Beranda Artikel Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Cara Mengatasinya

593
0
mesin cuci nyetrum

Punya masalah dengan mesin cuci nyetrum tentu tidak bisa dianggap remeh. Terlebih jika di tempat Anda ada orang tua dan anak-anak, pastinya ini menambah rasa “was-was” Anda, bukan?

Entah itu mesin cuci yang nyetrum dengan tegangan rendah atau tinggi, kami rasa cukup membuat kita tidak nyaman jika itu menyengat ke tubuh kita.

Seperti yang kita ketahui, dengan mesin cuci satu pekerjaan di rumah kita yakni mencuci pakaian akan terwakilkan oleh perangkat yang satu ini.

Pasalnya, dengan hanya menekan tombol proses mencuci hingga mengeringkan pakaian dapat diselesaikan dengan sempurna.

Namun juga perlu di ingat, biar bagaimana pun mesin cuci adalah ciptaan manusia, di mana pasti bisa rusak entah itu karena human error atau karena pemakaian yang sudah cukup lama.

..dan salah satu masalah yang terjadi yakni mesin cuci nyetrum. Di mana ini umumnya ini terjadi pada mesin cuci yang sudah digunakan dalam kurun waktu 2-3 tahun.

Kenapa? Karena dalam waktu tersebut umumnya beberapa komponen sudah mengalami keausan dan body mesin cuci pun sudah mulai berkarat.

Terlebih jika selama ini mesin cuci di simpan di dalam kamar mandi, yang cenderung berpotensi kecipratan air dan suhu sekitar yang lembab.

Tentu ini dapat mempercepat timbulkan karat di body mesin cuci tersebut, dan akhirnya kerusakan mesin cuci nyetrum pun tidak terhindarkan.

Baca Juga: Tips Menjaga Mesin Cuci Agar Awet Hingga 10 Tahun

..dan berikut ini akan kami sampaikan beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan mesin cuci di rumah Anda nyetrum, sehingga Anda pun tidak perlu panik setelah baca tulisan ini.

1. Kesalahan dalam pemasangan kabel grounding

Tidak adanya kabel grounding atau salah dalam pemasangannya sering kali menjadi penyebab kanapa mesin cuci bisa nyetrum.

Untuk diketahui, grounding adalah suatu instalasi listrik yang bisa meniadakan beda potensial sebagai pelepasan muatan listrik berlebih, dengan cara mengalirkannya ke tanah.

Biasanya, pada kabel power mesin cuci terdapat tiga kabel dengan warna merah, biru dan kuning, atau ada juga biru, hitam dan hijau.

Nah, untuk kabel warna kuning atau hijau itu untuk kabel grounding, yang biasanya dikaitkan ke body mesin cuci.

Jika kabel grounding ini tidak di pasang, atau malah tidak ada, biasanya memang bisa menyebabkan mesin cuci nyetrum, walaupun sentakannya tidak besar.

..Atau, ada juga yang kabel groundingnya sudah terpasang dengan benar, tapi mesin cucinya tetap nyetrum. Biasanya ini juga bisa disebabkan karena colokan listriknya terbalik.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut cukup kita balik colokannya maka grounding akan hilang. Namun jika masalahnya karena tidak ada kabel grounding-nya, sebaiknya kita kasih atau dipasang kabel grounding-nya.

Baca Juga: Tips Cara Mengatasi Grounding Pada Elektronik

2. Terdapat kabel yang terkelupas

Karena mesin cuci telah lama digunakan, biasanya kabel-kabel didalamnya juga sudah mulai rapuh, sehingga sedikit demi sedikit juga ada yang terkelupas.

Penyebab lainnya selain karena pemakaian, juga bisa karena di makan tikus. Sehingga ini membuat instalasi listrik pada mesin cuci menjadi bermasalah.

Kabel yang terkelupas, kemudian menempel di body tentu bisa menyebabkan mesin cuci tersebut nyetrum jika kita pegang.

Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan dengan membungkusnya menggunakan solasi listrik, atau menggantinya bisa kondisi kabel sudah tidak layak digunakan kembali.

3. Komponen mesin cuci ada yang korslet

Korslet atau hubungan pendek arus listrik, selain membuat MBC turun juga bisa menyebabkan komponen mesin cuci mengalami masalah.

Masalah ini bisa terbakar atau meleleh pada komponen tertentu, seperti kapasitor dan motor dinamo.

Selain membuat mesin cuci tidak bisa digunakan, kadang juga memberi efek mesin cuci jadi nyetrum saat kita pegang, yang tentunya dengan kondisi kabel power tercolok ke listrik.

Oleh karena itu, jika Anda merasa ada yang aneh tidak seperti biasanya dengan mesin cuci Anda, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal, misalnya sampai korslet atau terbakar motor dinamo-nya.

Baca Juga: Mengenal Komponen Mesin Cuci 2 Tabung dan Fungsinya

4. Motor dinamo terbakar atau sudah kontak body

Umumnya mesin cuci menggunakan motor dinamo sebagai penggeraknya. Sayangnya, motor dinamo ini bisa terbakar jika terlalu panas akibat terlalu lama dalam penggunaannya, atau juga bisa karena usia.

Hal ini pun juga bisa menyebabkan mesin cuci nyetrum, karena terjadi korsleting listrik di dalam motor dinamo tersebut, dan akhirnya terjadilah kontak body.

Tanda-tanda motor dinamo yang terbakar biasanya akan tercium bau gosong di area sekitar motor dinamo tersebut, atau kita juga bisa memeriksanya menggunakan multitester.

Jika kebetulan Anda tidak memiliki multitester, kami sangat menyarankan sebaiknya panggil Teknisi agar bisa dilakukan pemeriksaan, sehingga segera akan diketahui apakah motor dinamo mesin cuci Anda terbakar atau tidak.

Itulah beberapa faktor yang biasanya menyebabkan mesin cuci nyetrum. Semoga bisa membantu, dan jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.