Tips Mempertahankan Freezer Tetap Dingin saat Mati Lampu

mempertahankan freezer tetap dingin saat mati lampu

Mati lampu di Jakarta beberapa waktu lalu membuat banyak di antara kita yang menyadari bahwa, di manapun kita berada, sekalipun berada di ibukota negara, kita bisa saja mengalami yang namanya pemadaman listrik.

Bukan beberapa menit, melainkan bisa berlangsung selama berjam-jam bahkan berhari-hari. Akibatnya, tidak sedikit orang yang merasa rugi akibat pemadaman tersebut. Salah satunya adalah mereka yang mengandalkan freezer untuk mengawetkan atau membekukan makanan.

Dari pengalaman ini, kita harus bisa mengantisipasi jika sewaktu-waktu kondisi tersebut kembali terulang kembali. Jika di ibukota negara saja pemadaman listrik bisa terjadi, maka di daerah-daerah sudah pasti pemadaman akan lebih sering dirasakan.

Baca juga: 10 Penyebab Freezer atau Kulkas Tidak Dingin Sama Sekali

Nah, agar berbagai makanan yang Anda simpan di dalam freezer tidak rusak saat ada pemadaman lampu, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips mempertahankan freezer agar tetap dingin ketika mati lampu berikut ini.

Jangan lupa bikin es batu

Lebih dari satu dekade yang lalu, kita masih sering menjumpai orang-orang yang gemar membuat es batu menggunakan kantong plastik. Namun saat ini, semakin jarang kita temukan orang membuat es batu seperti ini. Padahal, manfaat es batu sangat penting apabila listrik mati.

Jika di wilayah Anda sering terjadi pemadaman listrik, sebaiknya jangan ragu-ragu untuk membuat es batu beberapa buah menggunakan kantong plastik 1 kg untuk membantu menjaga makanan agar tetap dingin.

Cara ini saya yakin sudah tidak asing lagi bagi Anda, karena Anda pasti sudah sering melihat penjual ikan dan yang memanfaatkan es batu untuk menjaga kesegaran ikan-ikan yang mereka jual, bukan?

Baca juga: 10 Kesalahan dalam Menggunakan Freezer (Lemari ES)

Saat membuat es batu, sebaiknya jangan mengisi plastik terlalu penuh dengan air karena es akan mengembang pada saat membeku. Jadi, pastikan Anda menyisakan sedikit ruang ekstra untuk mengantisipasinya.

Belilah ice pack atau dry ice

Sebagian besar kulkas modern sudah dilengkapi dengan ice pack yang bisa membantu menjaga suhu di dalam kulkas agar tetap dingin ketika kulkas/freezer dalam keadaan idle. Selain bermanfaat untuk menjaga suhu, ice pack juga sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat proses pendinginan pada makanan-makanan yang baru dimasukkan ke dalam freezer.

Kelompokkan makanan di dalam freezer

Alih-alih menempatkan makanan secara terpisah, cobalah mengelompokkan makanan-makanan tertentu dengan menggunakan storage atau wadah yang secara khusus dibuat untuk mengemas makanan di dalam freezer.

Anda dapat dengan mudah menjumpai wadah lentur khusus untuk menempatkan makanan di toko online. Harga storage freezer yang lentur tersebut relatif terjangkau. Jika ingin mendapatkan kualitas terbaik, Anda bisa mempertimbangkan merk Tupperware.

Baca juga: Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Awet dan Tidak Bau

Manfaat mengelompokkan makanan di dalam freezer adalah untuk menjaga agar makanan tersebut tetap dingin lebih lama karena, mereka akan membentuk iglo untuk saling melindungi.

Hindari membuka freezer apabila tidak dibutuhkan

Sebuah lemari es atau freezer bisa menjaga makanan tetap dingin selama kurang lebih 4 jam apabila pintunya tidak dibuka. Jika tidak sangat diperlukan, sebaiknya hindari membuka pintu lemari es. Atau jika terpaksa, bukalah seminim mungkin untuk menghindari agar suhu dingin tidak banyak keluar pada saat Anda mengambil makanan dari dalam freezer.

Setelah mengambil makanan, hindari menutup freezer secara kencang. Sebaliknya, lakukanlah secara perlahan agar tekanan akibat menutup pintu tidak membuat suhu udara dingin di bagian dalam berhamburan keluar.

Semakin banyak isi freezer maka akan semakin baik

Tahukah Anda bahwa freezer yang penuh dengan makanan-makanan beku bisa bertahan hingga 48 jam? Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena makanan-makanan beku yang ada di dalam kulkas akan saling melindungi. Dengan membentuk iglo seperti yang telah disampaikan di atas.

Baca juga: Cara Cepat Mendinginkan Air di Freezer, Wajib dicoba!

Dengan alasan yang sama pula lah Anda sangat dianjurkan untuk membuat es batu. Sebalinya, semakin sedikit isi lemari es, maka akan semakin menurun kemampuannya dalam menahan suhu.

Setelah listrik menyala

Setelah pemadaman listrik, terutama apabila berlangsung selama lebih dari 3 jam, lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Periksa suhu di dalam lemari es dengan menggunakan termometer. Termometer sangat penting untuk dimiliki apabila Anda mengandalkan freezer untuk menyimpan makanan. Apabila suhu mencapai 4,4 derajat Celcius selama 2 jam atau lebih akibat pemadaman listrik, pastikan Anda membuang makanan makanan yang membusuk seperti daging unggas atau daging ayam, seafood, telur, dan berbagai macam sisa makanan
  • Periksa setiap makanan. Buang makanan yang berbau, berubah warnanya atau teksturnya, serta yang terasa hangat saat disentuh
  • Hindari mencicipi makanan untuk mengetahui apakah makanan tersebut masih baik atau tidak karena berpotensi menyebabkan Anda sakit (keracunan) akibat bakteri
  • Tempatkan daging beku atau daging unggas di atas nampan sekali pun sudah dibungkus dengan plastik agar ketika mencair, airnya tidak akan menyebabkan makanan lain terkontaminasi
  • Jika ragu-ragu, jangan ragu untuk membuang makanan tersebut demi kebaikan Anda serta keluarga

Baca juga: Cara Mencegah Bau Kulkas dan Tips Mengatasinya

Di samping Anda harus tahu cara mempertahankan freezer tetap dingin saat mati lampu, Anda juga perlu mempersiapkan sumber listrik alternatif untuk mengantisipasi apabila pemadaman berlangsung lama dengan membeli cooler portable atau genset.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.