Beranda News Hidup Lebih Sehat dengan Teknologi Nanoe Pada AC Panasonic

Hidup Lebih Sehat dengan Teknologi Nanoe Pada AC Panasonic

43
0

Panasonic merupakan salah satu brand pendingin udara yang juga memperhatikan kenyaman dan kesehatan pengguna-nya. Hal ini terlihat dari pendingin udara buatan-nya selalu dilengkapi dengan fitur-fitur pembasmi bakteri.

Setelah sukses dengan fitur Econavi, Panasonic juga berinovasi menghadirkan unit pendingin udara dengan fitur Nanoe™. Sebagai pengguna, tentu Anda ingin tahu apa manfaat dan fungsi dari fitur Nonoe™ ini.

Apa itu teknologi Nanoe™ pada AC Panasonic ?

Dikutip dari laman www.panasonic.com, Nanoe™ adalah teknologi atau fitur yang diciptakan oleh Panasonic untuk unit pendingin udara buatan-nya, yang diklaim dapat membasmi bakteri yang berada di udara.

Nanoe ini berbentuk partikel air elektrostatis berukuran nano (kecil) yang teratomisasi, lahir dari teknologi milik Panasonic. Prosesnya, listrik tegangan tinggi diaplikasikan ke molekul air dalam udara, sehingga menghasilkan ion-ion yang terbungkus dalam air.

Di dalam ion-ion ini terdapat banyak radikal OH yang sangat reaktif, dan bekerja untuk menghambat zat-zat berbahaya di udara. Selain itu, Panasonic juga telah menyelesaikan tugas sulitnya, yakni pembuatan radikal OH yang memiliki masa hidup yang panjang dengan mengenkapsulasikannya ke dalam air.

Dengan begitu, Nanoe memiliki masa hidup yang panjang dan menawarkan efek yang lebih bermanfaat dari sumbernya. Selain itu, Nanoe bersifat lemah terhadap asam seperti kulit manusia.

Nanoe tidak hanya bermanfaat untuk memperbaiki udara di rumah saja, melainkan juga dapat berfungsi di rumah sakit, hotel, mobil, maupun alat transportasi umum. Sehingga, Nanoe membuat hidup lebih nyaman secara keseluruhan.

Berikut tiga fakta unik Nanoe yang perlu pengguna ketahui

  1. Nanoe adalah ion berukuran kecil yang mengandung air dengan volume 1000 kali*¹ dari yang terdapat dalam ion negatif umum dalam udara.
  2. Nanoe memiliki masa hidup lebih lama, yakni sekitar detik—6 kali dari ion negatif biasa di udara (riset Panasonic), yakni sekitar 600 detik. Hal ini karena Nanoe terbungkus di dalam air, sehingga dapat bertahan lebih lama, dan juga tersebar lebih jauh.
  3. Cara kerjanya, saat Nanoe ini berinteraksi dengan bakteri, maka radikal OH akan mengambil atom hidrogen dari bakteri tersebut. Sehingga, reaksi ini menyebabkan atom-atom hidrogen berubah menjadi molekul air yang terpisah, serta menonaktifkan bakteri.

Nah, unik kan ? Sampai di sini pastinya Anda penasaran apa sih manfaatnya dari Nanoe™ ini. Berikut ini tiga manfaat utama teknologi Nanoe™.

Nanoe dapat menghambat bakteri dan virus

Ukurannya yang kecil dan memiliki masa hidup yang lama, Nanoe masuk ke dalam serat pakaian dan ruangan, di mana ini adalah tempat mereka untuk menonaktifkan bakteri, virus, alergen, yang berasal dari serbuk sari, kotoran, dan serpihan kuku, dan lain sebagainya.

Mengilangkan bau udara yang tak sedap

Selain dapat menghambat bakteri, Nanoe yang ukurannya nanometer akan masuk dan dapat menembus ke dalam karpet, gorden, badan furnitur, dan bahan lainnya.

…dan di sinilah mereka akan bekerja untuk meminimal bau tak sedap yang berasal dari tembakau, asak memasak, atau bau tak sedap lainnya.

Dapat melembapkan kulit manusia

Nanoe juga memiliki bentuk mikroskopis, namun masih penuh air, sehingga mereka dapat masuk ke dalam rambut dan kulit untuk memberikan berbagai manfaat. Seperti, dapat membuat rambut mudah ditata, juga sekaligus membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Panasonic juga tidak hanya sampai di situ mengembangkan teknologi yang telah ia buat, dan berikut pekembangan teknologi Nanoe™ dari masa ke masa.

Berevolusi dari Nanoe™ ke Nanoe™ X

Pada tahun 2016, Panasonic memperkenalkan teknologi Nanoe™ X. Di mana ini adalah teknologi pembaruan dari Nanoe™ sebelumnya. Nanoe™ X menawarkan 10x lebih banyak radikal OH dari Nanoe aslinya untuk pembasmi bakteri dan bau yang lebih kuat.

Nanoe™ X ini tidak hanya diaplikasikan untuk pendingin ruangan, melainkan juga dapat diterapkan pada pemurni udara, dan beragam peralatan perangkat lainnya.

Tidak lama kemudian, Panasonic juga meluncurkan teknologi Nanoe-G™, di mana ini adalah salah satu teknologi peningkatan udara original dari Panasonic.

Manfaat utamanya yaitu untuk membantu menghilangkan zat partikulat halus (PM2.5), bakteri, dan masih banyak lagi. Panasonic juga menyampaikan, Nanoe-G™ merupakan unsur penting pemurni udara pada AC Panasonic.

Pemurni udara Nanoe-G™

Untuk kenyamanan yang menyeluruh, AC Panasonic saat ini dilengkapi dengan sistem pemurni udara tingkat lanjut, atau juga disebut dengan Nanoe-G™. Cara kerjanya, yakni dengan melepas ion aktif yang melekat pada partikel sekecil PM2.5.

Teknologi Nanoe-G™ dipercaya secara efektif dapat menghilangkan 99% partikel yang berukuran PM2.5, dan partikel udara seperti bakteri, jamur, dan juga virus yang dapat menyebabkan seseorang influenza.

Untuk diketahui, PM2.5 adalah partikel udara yang sangat halus dengan diameter 2,5 μm atau lebih kecil, yang dapat dengan mudah masuk ke dalam organ pernapasan manusia dan menyebabkan masalah kesehatan. Ukurannya, sekitar 1/4 ketebalan serbuk sari dan 1/30 ketebalan rambut manusia.

Penghilangan PM2.5 ini juga disertifikasi oleh FCG Research Institute, Inc. Sedangkan untuk penghilangan di udara tersebut di-sertifikasi oleh Kitasato, yakni Research Center for Environmental Science.

Informasi, Panasonic juga meluncurkan Aplikasi yang dapat mengontrol dan memantau AC dari jarak jauh, yakni hanya dengan smartphone. Aplikasi yang sebelumnya dikenal dengan Panasonic AC Controller ini, sekarang berganti nama menjadi Panasonic Comfort Cloud.

Nah, semoga ulasan tentang teknologi Nanoe yang ada pada AC Panasonic di atas bermanfaat, dan dapat menambah wawasan kita akan teknologi yang terdapat pada mesin pendingin udara saat ini.

(Rh/DsA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.