Beranda Artikel Rekomendasi AC Cassette yang Terbaik dan Berkualitas

Rekomendasi AC Cassette yang Terbaik dan Berkualitas

rekomendasi ac cassete

Bagi mereka yang awam, istilah yang digunakan untuk menyebutkan macam-macam AC kadang-kadang sedikit membingungkan. Tidak mengherankan, mengingat sebagian besar kita hanya mengenal AC jenis wall mounted yang dipasang di dinding.

Padahal, ada juga jenis AC kaset (cassette), AC jendela (window air con), AC single split dan multi split, AC ducted, hingga jenis AC portable.

Apa yang dimaksud AC cassette?

Air conditioner jenis cassette (kaset) atau disebut juga ceiling cassette AC (AC langit-langit) adalah sistem penyejuk ruangan yang diinstal atau dipasang pada langit-langit ruangan di rumah atau di gedung perkantoran.

Pada umumnya, unit indoor AC cassette akan diletakkan di langit-langit bagian tengah ruangan, karena unit tersebut biasanya telah dilengkapi dengan kipas atau blower yang cukup kuat. Dengan adanya blower atau booster fan tersebut, AC bisa mengalirkan udara ke seluruh ruangan serta menjangkau hingga ke sudut-sudut terjauh.

Baca Juga : Mengenal AC Standard, Low Watt dan Inverter, Pilih yang Mana?

Mengapa memilih air conditioner jenis cassette?

Air Con model kaset ini telah dilengkapi dengan kipas dan kapasitas pendingin yang besar, lebih besar dibandingkan dengan rata-rata AC pada umumnya. Oleh sebab itu, AC ini akan sangat cocok ditempatkan di ruangan yang lebar seperti di ruang tamu, lobby, apartemen, atau di gedung perkantoran yang luas.

Keuntungan atau kelebihan memasang AC kaset

  • Distribusi udara sejuk yang dikeluarkan dari unit air conditioner umumnya sangat baik karena letaknya yang berada di tengah-tengah ruangan
  • Hemat tempat karena bisa dipasang di langit-langit
  • Sama seperti AC lainnya, kondensor penyejuk udara model ini juga bisa diletakkan di luar gedung sehingga lebih senyap
  • Penggunaan listriknya sangat hemat

Kekurangan AC cassette

  • Membutuhkan pipa yang panjang. Karena unit indoor akan dipasang di langit-langit bagian tengah ruangan, sedangkan kompresornya berada di di luar ruangan. Maka tak mengherankan apabila pipa yang dibutuhkan pasti sangat panjang.
  • Proses pengerjaan yang lebih repot dan banyak makan waktu. Tidak seperti model AC wall mounted yang hanya membutuhkan bracket dan sebuah lubang di dinding untuk menghubungkan antara unit indoor dan outdoor, model kaset kadang-kadang mengharuskan kita membuat banyak sekali lubang. Selain di dinding, juga di plafon atau langit-langit yang pasti akan sangat merepotkan dan banyak makan waktu.
  • Tidak semua ruangan bisa dipasangkan AC model kaset. Ya, ada banyak gedung bertingkat yang langit-langitnya tidak terbuat dari triplek atau asbes, melainkan beton atau semen. Sehingga, proses instalasinya lebih sulit.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter

Rekomendasi AC cassette yang bagus dan berkualitas

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan AC kaset, beberapa diantara Anda mungkin tertarik untuk menggunakannya setelah melihat berbagai faktor yang menguntungkan dan melalui pertimbangan yang matang. Untuk memudahkan Anda memilih AC cassette yang bagus dan berkualitas, kami merekomendasikan beberapa merk dan type berikut ini.

Daikin ceiling mounted cassette inverter

Kelebihan AC kaset Daikin diantaranya adalah:

  • Bisa mengalirkan udara ke segala arah atau 360°
  • Bentuk unit sangat ramping dan suaranya senyap
  • Sangat mudah dipasang
  • Perawatan mudah dan biayanya ringan
  • Arah aliran udara dapat dikontrol secara Individual
  • Tersedia beberapa pilihan pola aliran udara untuk menyesuaikan dengan kebutuhan
  • Dilengkapi dengan fitur penghemat energi
  • Dilengkapi juga dengan sensor penginderaan

Contoh kapasitas AC cassette Daikin yang tersedia, antara lain:

  • 2 PK (FCF50CVM4/FCQ50KAVE4)
  • 2.5 PK (FCF60CVM4/FCQ60KAVE4)
  • 3PK (FCF71CVM4/FCQ71KAVE4)
  • 4PK (FCF100CVM4/FCQ100KAVE4)
  • 5PK (FCF25CVM4/FCQ125KAVE4), dan
  • 6PK (FCF140CVM4/FCQ140KAVE4)

Baca Juga: Rekomendasi AC Tipe Standard dari Berbagai Merk

Samsung 360 Cassette

Selain merk Daikin, AC merk Samsung juga tersedia model kaset yang dilengkapi kemampuan mendistribusikan udara dengan pola 360° untuk mendinginkan seluruh ruangan. AC Samsung tidak hanya didesain dengan bentuk persegi empat tapi juga hadir dengan aksen lingkaran.

Kelebihan AC cassette Samsung, selain dapat mendistribusikan udara ke arah 360° juga dilengkapi dengan booster fan yang akan membuat udara dingin menyebar lebih luas hingga ke sudut-sudut ruangan.

Panasonic cassette air conditioner

Bagi Anda yang membutuhkan case type air conditioner untuk di pasang di kantor atau di ruangan yang luas, Anda bisa memilih merk Panasonic yang menyediakan AC dengan kemampuan 19.100 Btu/h, 22.100Btu/h, hingga 34.100Btu/h.

Baca Juga: Hidup Lebih Sehat dengan Teknologi Nanoe Pada AC Panasonic

AC merk Sharp

Jika Anda menginginkan AC kaset yang harganya lebih bersahabat, Anda bisa melirik merk Sharp yang tersedia dalam pilihan kapasitas 2 PK hingga 5 PK.

AC kaset Sharp ada yang menggunakan freon jenis R-410a dan telah dilengkapi dengan fitur: Turbo Cool Function, Sleep Mode, Self Cleaning, dan garansi kompresor 3 tahun.

Kode dan kapasitas AC Sharp yang bisa Anda beli di antaranya adalah: GX-A18TCY (2 PK), GX-A24TCY (2.5 PK), GX-A30TCY (3 PK), GX-A36TCY (4 PK), dan GX-A42TCY (5 PK).

Selain bisa digunakan sebagai penyejuk udara, sebagian besar air conditioner yang di-install di langit-langit ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan ruangan, layaknya AC split.

AC kaset yang kami rekomendasikan di atas kami pilih karena, kami menganggapnya sebagai yang terbaik dan berkualitas. Merk Daikin misalnya, memiliki performa yang cukup baik dengan fitur yang lengkap serta daya listrik yang hemat karena telah dilengkapi mesin inverter.

Di lain pihak, Samsung 360 cassette adalah pilihan tepat jika Anda menginginkan AC langit-langit yang desainnya bagus dan menarik serta hemat listrik. Dengan desain melingkar, Samsung mencoba menawarkan gaya modern yang minimalis untuk menciptakan tampilan yang canggih, sehingga dapat ditempatkan di hampir semua jenis atau model desain interior (ruangan).

Serta, menawarkan performa luar biasa dengan pilihan kapasitas mulai dari 4.5 kW hingga 14.0 kW seperti model AM140KN4DEH/TK.

Baca Juga: Rekomendasi AC untuk di Apartemen yang Bagus

Nah, itulah beberapa rekomendasi AC Cassette dari kami, semoga ini bisa membantu Anda dalam memilih AC untuk gedung, lobby, perkantoran maupun tempat tinggal, yang memiliki sudut ruangan cukup lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.