Beranda Panduan Tips Menjaga Mesin Cuci Agar Awet Hingga 10 Tahun

Tips Menjaga Mesin Cuci Agar Awet Hingga 10 Tahun

14
0

Mesin cuci dan kehidupan rumah tangga memang sangat dekat hubungannya. Bahkan beberapa ibu tidak bisa membayangkan bagaimana kacaunya jadwal dan keadaan rumah tanpa mesin cuci.

Sebenarnya, hal ini juga yang pasti dialami kebanyakan ibu rumah tangga yang menilai beratnya hidup tanpa mesin cuci. Sedikit lebay memang, namun begitulah kenyataannya, terlebih lagi jika di rumah sudah ada anak.

Kabar baiknya, semakin ke sini zaman semakin berkembang dan memudahkan semua urusan manusia. Dengan bantuan mesin cuci, rutinitas harian yang tidak boleh ditinggalkan seperti mencuci pakaian kotor dapat dilakukan dengan cepat dan lebih efisien.

Baca juga: Mengenal Komponen Mesin Cuci 2 Tabung dan Fungsinya

Mengingat pentingnya keberadaan mesin cuci di dalam rumah, maka kita harus benar-benar merawat mesin cuci agar awet dan lebih tahan lama.

Ya… seperti yang kita semua tahu, harga mesin cuci juga tidak bisa dibilang murah, bukan? Berikut adalah beberapa tips merawat mesin cuci agar bisa tahan lama:

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjaga Mesin Cuci

Merawat dan meminimalisir kerusakan mesin cuci ternyata mudah sekali dilakukan, Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal sederhana berikut ini.

1) Penempatan Mesin Cuci

Hal yang pertama yang perlu Anda perhatikan saat memiliki mesin cuci adalah bagaimana Anda menempatkan benda ini di dalam rumah. Pastikan ruangan mencuci memiliki sirkulasi udara yang baik dan stabil suhunya.

Baca juga: Ide Penempatan Mesin Cuci Yang Benar dan Keren

Pastikan juga alas yang digunakan adalah media yang datar dan jangan terkena sinar matahari secara langsung. Dengan menyiapkan tempat yang baik, maka akan menjaga mesin Anda tetap awet dan terjaga.

2) Jangan Memasukkan Baju Terlalu Banyak

Mesin cuci juga memiliki daya tampung atau kapasitas muatan yang perlu Anda perhatikan. Biasanya daya tampung mesin cuci yaitu minimal 7 kg hingga 10 kg. Jadi usahakan agar kapasitas baju kotor yang dimasukkan ke dalam mesin ini tidak melebihi jumlah ini.

Karena jika mesin cuci dipaksa bekerja melebihi kapasitasnya, maka mesin ini akan lebih cepat mengalami kerusakan dan hasilnya tidak akan sempurna.

Jika cucian Anda memang banyak, Anda dapat menyiasatinya dengan melakukan pencucian secara bertahap dibanding menjejalkan pakaian kotor sekaligus yang akan membuat mesin harus bekerja ekstra dan akan menyebabkan mesin cepat rusak.

3) Perhatikan Petunjuk Pemakaian

Salah satu yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan mesin cuci adalah dengan tetap memperhatikan petunjuk pemakaian dari benda ini. Hindari hal-hal yang tidak perlu dilakukan seperti membuka mesin cuci dengan paksa saat mesin masih beroperasi atau menambah waktu mencuci sebelum mesin berhenti beroperasi dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Agar Bersih Maksimal

..Hal ini akan membuat mesin cepat rusak dan berdampak pada kerusakan atau korsleting pada mesin cuci Anda.

4) Lindungi Panel Kontrol Mesin Dari Air

Tips menjaga mesin cuci selanjutnya, yakni melindungi Panel kontrol atau pusat kontrol mesin cuci. Di mana ini merupakan komponen yang sangat rentan terhadap air. Jadi sebaiknya Anda menjaga agar panel kontrol jangan sampai terkena air untuk menghindari resiko korsleting listrik. Dengan begini, masa pakai mesin cuci Anda akan lebih lama.

5) Periksa Pakaian Kotor yang Akan Dicuci

Saat akan mencuci, jangan lupa untuk memeriksa pakaian kotor Anda terutama dibagian saku. Jangan lupa untuk mengeluarkan benda-benda seperti jepit rambut, peniti dan juga uang logam yang mungkin terdapat dalam saku pakaian. Benda-benda ini juga berpotensi membuat mesin sering macet dan cepat rusak.

6) Membersihkan mesin Setelah Dipakai

Memakai mesin cuci agar tetap awet, antara lain adalah dengan rajin membersihkannya setelah digunakan. Setelah selesai mencuci, bersihkan bagian dalam mesin dengan lap yang bersih dan kering.

Pastikan mesin cuci tidak selalu dalam keadaan lembab bahkan basah. Atau pada mesin cuci jenis tertentu, mereka menentukan waktu yang tepat kapan mesin cuci harus dibersihkan yang perlu Anda ikuti.

7) Cabut Kabel Mesin Cuci Ketika Tidak Sedang Digunakan

Jangan lupa pula untuk mencabut kabel mesin cuci setelah selesai digunakan agar aliran air tidak terus mengalir ke mesin cuci dan menyebabkan korsleting listrik. Dengan mencabut kabelnya, Anda juga menjadi lebih menghemat listrik.

Selain aman, Anda tentu bisa menghemat daya listrik yang digunakan. Atau jika ingin lebih simple dan mudah, belilah stop kontak yang memiliki saklar sekaligus, dengan begitu Anda hanya perlu mematikan saklar aliran listrik menuju ke mesin cuci.

Baca juga: Spesifikasi Mesin Cuci LG TS81VM Top Loading 8 Kg

Itulah beberapa hal sederhana yang perlu Anda lakukan untuk menjaga mesin cuci agar tetap awet dan tahan lama. Dengan perawatan dan cara pemakaian yang tepat, maka sedikit banyak akan dapat membuat mesin Anda lebih panjang masa pemakaiannya sekaligus meminimalisir seringnya terjadi kerusakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.