Beranda HVACR AC Tidak Dingin Setelah di Service, Apa Penyebabnya?

AC Tidak Dingin Setelah di Service, Apa Penyebabnya?

1611
2
AC tidak dingin setelah di service

Tentu Anda akan merasa jengkel jika masalah AC tidak dingin setelah di service terjadi pada mesin pendingin milik Anda. Atau, bisa jadi ini yang sedang Anda alami saat ini, hingga akhirnya Anda pun sampai di postingan ini.

Walaupun tidak semua pengguna mengalami hal ini, namun masalah seperti ini benar adanya. Sehingga banyak orang geram ketika mendapatkan keadaan yang seperti ini, terlebih biaya yang dikeluarkan pada saat servis AC tersebut lumayan besar.

Saya sendiri pun sering menerima keluhan dari beberapa orang atau pun pembaca website ini. Bahwasannya mereka menyampaikan AC miliknya tidak dingin padahal sudah di service juga pada bagian unit indoor dan outdoor.

Hal ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh kurang maksimalnya kita saat melakukan service AC tersebut. Atau, juga bisa ada masalah yang lain. Mengenai masalah AC tidak dingin dan cara mengatasinya pun, saya juga pernah menulis artikelnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Mengatasi AC Tidak Dingin Yang Biasa Terjadi

Masalah Umum AC Tidak Dingin Setelah di Service

..dan berikut ini beberapa kemungkinan yang menyebabkan AC tidak dingin setelah di service, agar rasa penasaran Anda terjawab lewat postingan kali ini.

AC masih kotor, karena kurang maksimal servis-nya

Seperti yang kita ketahui, salah satu faktor yang mengakibatkan pendingin udara tidak dingin yaitu karena AC tersebut kotor. Oleh karena itu, perlu dilakukan service atau perawatan secara berkala setiap 2 – 3 bulan sekali.

Nah, jika kita kurang maksimal membersihkannya, tentu hal ini membuat perfoma AC juga tidak maksimal. Alhasil, AC kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, silakan Anda bersihkan baik di unit indoor maupun outdoor, dan pastikan benar-benar bersih, terutama pada bagian kisi-kisi atau sirip yang ada di evaporator dan kondensor.

Tentunya hal ini juga harus di dukung dengan peralatan service atau mesin steam yang mumpuni, dan juga memiliki tekanan air yang kuat. Hal ini bertujuan agar kotoran yang berapa di bagian dalam evaporator atau kondensor betul-betul bersih.

Baca Juga: Alasan Kenapa AC Harus di Service Walaupun Masih Dingin

PCB modul atau sensor ada yang error, karena terkena air

Masalah seperti ini kerap kali dialami oleh Teknisi pemula, atau orang yang masih baru dalam pekerjaan service AC. Biasanya, ini terjadi karena kurang hati-hatinya Teknisi tersebut, sehingga air mengenai pada bagian modul, di mana yang seharusnya bagian tersebut tidak boleh terkena air.

Alhasil, modul control AC menjadi bermasalah, seperti kedip-kedip di bagian sensor-nya, AC sering mati hidup, atau berbagai macam jenis trouble lainnya.

Jika sudah seperti ini, cara penanggannya yakni bisa dikeringkan terlebih dahulu bagian yang terkena air, kemudian di pasang kembali. Atau, jika masih belum berhasil, bisa dilakukan restrat modul.

Saran saya, mending lebih berhati-hati saat melakukan service, terutama saat mencuci unit indoor. Jika memang ragu, sebaiknya pada bagian modul di tutup koran atau yang lain, agar tidak kecipratan air dan juga menghindari berbagai masalah yang mungkin bisa terjadi.

Tekanan freon kurang, namun tidak di tambah

Refrigerant atau freon merupakan bahan pendingin yang digunakan pada kebanyakan mesin penyejuk udara dalam proses pendinginan. Dalam penggunaannya juga sudah ada aturannya, berdasarkan dari jenis freon-nya, dan juga kapasitas AC-nya.

Jika saja tekanan freon ini kurang, tentu AC tidak bisa dingin maksimal atau bahkan tidak menghasilkan dingin sama sekali.

Tidak diketahui secara pasti berapa lama tekanan freon ini akan berkurang, hanya saja setiap dilakukannya service perawatan, sebaiknya juga di cek takanan freon-nya.

Hal ini untuk memastikan apakah masih normal atau tidak, sehingga jika terjadi kekurangan freon bisa ketahui lebih dini, agar dapat dilakukan penambahan sesuai dengan jenis freon yang digunakan.

Lain lagi jika tekanannya kosong hingga 0 PSI, jika seperti ini dapat dipastikan telah terjadi kebocoran freon. Kita juga tidak bisa langsung mengisinya begitu saja, tanpa harus mencari bocornya di mana kemudian dilakukan perbaikan terlebih dahulu.

Oleh karena itu, jika terjadi kebocoran freon alangkah baiknya di cari bocornya di manaaa, lalu diperbaiki, baru setelah itu bisa di isi freon lagi. Tentu saja ini dilakukan agar freon tidak terbuang sia-sia.

Baca Juga: Perbedaan Refrigerant atau Freon R22, R32, dan R410A

Kinerja mesin kompresor sudah tidak bisa maksimal

Bisa dibilang kompresor adalah inti dari sebuah mesin pendingin, jika performanya sudah menurun, tentu dingin yang dihasilkan pun juga tidak maksimal. Sehingga mengakibatkan AC tidak dingin walaupun sudah di service.

Banyak faktor yang menyebabkan kinerja mesin kompresor ini menurun, diantaranya: Ampere naik, kondensor kotor, kapasitor lemah, atau lama pemakaian juga bisa menjadi penyebab menurunnya performa kompresor tersebut.

Oleh karena itu, semua harus di cek dan dipastikan semuanya dalam keadaan normal saat melakukan service, agar AC bisa kembali normal seperti sedia kala.

Beberagai kemungkinan yang dapat menimbulkan AC tidak dingin setelah di service yang lain, yaitu:

  • Thermistor bermasalah
  • Hembusan kipas fan tidak kencang
  • Pengaturan suhu temperature terlalu tinggi
  • Salah menggunakan mode remote ( silakan pakai mode auto atau mode cool )
  • Menggunakan mode low watt, yang dapat menurunkan kinerja kompresor, dan lain-lain

Baca Juga: Tips Mengatur Remote AC Agar Menghasilkan Dingin yang Maksimal

Kesimpulan

Seperti yang saya katakan di atas, banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebab AC tidak dingin setelah di service. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan secara langsung agar masalah dapat diketahui secara pasti.

Namun, dari beberapa kemungkinan tersebut, empat diantaranya seperti yang sudah saya sampaikan pada tulisan ini. Masalah ini pun tidak hanya terjadi pada salah satu merek AC tertentu, namun mencangkup semua merek AC.

Entah itu, AC dari brand Daikin, Sharp, Polytron, Panasonic, Gree, dan yan lainnya, bisa saja mengalami masalah tidak dingin walaupun sudah di service.

..dan jika masalah AC tidak dingin setelah di cuci ini menimpa pada unit AC Anda, namun juga menemukan titik terang, silakan sampaikan pertanyaan Anda di kolom komentar. Saya akan senang membantu teman-teman sekalian, atau juga bisa konsultasi dengan menghubungi saya melalui halaman kontak.

(Rh/DsA)

2 KOMENTAR

  1. assalamu alaikum.
    Bang Ac Saya kenapa setelah di service outdorNya Tdk Bisa hidup.
    Padahal sebelum di service itu normal.
    Apa penyebabnya Bang mohom Info Bang.
    🙏🙏🙏🙏🙏🙏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.