kepada Teknisi yang sudah paham dan ahli di bidang ini.

2. Tidak mengeluarkan bahan makanan dari dalam kulkas saat membersihkan bunga es

Tak sedikit pengguna yang juga menghiraukan hal ini, mereka membiarkan bahan makanan yang disimpannya tetap di dalam kulkas, walaupun kulkas sedang dibersihkan.

Walau larangan ini tidak tertulis di buku panduan, namun ini justru dapat membuat bahan makanan menjadi rusak. Jika kulkas sedang dibersihkan, tentu listriknya kita matikan, bukan ? Sehingga proses pendinginan pun berhenti.

Baca Juga : Tips Agar Bahan Makanan Tetap Dingin di dalam Freezer Saat Mati Lampu

Selain itu, air dari akibat mencairnya bunga es tersebut bisa saja masuk ke makanan yang kita simpan, sehingga dapat merusak makanan tersebut.

Akan lebih baik sebelum membersihkan bunga es kita keluarkan semua bahan makanan yang tadinya kita simpan, kemudian kita masukan di dalam wadah atau thermos es agar tidak rusak. Atau, jika Anda mempunyai 2 kulkas yang berbeda, bisa Anda simpan di kulkas yang lain untuk sementara waktu.

3. Menyiram kulkas dengan air, namun tidak sewajarnya

Apakah ada pengguna yang melakukan hal ini ? Ternyata ada, ini saya tahu dari beberapa pengguna yang secara langsung mengatakan kepada saya, kemudian mengalami kulkas-nya bermasalah.

Mencuci kulkas agar bersih sebenarnya boleh saja, namun harus dilakukan dengan penuh hati-hati dan ada prosedurnya. Beberapa diantaranya tidak boleh menyiram menggunakan air secara langsung ke bagian mesin dan modul elektronik-nya.

Seperti yang kita tahu, kebanyakan modul elekronik itu pantang terhadap air. Oleh sebab itu tidak diperbolehkan bagian tersebut terkena air.

Masalah yang timbul akibat kelalaian ini bisa menyebabkan kulkas mengalami korsleting listrik, atau juga masalah kelistrikan yang lainnya. Akan lebih aman, hindari mencuci kulkas dengan menyiram air secara langsung.

Baca Juga: Penyebab Kulkas Tidak Dingin Yang Harud Kita Ketahui

Nah, itulah 3 hal yang perlu dihindari saat membersihkan bunga es pada kulkas. Semoga ini bermanfaat dan membuat kita untuk tetap tidak mengabaikan prosedur yang ada. Jangan lupa share tulisan ini ke berbagai media sosial Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.