Beranda HVACR Mengatasi AC Tidak Dingin Lengkap A Sampai Z

Mengatasi AC Tidak Dingin Lengkap A Sampai Z

51493
28

Mengatasi AC tidak dingin tentu bukan suatu pekerjaan yang mudah. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Semua orang bisa melakukan pekerjaan ini, asalkan mempunyai pengetahuan tentang AC yang cukup.

Oleh sebab itu, maka melalui artikel singkat ini saya akan mencoba berbagi ilmu kepada sobat semua tentang bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan bila kita menemukan masalah-masalah yang terjadi pada AC.

Artikel yang saya tulis ini merupakan pengalaman pribadi saya selama menjadi teknisi AC, akan tetapi sebagian juga dari refrensi dari rekan-rekan sesama teknisi.

Sekaligus juga merupakan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering teman-teman tanyakan kepada saya, baik melalui komentar maupun chat di WhatsApp dan juga via Telephone.

Kenapa AC tidak dingin ? AC di rumah mati hidup, penyebabnya apa mas ? Kurang lebih seperti itu pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Ada banyak faktor yang mengakibatkan AC rusak, namun di sini saya akan berusaha menyampaikan penyebab AC tidak dingin yang umum biasa terjadi di lapangan.

Agar sobat semua tidak bingung dan supaya lebih mudah dalam mempraktikannya, maka tips mengatasi AC tidak dingin berikut akan mengupas sesuai dengan kronologi dari masalah tersebut.

…Oke langsung saja tidak usah banyak basa-basi mari kita simak ulasan berikut ini.

Langkah-Langkah Mengatasi AC Tidak Dingin

AC Hidup, Namun Tidak Dingin

Dalam hal ini saya pastikan bahwa AC hidup, baik Indoor maupun Outdoor, namun tidak mengeluarkan hawa dingin sama sekali. Masalah seperti ini biasanya disebabkan karena AC kotor, dan juga tekanan freon habis ( mungkin ada kebocoran ). Langkah yang sobat bisa lakukan adalah.

1# AC Kotor Mungkin Sudah Lama Tidak di Service

Cek apakah AC kotor, baik evaporator indoor maupun kondensor outdoor apakah terdapat cukup banyak debu. Sehingga hawa dingin tidak bisa menyebar ke seluruh ruangan.

Kalau memang kotor, sebaiknya di service / cuci jika sobat bisa melakukannya sendiri. Kalau tidak bisa, sobat bisa panggil teknisi AC profesional atau tukang service AC langganan sobat.

Tips : Sobat bisa membersihkan sendiri filter indoor minimal seminggu sekali. Dengan cara membuka tutup indoor bagian atas, kemudian ambil filter udara tersebut, lalu cuci yang bersih bisa menggunakan sabun deterjen. Jika sudah, keringkan kemudian pasang kembali. Untuk service perawatan AC minimal 3 bulan sekali untuk AC perumahan, dan 2 bulan sekali untuk AC di perkantoran

Baca Juga : Kenapa AC Harus di Service Berkala?

2# Tekanan freon kurang / habis

Jika ternyata AC bersih tetapi tidak dingin, langkah kedua yang sobat bisa lakukan adalah cek tekanan gas freon. Silahkan pasang Manifold sobat pada nepel untuk mengisi freon pada unit outdoor. Lihat apakah masih ada tekanan atau habis sampai NOL.

Jika masih ada tekanan, kemungkian hanya kurang freon saja. dan ini bisa dibilang wajar saja. Penyebabnya bisa dari bocor halus yang mungkin susah untuk di cari kebocorannya, juga bisa dari nepel yang kendor.

Solusinya silahkan kencangkan semua baut nepel, kemudian tambah tekanan freon dengan jenis freon yang sama pada AC tersebut. Yang tentunya harus sesuai dengan batas maximal ampere (kekuatan) dari mesin kompresor AC tersebut.

Baca Juga : Perbedaan Freon R22, R32, dan R410a Inverter

Sedangkan kalau jarum pada manifold menunjukan pada angka NOL, berarti tekanan freon habis. Ini disebabkan karena adanya kebocoran, hal ini bisa terjadi pada evaporator indoor, kondensor outdoor, pipa instalasi, nepel sambungan pipa ke indoor, atau nepel yang ada pada outdoor. Langkah yang bisa sobat kerjakan ialah :

Isi ulang freon sampai full, biasanya 80 – 90 PSI, dan 125 PSI untuk AC Inverter. Kemudian buka body indoor dan outdoor, jangan lupa buka juga Amarflex pembungkus pipa AC. Ambil spon yang diberi sabun agar ada busa.

Kemudian oleskan busa ke seluruh pipa tembaga dan juga kondensor maupun outdoor. Lihat dan perhatikan baik-baik apakah terjadi gelembung udara ataupun terdapat olie baik di pipa, evaporator, atau kondensor. Jika terdapat gelembung udara atau olie berarti disitu titik kebocoran freon tersebut.

Catatan : Mencari kobocoran freon merupakan pekerjaan yang paling gampang-gampang susah. Terlebih jika pipa instalasi di tanam pada tembok, tentu ini akan membongkar tembok yang sudah rapi tersebut. Kalau ketemu bocornya ada pada pipa, bisa sobat las atau ganti dengan pipa yang baru. Namun kalau bocornya terjadi pada evaporator indoor atau outdoor, jika memungkinkan bisa sobat las. Karena pengalaman saya biasanya kalau bocor pada evap kemudian di las, besuknya lagi akan terjadi bocor kebocoran disebelahnya seperti itu seterusnya. Solusinya mungkin sobat harus ganti AC baru atau ganti unit indoor atau outdoor second yang masih bagus

Baca Juga : Tips Memilih dan Membeli AC Second Yang Bagus

Indoor AC Hidup, Tetapi Outdoor Mati

Kasus seperti ini paling sering terjadi di lapangan, langkah-langkah untuk mengatasi AC tidak dingin seperti ini adalah :

1# Cek Mode pada Remote Control

Pastikan mode pada remote dalam posisi tanda bintang ( * ) atau Cool. Jangan pada mode Dry, karena pada mode ini hanya untuk menyalakan motor FAN saja dan unit Outdoor tidak mendapat kiriman arus listrik, sedangkan kalau pada mode bintang ( * ) atau cool yaitu untuk menyalakan kipas FAN dan juga mesin kompresor.

2# Cek Thermistor AC pada unit Indoor

Settingan mode pada remote control sudah betul, namun unit outdoor tidak juga hidup. Sekarang coba sobat cek pada Thermistor AC, apakah berfungsi dengan baik. Alat ini berfungsi sebagai otomatis supaya kompresor bisa stundby setelah suhu ruangan mencapai suhu sesuai dengan yang kita setting pada remote. Dalam hal ini sudah saya bahas pada artikel fungsi thermistor pada AC, sobat bisa baca dan pelajari pada artikel tersebut.

3# Cek Kapasitor AC pada unit Outdoor

Masalah seperti ini biasanya di tandai dengan outdoor hidup, namun hanya kipasnya saja yang berputar. Biasanya ini terjadi kerusakan pada kapasitornya, dengan di tandai terdapat benjolan pada kapasitor bagian atas.

Untuk mengatasi AC tidak dingin yang seperti ini juga sudah pernah saya jelaskan pada artikel pengertian dan fungsi kapasitor AC, sobat bisa baca disana.

4# Ampere Kompresor melebihi batas maksimal

Tandanya hampir sama dengan kerusakan yang terjadi pada kapasitor, jika sobat sudah cek kapasitor bagus, atau mengganti dengan ukuran yang lebih besar, namun mesin tetap mengangkat, atau bisa nyala tapi suara mesin kasar, sobat bisa cek ampere dengan menggunakan Clamp Meter ( Tang Ampere ).

Caranya silahkan jepitkan rahang penjepit Tang Ampere di antara kedua kabel ( – ) dan kabel ( + ) pada kabel kiriman di Outdoor. Jangan lupa posisikan saklar Clamp Meter pada posisi Ampere Meter ( Biasanya tertulis huruf A), jika angka pada Clamp Ampere menunjukan pada angka melebihi batas Current ( A ) yang terdapat pada lebel AC tersebut, maka kompresor tersebut sudah mengalami yang namanya Ampere Tinggi ( Kompresor Lemah ). Solusinya mungkin sobat sudah waktunya ganti AC yang baru.

Tips : Rumus untuk mengetahui Ampere kompresor yaitu ( Konsumsi daya listrik : Voltase 220 = Ampere )

Itulah masalah yang sering terjadi pada pendingin ruangan, sehingga menyebabkan AC tidak dingin, dan mungkin akan saya update lagi di lain kesempatan.

Semoga artikel cara mengatasi AC tidak dingin ini bisa membantu sobat semuanya, jika ada yang belum jelas bisa sobat tanyakan pada komentar di bawah.

Atau mungkin sobat ingin menambahkannya, jadi kita belajar bersama di sini. Jangan lupa bantu share ke teman-teman sosial media sobat jika artikel ini bermanfaat.

28 KOMENTAR

  1. Adakah jadwal tersusun untuk perawatan ac…misal pengecekan atau ganti freon brp bulan skali…pengecekan arus dan pengecekan tegangan setaun brp kali..trima kasih

    • Hii kak Anik, bisa kok kak, untuk hal tersebut silahkan hubungi tim customer service kami via halaman kontak kami ya kak.

  2. Ac sya merk LG Inverter 1/2pk usianya 1,5thn. Akhir2 ini kok jd kurang dingin pdhal suhunya sudah sya set paling dingin, pdhal sebelumnya d set 27 drajat sja sudah menggigil. Kondisi ac sudah bersih, kompresor menyala, tekanan freon masih normal 143 psi (tdk timbul es). Tpi outdoornya tidak mengeluarkan hawa panas dri kipasnya. Mohon pencerahannya suhu. Saya baru kali ini ketemu kasus seperti ini

    • Saya juga seperti ini mohon pencerahannya

      • Sama sy jg mengalami hal yg sama. Sy pakai ac daikin inverter udh dibersihin & jg sudah ganti freon pdhl ac blm ada 1th sy beli. Outdoor berputar tp tdk mengeluarkan angin panas & indoor suhu 20 derajat tdk dingin hny seperti kipas.

        • Sama ac mideaku juga begitu. Solusinya bagaimana ya?

    • Sama punya saya juga seperti ini, apa penyebabnya ya?

  3. Anugrah putra ramadhan

    Mas saya mau tanya ac saya tidak dingin dan kipas outdoor nya berputar pelan tetapi indoor nya nyala itu indikasinya bisa apa ya mas.
    Terima kasih semoga sukses selalu..

    • Jika AC tidak dingin, dan kipas outdoor berputar pelan, bisa jadi bermasalah di bagian kipas outdoor nya tersebut ya mas. Bisa karena kipas fan nya lemah, atau motor dinamo-nya. Sehingga, tidak bisa membuang udara panas secara maksimal dan akhirnya kerja mesin kompresor jadi kurang maksimal.

  4. Selamat malam..
    Mau tanya ni, saya punya AC setengah PK, tekanannya 140 psi, tapi ampernya pada posisi 0,9 A. Ac nya juga tidak dingin padahal sdh pada posisi 18°. Adakah masukannya master, mohon pencerahannya??

    • Jika sudah di cek tekanan freon normal, dan juga ampere kompresor bagus, namun kok AC tidak dingin, bisa jadi ada kesalahan saat pemasangannya dulu. Jika seperti ini biasanya bisa di coba di vakum dan flushing ulang, yakni freon dibuang semua kemudian di vacuum ulang, lalu di isi freon dengan kualitas yang bagus. Tks

  5. mau tanya, ac split 1,5 PK, keluhan, ac tidak dingin, saya curiga biasanya nepel di outdoor kan basah, kalo kurang freon kan ngefroz, lha ini kasusnya nepel kering, dan kipas kadang di waktu tertentu mati….

    • Jika pipanya kering, bisa karena tekanan freon habis atau bisa karena mesin kompresor nya mati ya kak. Sehingga, untuk mengetahui apa masalahnya secara lebih detail, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung. Terima kasih

  6. Mau tanya kalau tampilan AC muncul tulisan F2 dan sama sekali tdk ada hawa dingin, mohon penjelasanya?

    • Mohon maaf, kalau boleh tahu merk AC nya apa ya kak ? Karena beda merk beda juga kode error nya. Terima kasih

  7. Sy mau tanya epapnya sebagian dingin apa ya penyebabnya

    • Dingin pada evaporator tidak merata bisa karena tekanan freon kurang, coba cek dulu berapa tekanan freon nya, lalu sesuaikan dengan ampere nya juga ya mas.

  8. Saya mau tanya kalo ac split 3/4 pk toshiba…kerusakannya kalo angin blower disetel paling kencang kompressor baru nyala atau baru dingin…tp kalo angin blower disetel paling rendah ato sedang freon tdk keluar komprosser tdk nyala…mohon infonya tks

    • Untuk masalah seperti itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung di lapangan, untuk mengetahui apa penyebabnya ya mas. Namun, kalau berdasarkan cerita mas tersebut, hal ini bisa karena motor dinamo fan nya sudah lemah. Terima kasih

  9. Saya ake ac samsung 1/2 pk habis dicuci tapi kok gk dingin sebelum tdk dingin mengeluarkan suara brisik sekali kaya suara patahan kaya ada suatu yg retak atau pecah. Jadi harus bagaimana ya??

  10. Apa evaporator bagian bawah tidak sedingin bagian atas pada ac indor

    • Jika dingin pada evaporator tidak merata, salah satu penyebabnya bisa karena tekanan freon kurang.

  11. Ac saya saat siang dingin tetapi saat malam saja susah banget dinginnya malah tidak dingin sama sekali. Waktu dinyalakan yang keluar hanya angin (saat malam) itu kira-lira kenapa ya?

  12. AC saya merk LG 1 PK sudah sering di bersihkan tapi kurang dingin, sedangkan listrik rumah kami 450 Watt,
    Apakah kita kira kerusakan AC saya.?

  13. Ac sya merk sharp 3/4pk,bru 1thun pkai, tba2 krng dngin, pas sya pndah rmah d ulng psang na blik,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.