Beranda Panduan Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Agar Bersih Maksimal

Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Agar Bersih Maksimal

956
0

Mencuci menggunakan mesin cuci memang cenderung lebih praktis dibandingkan dengan mencuci dengan tangan. Sayangnya, kepraktisan tersebut seringkali tidak dibarengi dengan hasil pencucian yang maksimal.

Terbukti, untuk beberapa kotoran yang membandel, mesin cuci tidak mampu menghilangkan noda sepenuhnya pada pakaian.

Hal ini tentu menjadi dilema untuk para ibu yang kadang menginginkan semuanya serba bersih dan sempurna. Apalagi, bagi Anda yang memiliki kegiatan yang cukup padat dan tidak ada waktu lagi buat mengulang pekerjaan.

Baca Juga : Ide Penempatan Mesin Cuci yang Benar dan Keren

Namun jika Anda tahu, sebenarnya ada cara yang bisa mencuci dengan mesin cuci agar bersih maksimal lho! Penasaran? berikut cara mencuci dengan menggunakan mesin cuci agar bersih maksimal.

1. Masukkan Pakaian Sesuai dengan Kapasitas Mesin Cuci

Meskipun sedang buru-buru, hindarilah untuk memasukkan pakaian yang terlalu banyak pada mesin cuci. Jika Anda merupakan salah satu orang yang menganggap bahwa memasukkan pakaian banyak pada mesin cuci bisa lebih cepat, maka berhentilah melakukan hal tersebut mulai sekarang.

Selain akan membuat mesin cuci Anda cepat rusak, memasukkan pakaian tidak sesuai dengan kapasitas mesin juga akan membuat hasil pencucian kurang maksimal.

Hal ini pula, yang sering menjadi alasan mengapa hasil dari pencucian mesin cuci terkadang masih menyisakan kotoran. Alasannya tentu karena mesin cuci tidak bisa menjangkau seluruh bagian pakaian secara maksimal karena ruangan terlalu penuh.

2. Gunakanlah Detergen Khusus untuk Mesin Cuci

Cara selanjutnya yaitu gunakanlah detergen yang memang diperuntukan untuk mesin cuci. Bisa dibilang, sebagian orang masih sering beranggapan bahwa detergen biasa akan sama dengan detergen mesin cuci. Padahal antara keduanya memiliki fungsi dan kekuatan daya cuci yang berbeda.

Oleh karena itulah, meskipun detergen biasa bisa maksimal jika digunakan untuk mencuci dengan tangan, tetapi detergen biasa tidak cocok digunakan untuk mesin cuci.

Hal itu dikarenakan, umumnya detergen biasa akan menghasilkan busa dengan kapasitas air yang sedikit. Sedangkan ketika digunakan di dalam mesin cuci kekuatan busa tersebut tidak akan mampu mengimbangi kapasitas air yang cukup banyak di dalam mesin cuci.

3. Jangan Lupa Gunakan Detergen Sesuai dengan Takaran

Meskipun dipercaya akan membantu membersihkan pencucian pakaian, namun memberikan detergen yang berlebihan sangat tidak disarankan.

Hal itu disebabkan karena membuat pakaian menjadi lebih bersih, tapi detergen yang berlebihan malah akan membuat kinerja mesin cuci kurang maksimal. Terlebih jika pencucian Anda lakukan pada mesin cuci dengan model bukaan depan atau front loading.

4. Gunakan Air Sesuai dengan Takaran Mesin Cuci

Sebelum menggunakan mesin cuci, cobalah meluangkan sedikit waktu Anda untuk membaca petunjuk penggunaan dan pengisian air. Cara ini cukup penting karena nantinya akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan hasil pencucian yang maksimal. Hal itu dikarenakan, setiap mesin cuci umumnya memiliki takaran air dan cara penggunaan yang berbeda.

5. Untuk noda-noda yang membandel yang susah dijangkau oleh mesin cuci, sebaiknya Anda merendam terlebih dahulu sebelum memasukkan ke dalam mesin cuci.

Khusus baju yang terdapat noda membandel, akan lebih efektif jika Anda merendamnya dengan deterjen terlebih dahulu.

..dengan begitu, meskipun mesin cuci susah untuk menjankau noda tersebut, tapi pasti noda akan luntur karena kita sudah merendamnya terlebih dahulu.

Selain cara-cara umum di atas, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan mesin cuci itu sendiri. Bersihkanlah mesin cuci sesuai waktu yang sudah diatur otomatis oleh mesin.

Pada mesin cuci jenis tertentu memberikan waktu otomatis kapan kita harus membersihkannya. Jika tidak ada, Anda bisa membersihkan mesin minimal sebulan sekali.

Baca Juga : Tips Merawat Mesin Cuci Agar Tetap Terjaga dan Optimal

Agar mesin cuci bersih maksimal, gunakan air hangat serta campurkan air dengan sitrun agar kerak-kerak yang menempel bisa terangkat.

Sitrun ini banyak dijual di toko-toko makanan atau kue bahkan di toko online sekalipun. Semoga membantu ya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.