Masalah swing AC tidak berfungsi sering kali membuat panik pengguna. Pasalnya kerusakan ini menyebabkan AC tidak bisa membuka atau menutup ketika dinyalakan.

Sebenarnya tidak perlu panik, karena hal ini merupakan masalah yang umum sering terjadi pada AC rumah. Mungkin karena ketidaktahuan, sehingga ini membuat sebagian pengguna panik.

Agar tidak panik dan pengguna tahu apa yang menyebabkan swing AC ini tidak berfungsi, maka silahkan baca artikel ini hingga selesai.

Untuk diketahui, swing merupakan salah satu komponen dari unit AC, di mana ia berfungsi untuk membuka dan menutup daun swing saat AC dinyalakan maupun dimatikan.

Terbuka atau tertutupnya swing juga bisa menjadi tanda jika AC tersebut dalam kondisi nyala atau tidak. Di mana ketika swing terbuka itu artinya AC nyala, dan sebaliknya.

Sehingga, apabila swing tidak bisa terbuka atau tertutup tentu kita tidak bisa membedakan AC tersebut dalam keadaan nyala atau tidak, kecuali dengan memperhatikannya dalam jarak yang dekat.

Setiap AC satu dengan yang lainnya menggunakan merek swing yang berbeda-beda, kecuali Sharp dan Gree yakni sama-sama menggunakan motor swing merek China.

Baca juga: Tipe AC Sharp Plasmacluster, Apa Fitur Unggulannya ?

Kenapa swing AC tidak berfungsi?

Agar pengguna tidak panik ketika swing AC tidak berfungsi dan tahu tindakan apa yang diperlukan, berikut ini beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.

1. Motor swing rusak

Motor swing terdiri ada dinamo yang didalamnya terdapat lilitan tembaga, dan juga roda gerigi. Komponen ini berfungsi untuk mengerakan seperti menutup dan membuka daun swing.

Apabila alat ini rusak, tentu daun swing tidak bisa terbuka dan tertutup saat AC dinyalakan maupun dimatikan.

Kerusakan motor swing biasanya disebabkan karena roda gerigi yang sudah aus, dan juga karena terdapat lilitan tembaga yang sudah putus.

Biasanya, motor swing yang rusak juga sudah tidak mungkin untuk diperbaiki. Sehingga, kita harus menggantinya dengan yang baru dan orisinil agar swing AC kembali berfungsi.

2. Pengait daun swing patah atau sudah aus

Untuk menghubungkan daun swing dengan motor swing, ia menggunakan semacam pengait. Sehingga, apabila pengait tersebut patah tentu daun swing tidak terhubung dengan motor swing.

Alhasil, swing AC tidak berfungsi atau tidak bisa membuka dan menutup saat AC dinyalakan atau dimatikan.

Untuk solusi masalah ini kita harus lihat dulu seberapa parah kerusakannya. Jika memang hanya retak, bisa rekatkan kembali atau menyambungnya menggunakan lem power glue.

Akan tetapi, jika kerusakan sudah parah kita perlu mengganti daun swing. Sayangnya daun swing ini tidak di jual untuk yang baru, alternatifnya bisa kita carikan daun swing bekas yang tentunya harus sama merek dan tipe AC nya.

Baca juga: Tips Membeli AC Bekas Agar Tidak Ada Penyesalan

3. Daun swing terganjal benda asing

Benda asing yang dimaksud bisa kotoran atau sesuatu yang intinya menganjal daun swing dan mengakibatkan swing tidak bisa membuka dan menutup.

Apabila hal ini menyebabkan swing AC tidak berfungsi, tentu solusinya cukup mudah. Yaitu kita buang benda yang manganjal tersebut, intinya bagaimana caranya agar daun swing tidak kembali terganjal oleh benda asing tersebut.

4. Terdapat kabel yang putus

Motor swing bisa bergerak karena mendapat arus listrik dari modul, di mana arus tersebut dialirkan menggunakan kabel.

Sehingga, apabila terdapat salah satu kabel yang putus maka motor swing tidak bisa berputar dan daun swing pun tidak dapat membuka atau menutup.

Kerusakan ini biasanya disebabkan umur, artinya seiring lamanya AC tersebut dipakai. Namun kabel putus juga bisa karena di gigit binatang seperti tikus.

Untuk memperbaiki motor swing akibat kabel yang putus tentu juga sangat mudah. Kita hanya perlu menyambung kembali kabel tersebut, atau juga bisa dengan menggantinya apabila memang diperlukan.

5. Terdapat socket yang kendor

Selain kabel, untuk menghubungkan motor swing dengan modul juga menggunakan socket. Apabila socket ini kendor atau kotor, tentu hubungan arus listrik tidak bisa sempurna.

Sehingga, hal ini membuat motor swing tidak bisa bekerja yang akhirnya daun swing juga tidak bisa terbuka dan tertutup.

Cara mengatasinya juga cukup mudah, yakni kita perlu melepas socket tersebut, kemudian kita bersihkan bagian dalamnya, lalu silahkan pasang kembali.

Namun, apabila socket masih juga kendor, kita harus mengganti socket tersebut dengan kondisinya yang masih bagus.

Baca juga: AC Tidak Dingin Setelah di Service, Apa Penyebabnya?

Selain masalah di atas, swing AC tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena kita mengganti modul AC dengan modul universal.

Biasanya ini ada perbedaan jalur kabel antara motor swing dengan modul universal tersebut. Sehingga, agar motor swing bisa bekerja, kita perlu memodifikasinya.

Caranya, silahkan simak gambar di bawah ini, dan urutkan kabel sesuai dengan kebutuhan.

Urutan kabel motor swing. Foto by: ahmadtknik

Nah. itu beberapa hal yang menyebabkan motor swing AC tidak berfungsi. Di mana ini berlaku untuk semua merek AC, seperi: Daikin, Sharp, Panasonic, LG, Gree, dan yang lainnya.

Agar artikel ini tidak hanya bermanfaat untuk Anda, silahkan share ke teman-teman di sosial media Anda.

Share.
Admin

Spesialis Service | Maintenance | Repair | Sales | Trade-in Air Conditioner and Home Appliances.

Leave A Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× Chat di WhatsApp
Exit mobile version