Penyebab Kulkas Tidak Dingin Yang Harus Anda Ketahui!

Ada banyak cara untuk mengetahui penyebab kulkas tidak dingin. Salah satunya yaitu dengan mengecek seluruh komponen apakah dalam kondisi baik alias tidak ada yang rusak. Tentu ini bukan masalah yang gampang jika anda bukanlah seorang teknisi, atau seseorang yang tidak mengetahui masalah kulkas.

Kerusakan yang terjadi pada kulkas biasanya ada yang di tandai dengan suara mesin berdengung keras, evaporator bocor ketusuk benda tajam, dan tidak sedikit juga yang secara tiba-tiba kulkas tidak dingin. Mungkin anda akan merasa panik jika mengalami seperti ini, karena makanan yang ada di dalam kulkas masih banyak, dan anda takut kalau nantinya jadi busuk / basi semua.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Namun sekarang anda tidak perlu panik lagi, karena pada artikel ini akan mengupas berberapa faktor yang menjadi penyebab kulkas dingin. Untuk jenis kulkas sendiri ada 2 macam, yaitu kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu. Yang tentunya masalah juga berbeda-beda.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

1# Evaporator Bocor

Evaporator bocor bisa mengakibatkan kulkas tidak dingin. Karena gas freon pasti akan keluar semua, biasanya ini di sebabkan karena terkena tusukan benda tajam. Misalnya anda kesulitan saat mengambil es batu, karena ada bunga es terlalu banyak, kemudian anda memakai pisau sehingga tidak anda sadari pisau tersebut mengenai evaporator. Untuk tips anda bisa baca artikel cara merawat kulkas yang benar.

2# Thermostat Putus Alias Tidak Berfungsi

Pada kulkas terdapat otomatis pengatur suhu yang namanya Thermostat. Dan jika thermostat ini putus, tentu kompresor tidak akan mendapat kiriman listrik. Sehingga kulkas menjadi tidak dingin. Jangan lupa juga baca fungsi thermostat pada kulkas.

3# Overload Rusak

Overload ini letaknya menempel pada kompresor. Alat ini berfungsi sebagai otomatis atau semacam relay. Jika terjadi panas berlebih pada kompresor, makan overload ini akan memutus arus yang masuk ke kompresor. Sehinga ini menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin. Baca selengkapnya pada artikel fungsi dan cara kerja overload kulkas.

4# Terjadi Buntu / Mampet Pada Instalasi Freon

Masalah seperti ini biasa terjadi pada semua jenis pendingin, baik freezer, chiller, upright freezer. Gejalanya yaitu kondensor jika anda pegang bagian samping kanan kiri atau belakang kulkas tidak terasa panas sama sekali.Hal ini disebabkan karena sirkulasi freon mampet pada pipa kapiler.

5# Pintu Kulkas Tidak Rapat Saat di Tutup

Pintu kulkas yang longgar juga bisa menyebabkan kulkas tidak dingin. Karena hawa dingin yang ada dalam kulkas akan selalu keluar. Biasanya hal ini terjadi karena antara magnet dan karet pintu kulkas sudah tidak lengket lagi. Solusinya anda bisa ganti karet pintu tersebut dengan yang baru.

6# Kompresor Lemah / Ampere Tinggi

Kompresor adalah jantung dari semua komponen pada kulkas, sehingga jika ini lemah atau mati kulkas tidak bisa dingin sebagai mana fungsi utamanya. Untuk solusinya anda bisa ganti kompresor baru, atau yang second tapi masih 90% normal.

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

Penyebab-penyebab yang membuat kulkas 1 pintu tidak dingin juga bisa terjadi pada kulkas 2 pintu, namun ada berberapa komponen kulkas yang tidak pada kulkas 1 pintu, dan hanya ada pada kulkas 2 pintu yang menyebabkan tidak dingin.

1# Timer Sudah Tidak Normal

Ini maksudnya yaitu timer otomatis sudah tidak bisa berputar dengan sempurna. Timer ini berfungsi untuk mengatur semua komponen pada kulkas. Alat ini pun hanya terdapat pada kulkas 2 pintu, dan jika timer ini rusak juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Untuk lebih lanjut bisa baca pengertian dan fungsi timer pada kulkas.

2# Kipas FAN Rusak Alias tidak Berputar

Kipas fan rusak atau tidak berputar menyebabkan dingin yang ada pada evaporator tidak bisa menyebar ke dalam ruangan kulkas, sehingga pada bagian freezer akan mengalami ngeblok jadi es semu. Tentu ini juga bisa mengakibatkan kulkas anda tidak dingin. Kipas FAN yang saya maksud ini yaitu kipas FAN yang ada pada bagian freezer maupun yang di bawah dekat kompresor. Ini juga hanya terdapat kulkas 2 pintu atau kulkas ukuran besar.

3# Fuse / Heater Putus

Fuse ini letaknya di dalam bagian freezer atas, ini berfungsi untuk mencairkan bunga es. Jika fuse ini rusak maka juga dapat mengakibatkan bunga es yang terlalu banyak, sehingga kulkas tidak bisa dingin.

Nah itulah beberapa penyebab kulkas tidak dingin yang mungkin umum terjadi. Mungkin saya akan update lagi artikel ini, karena memang ada banyak yang membuat kulkas tidak dingin, baik secara tiba-tiba maupun berturut-turut. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman di sosial media anda, dan jika dirasa ada yang belum anda mengerti silahkan sempaikan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ini.

88 Comments

  1. aldi
  2. arief setiawan
  3. Awalul azmi
  4. meriyani
  5. a.i.p
  6. jojo
  7. mia
  8. Novita
  9. gunawan
  10. dwi puspa
  11. hendra
  12. Apunk
  13. harjo
  14. Antonius
  15. Sirait
  16. Aris
  17. dhiana
  18. narno
  19. david
  20. asmawati
  21. destian
  22. eji
  23. Silfi
  24. lala
  25. Asep
  26. yasin
  27. Kafid
  28. aini
  29. udin
  30. Taufik Sunar
  31. Iqok
  32. wiwik novianawatti
  33. Adi Purwanto
  34. angga
  35. Setiawan
  36. daud
  37. arum
  38. naik pangky
  39. Yani
  40. Siti
  41. Taufik
  42. Heri
  43. krisna
  44. sri

Leave a Reply