Beranda Review Review dan Spesifikasi Pipa AC Merk Tateyama

Review dan Spesifikasi Pipa AC Merk Tateyama

pipa ac tateyama

Pipa AC Tateyama banyak dipilih karena kualitasnya. Salah satu pipa AC terbaik ini, hadir dengan ketebalan antara 0.60 mm s/d 0.8mm. Pilihan tebalnya pipa bisa disesuaikan dengan jenis freon yang digunakan pada AC.

Jika air con Anda menggunakan freon model baru seperti R-410a atau freon R-32, maka memilih pipa dengan ketebalan 0,7 mm atau 0,8 mm adalah pilihan tepat.

Mengapa memilih pipa AC sebaiknya yang tebal dan berkualitas?

Secara umum, alasan mengapa orang banyak memilih pipa AC yang tebal adalah, untuk menghindari kebocoran akibat tekanan tinggi dari freon. Semakin tebal pipa yang digunakan, biasanya akan semakin tahan lama sehingga tidak perlu sering-sering diganti.

Baca Juga: Penyebab AC Bocor Freon Yang Biasa Sering Terjadi

Apa dampaknya apabila memilih pipa AC yang terlalu tipis?

Memilih pipa AC yang terlalu tipis atau di bawah standar ketebalan yang direkomendasikan akan mengakibatkan beberapa dampak berikut ini:

  • Mudah bocor sehingga menyebabkan freon AC cepat habis atau AC tidak dingin.
  • Akan membuat Anda rugi waktu, tenaga, dan juga biaya, karena harus mengganti pipa sebelum waktunya. Secara umum, pipa yang berkualitas dengan ketebalan yang tepat dapat bertahan kurang lebih 10 tahun. Jadi, jika pipa AC di rumah Anda perlu diganti dan harus ditambahkan freon padahal unit tersebut baru saja dipasang 2-3 tahun, itu artinya, pipa yang digunakan bisa saja berkualitas rendah atau instalasinya kurang tepat.

Review Pipa AC Tateyama

Tateyama adalah salah satu merk pipa AC yang cukup populer, mudah ditemukan, dan dianggap berkualitas tinggi. Ini adalah set pipa yang terbuat dari bahan bermutu tinggi dan memiliki ketebalan yang cukup, dengan beberapa pilihan yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Karena pilihan ketebalan pipa cukup beragam, antara 0,6mm hingga 0,8mm, membuat pipa set AC merk Tateyama dapat diaplikasikan untuk AC yang menggunakan freon R-22, freon R410 atau yang menggunakan freon R-407C.

Freon R410 adalah contoh freon bertekanan tinggi yang membutuhkan pipa dengan ketebalan minimal 0,6mm. Namun jika ingin lebih awet dan aman, Anda disarankan menggunakan pipa dengan ketebalan 0,7mm atau lebih.

Keunggulan pipa AC Tateyama

Pipa air conditioner ini dibuat dengan standar Jepang yang terkenal memiliki mutu tinggi dan awet sehingga dapat diandalkan. Standar yang digunakan pada pipa Tateyama adalah standar ASTM B280 dan JIS jepang H33OO C1220T. Keduanya memiliki kualitas standar yang cukup tinggi.

Di bagian dalam, dinding pipa menggunakan bahan tembaga (soft temper) dengan strength resistance yang memadai, dan di bagian luarnya dibungkus dengan busa polietilen anti api.

Busa ini apabila terkena api tidak akan terbakar dan bisa membuat api padam sendiri. Secara keseluruhan, ketebalan insulasi pipa mencapai 10-15 mm atau setara dengan 3/8 inch sampai dengan 5/8 inch.

Spesifikasi pipa ini memenuhi standar kualitas pipa AC yang baik dan bisa digunakan untuk air conditioner yang menggunakan freon R407 ataupun R-410a. untuk mengetahui lebih jauh mengenai kualitas pipa ini, Anda bisa melihat spesifikasi singkatnya di bawah.

Baca Juga: 5 Daftar Pipa AC Terbaik di Indonesia Untuk Teknologi Inverter

Spesifikasi pipa air conditioner Tateyama

  • Jenis tembaga yang digunakan: Soft temper
  • Komposisi: Cu 99.90% min; P 0.015-0.040%
  • Elongation (keuletan atau kemampuan meregang ketika mendapat beban): 40% min
  • Tensile strength (kekuatan peregangan ketika ditarik): 205 Mpa
  • Insulasi pipa dengan tebal: 10-15 mm
  • Stretch resistant: >14.7 N/cm2
  • Kemampuan menahan suhu: -70 C s/d 105 Celcius
  • Anti api
  • Panjang pipa berkisar antara 20-30 m

Kelebihan pipa AC Tateyama

  • Tahan api. Seperti yang telah diungkapkan di bagian atas, pipa ini dilengkapi dengan busa anti api yang cukup tebal sehingga bisa melindungi tembaga di bagian dalamnya dengan baik dari kondisi panas ataupun penyebab korosi.
  • Pipa dengan ketebalan 0. 60 mm dan 0.65mm panjangnya mencapai 30 m. Dan pipa dengan ketebalan 0.70 mm-0.80mm panjangnya mencapai 20 m.
  • Pipa ini bisa langsung dipakai dan digunakan, dengan proses pemasangan yang mudah.
  • Tingkat peregangan dan kekuatan menahan beban cukup baik. Sehingga, tidak mudah patah atau retak.
  • Harga bersahabat. Harga pipa Tateyama cukup terjangkau dan mudah didapat.
  • UV protection. Dilengkapi pelindung anti sinar UV.
  • Kuat, dalam menahan tekanan freon jenis R410 atau R407

Baca Juga: Rekomendasi AC Tipe Standard dari Berbagai Merk

Nah, itulah sekilas tentang pipa AC Tateyama, semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sedang mencari informasi pipa tembaga untuk instalasi pendingin udara yang berkualitas.

(Rh/Hk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.