Beranda Panduan Cara Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu Yang Benar

Cara Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu Yang Benar

420
0
cara membersihkan bunga es pada kulkas

Ada banyak untuk cara membersihkan bunga es pada kulkas 1 pintu. Mulai dari yang sederhana, hingga cara yang ekstrim namun tetap aman dilakukan.

Pada dasarnya, bunga es ini muncul karena proses lemari es itu sendiri. Baik kulkas yang 1 pintu, maupun yang 2 pintu. Bedanya, evaporator kulkas 2 pintu tertutup, sehingga bunga es tidak terlihat.

Selain itu, lemari pendingin 2 pintu juga sudah dibekali fitur defros. Di mana, fitur ini berguna untuk mencairkan bunga es secara otomatis.

Baca Juga: Inilah Fungsi Utama Fuse Heater Pada Kulkas

Lain halnya pada pada kulkas 1 pintu yang tidak memiliki fitur tersebut. Sehingga, untuk mencairkan atau membersihkan bunga es harus dengan cara manual.

Sebenarnya ada juga kulkas 1 pintu yang sudah dibekali fitur defros. Namun, kebanyakan yang sering kita temui masih belum. Dalam kata lain, fitur defros pada kulkas 1 pintu hanya ada pada beberapa merek tertentu saja.

Bunga es pada kulkas 1 pintu ini pun jika dibiarkan akan cukup mengganggu. Pasalnya, hal ini dapat mempersempit ruang freezer, dan juga kulkas terlihat kotor.

Terlebih jika terkontaminasi tumpahan bahan makanan yang kita simpan. Selain ini, ini juga dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin secara maksimal.

Dalam membersihkannya pun ada beberapa cara yang harus kita hindari. Tentunya hal ini agar tetap aman dan tidak merusak kulkas tersebut.

Baca Juga: Beberapa Hal Yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas

..dan berikut ini berbagai cara membersihkan bunga es pada kulkas 1 pintu yang bisa Anda coba. Namun, sebelumnya mencoba keluarkan dulu semua bahan makanan yang ada di dalam lemari es Anda.

Untuk menjaga bahan makanan agar tidak rusak, masukan ke dalam thermos es. Atau, jika Anda punya kulkas yang lain, masukan bahan makanan ke dalam kulkas Anda tersebut.

1. Cabut stop kontak atau putar thermostat ke angka NOL

Cara ini terbilang yang paling mudah dan simple. Dengan kita mematikan kulkas tersebut, maka bunga es akan mencair dengan sendirinya.

Selanjutnya, kita dapat membersihkannya menggunakan lap kering jika semua bunga es sudah cair.

Sayangnya, cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih jika tumpukan bunga es sangat tebal. Akan tetapi, masih ada cara yang lain yang bisa Anda coba, kita lanjut ke cara yang kedua.

2. Mengompres bunga es menggunakan kain atau kanebo

Walaupun terdengar aneh, namun cara ini bisa Anda lakukan untuk membersihkan bunga es. Tentunya juga dengan penuh kesabaran dan ketlatenan.

Metodenya cukup sederhana, pertama keluarkan semua bahan makanan terlebih dahulu, kemudian matikan listriknya.

Setelah itu, letakan kain atau kenebo di atas bunga es, dan tunggu hingga beberapa saat. Kemudian, setelah kain terasa basah silakan angkat kemudian Anda peras.

Lakukan cara tersebut secara berulang-ulang, hingga bunga es benar-benar cair dan bersih semua. Tentu cara ini diperlukan kesabaran dan ketlatenan yang cukup tinggi, agar hasilnya maksimal.

3. Bersihkan bunga es dengan menggunakan air panas

Cara mencairkan bunga es pada kulkas yang satu ini terlebilang cukup cepat. Namun harus dengan penuh hati-hati dalam melakukannya.

Untuk prakteknya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan air panasnya terlebih dahulu.
  2. Matikan listrik atau cabut stop kontak kulkas tersebut.
  3. Keluarkan semua bahan makanan yang ada di dalam kulkas tersebut berikut rak-nya, sehingga Anda juga bisa sekalian mencuci bagian rak tersebut.
  4. Bawa keluar ruangan kulkas Anda, atau letakan beberapa kain di bawah kulkas. Hal ini bertujuan aga lantai tidak becek, jika Anda melakukannya di dalam ruangan.
  5. Selanjutkan siramkan air panas ke tumpukan bunga es secara perlahan. Dalam menyiramkannya, lakukan sedikit demi sedikit.

Perhatikan, bunga es pasti akan mencair secara perlahan namun pasti. Lakukan penyiraman menggunakan air panas tersebut berulang-ulang, maka bunga es akan bersih.

Baca Juga: Tips Mempertahankan Freezer Tetap Dingin saat Mati Lampu

Kesimpulan

Dari ketiga cara membersihkan bunga es pada kulkas 1 pintu di atas, manakah yang paling relevan ?. Semuanya benar dan dan hasil akhirnya pun sama. Namun, ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk Anda yang tidak mau ribet, dan punya waktu longgar mungkin bisa pakai cara pertama. Namun, untuk Anda yang suka dan “tlaten” dalam hal bersih-bersih, bisa pakai cara yang kedua.

Sedangkan untuk Anda yang ingin serba cepat, mungkin bisa pakai cara yang ketiga. dan cara ini biasa yang kami pakai, alasannya karena bunga es bisa cepat cair.

Selain itu, seperti yang sudah kami katakan, pada akhirnya hasilnya juga tetap maksimal. Anda mau coba cara yang mana ? Atau, mungkin punya cara lain ?

Silakan ceritakan pengalaman Anda melalui kolom komentar, agar pembaca yang lain juga tahu. Selamat mencoba panduan cara membersihkan bunga es pada kulkas 1 pintu ini. Semoga sukses..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.