Beranda Review Kelebihan dan Kekurangan Pipa AC Merk Nippon Steel

Kelebihan dan Kekurangan Pipa AC Merk Nippon Steel

840
0
spesifikasi pipa ac nippon steel

Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula saat kita berbicara mengenai pipa AC (air-conditioner) terbaik untuk model wall mounted, kaset (cassette), AC window, hingga floor mounted.

Pasalnya, di luar sana banyak sekali merk pipa penyejuk udara yang tersedia; cukup populer; dianggap berkualitas; serta kuat dan tahan lama. Seperti merk Tateyama, Hoda, hingga Nippon Steel.

Mengapa harus memilih pipa AC berkualitas?

Membeli dan memasang AC di rumah ataupun di kantor, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya yang dikeluarkan tidak hanya pada saat membeli dan memasang, juga dibutuhkan biaya perawatan apabila Anda tidak bisa merawat sendiri, sehingga membutuhkan bantuan teknisi AC profesional.

Teknisi AC bisa diandalkan untuk membersihkan AC setiap 3 bulan sekali atau lebih sering, tergantung kondisi; untuk mengecek kerusakan, memperbaiki error, menambah freon, hingga mengganti pipa jika dibutuhkan.

Karena biaya pemasangan dan perawatannya cukup besar, maka akan lebih baik apabila kita mengantisipasi dan menghindari pemborosan (biaya) dengan memilih AC yang berkualitas dan bermutu tinggi, memasangnya dengan benar, serta memilih pipa yang bagus dan sesuai dengan standar agar tidak mudah rusak dan agar freon tidak boros.

Baca Juga: 5 Daftar Pipa AC Terbaik di Indonesia Untuk Teknologi Inverter

Pipa AC Nippon Steel

Pipa AC Nippon Steel adalah salah satu pipa set air conditioner yang sangat direkomendasikan karena memiliki kualitas yang cukup baik dan telah memenuhi standar.

Anda diharuskan untuk memilih dan membeli pipa set berkualitas tinggi agar terhindar dari pemborosan akibat kerusakan atau kebocoran. Pasalnya, apabila terlalu tipis, pipa AC akan cepat rusak atau bocor sehingga perlu diganti. Bahkan tak jarang, harus diganti setiap 2-3 tahun sekali.

Padahal, jika pipa yang dipilih adalah yang bagus dan berkualitas, sekalipun harganya sedikit agak mahal, pipa tersebut umumnya bisa bertahan hingga 10 tahun.

Oleh sebab itu, kami sangat menganjurkan Anda untuk membeli pipa AC yang dapat menahan beban dan tekanan dari refrigeran (freon) yang digunakan.

Baca Juga: Mengenal Ciri-Ciri AC Kurang Freon Yang Harus Diketahui

Spesifikasi pipa AC Nippon Steel

Agar bisa memilih yang terbaik dan sesuai (standar), Anda bisa melihat spesifikasi singkat pipa AC Nippon Steel di bawah ini, lalu bandingkan dengan merk lain seperti Hoda atau Tetayama.

  • Pipa set untuk AC dengan kapasitas 1/2 PK, 3/4 PK, atau 1 PK, bisa menggunakan pipa AC set 1/4″ x 3/8″. Pipa ini biasanya tersedia dengan panjang maksimal 30 m.
  • AC 1.5 PK s/d 2 PK disarankan menggunakan pipa berukuran 1/4″ x 1/2″ juga tersedia dengan panjang maksimal 30 m.
  • AC 2.5 PK s/d 3 PK cocok menggunakan pipa 1/4″ x 5/8″ yang 1 rol-nya bisa mencapai 30 meter.
  • AC 3 PK s/d 4 PK sebaiknya dipasangkan dengan pipa Nippon Steel yang memiliki ketebalan 3/8″ x 5/8″.

Sedangkan untuk AC kapasitas 4 PK sampai dengan 5 PK, direkomendasikan menggunakan pipa 3/8″ x 3/4″

Selain dijual dengan panjang maksimal atau per roll, biasanya pipa AC juga ada yang dijual secara eceran atau meteran sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Harga pipa AC Nippon Steel cukup beragam, tergantung panjang dan di mana Anda membelinya. Jika tidak yakin, Anda bisa mengecek harga pipa AC di toko online sebelum memutuskan untuk membeli di toko offline atau sebaliknya.

Kelebihan dan kekurangan pipa AC Nippon Steel

Unit air conditioner yang menggunakan freon R-32 ataupun R-410a biasanya membutuhkan pipa tembaga yang ketebalannya mencapai 0,6 mm atau lebih. Karena pipa dengan ketebalan yang cukup bisa menahan tekanan freon yang tinggi sehingga tidak mudah bocor.

Disamping harus memiliki ketebalan yang cukup, pipa yang baik juga perlu dilindungi dengan busa atau pelindung khusus agar tidak mudah rusak akibat korosi atau pengaruh lingkungan seperti sinar ultraviolet.

Baca Juga: Perbedaan Refrigerant Freon R32 R22 dan R410A

Agar lebih yakin dan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli salah satu pipa AC terbaik merk Nippon Steel, Anda bisa melihat kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

  • Kelebihannya yang pertama adalah, telah memenuhi standar ketebalan pipa AC yang dapat menahan tekanan freon R-410a dan freon R-32. Jenis freon ini umum digunakan pada jenis AC inverter maupun AC standard (non-inverter) model split ataupun non-split.
  • Tidak hanya tersedia pilihan ketebalan 0,6 mm, tapi juga tersedia dalam ketebalan 0,7 mm jika Anda menginginkan pipa yang lebih kuat.
  • Proses penggunaan dan instalasi mudah.
  • Harga bersaing dan relatif terjangkau.
  • Tidak hanya dijual per roll tapi juga tersedia eceran dalam bentuk meteran.
  • Dilindungi dengan lapisan yang lentur dan kokoh.
  • Beberapa tahun silam, kelangkaan di pasar menjadi satu-satunya kekurangan pipa AC Nippon Steel. Namun saat ini, pipa merk ini cukup mudah ditemukan dan bisa dibeli secara online.
  • Selain tersedia versi isolated (insulated copper tube) yang terbungkus busa, tersedia juga versi telanjang atau yang tidak dilindungi dengan busa (uninsulated copper tube).

Baca Juga: Rekomendasi AC Cassette yang Terbaik dan Berkualitas

Kelebihan dan kekurangan pipa AC merk Nippon Steel di atas dapat Anda jadikan sebagai panduan untuk menentukan pipa merk manakah yang akan Anda gunakan untuk AC di rumah. Anda juga tak perlu lagu menggunakan merk pipa lainnya seperti merk Hoda, Artic, ataupun merk Sankyo.

Karena, pipa AC saat ini rata-rata berkualitas tinggi. Hanya saja, Anda perlu mempertimbangkan ketebalannya berdasarkan jenis freon yang digunakan oleh sistem penyejuk udara yang Anda miliki serta budget yang tersedia.

(Rh/DsA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.