Beranda HVACR Penyebab AC Rumah Tidak Dingin Hanya di Siang Hari

Penyebab AC Rumah Tidak Dingin Hanya di Siang Hari

3066
0
penyebab ac tidak dingin di siang hari

Banyak pertanyaan mengenai apa penyebab AC tidak dingin di siang hari yang masuk ke E-mail kami. Mungkin ini juga salah satu masalah yang tengah Anda hadapi, hingga akhirnya sampai mengunjungi website ini.

Masalah AC yang tidak dingin saat siang hari namun akan dingin normal ketika malam tiba tentu menjadi masalah yang serius bagi sebagian pengguna.

Apalagi banyak aktivitas yang sering kerjakan di dalam ruangan saat siang hari, ruangan yang panas akibat AC yang tidak dingin sudah barang pasti dapat mengganggu kenyamanan Anda.

Perlu diketahui, jika AC tidak dingin hanya di siang hari saja bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya menjadi topik pembahasan pada tulisan kali ini.

Namun, sebelumnya kami juga sudah pernah menulis artikel yang membahas cara mengatasi AC tidak dingin berdasarnya penyebabnya. Anda bisa membacanya sebagai acuan dasar untuk informasi apa saja yang dapat mengakibatkan AC rumah tidak bisa dingin.

Baca Juga: Panduan Lengap Mengatasi AC yang Tidak Dingin

..jika sudah, mari silakan simak secara seksama hal-hal yang menyebabkan AC yang hanya mau dingin di malam hari saja berikut ini.

1. Suhu di luar ruangan sangat panas

AC tidak dingin ketika siang hari saja bisa disebabkan oleh suhu di luar ruangan saat itu begitu tinggi. Hal ini bisa dipengaruhi oleh terik sinar matahari yang begitu panas.

Dengan kejadian tersebut, suhu yang ada di dalam ruangan pun juga akan ikut naik sehingga membuat AC bekerja lebih keras, yang akhirnya yang kita rasakan ruangan menjadi kurang atau tidak dingin.

Kejadian seperti ini biasanya sering terjadi saat musim panas, sehingga yang tadinya tidak ada masalah dengan AC jadi merasa kurang dingin, padahal diperiksa AC tersebut normal.

Karena ini disebabkan oleh faktor cuara, maka secara teknis tidak ada yang perlu dilakukan. Hanya saja mungkin Anda perlu melakukan service perawatan lebih sering selama musim panas tersebut.

2. Kapasitas ( PK ) AC tidak sesuai dengan luas ruangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli AC tentu harus tahu berapa ukuran ruangan di tempat Anda. Sehingga, Anda bisa menentukan kapasitas AC yang sesuai dengan ruangan tersebut.

Salah dalam memilih kapasitas AC mengakibatkan dingin ruangan tidak sesuai. Misalnya kedinginan atau malah kurang dingin.

Tentu ini dapat merugikan Anda baik dari segi biaya maupun tenaga. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih AC selain sesuai dengan selera Anda, namun juga sesuai dengan luas ruangan di tempat Anda.

Anda juga bisa berkonsultasi ke orang yang berkompeten di bidang ini sebelumnya, jika memang ini diperlukan.

Sedangkan jika AC Anda saat ini mengalami masalah tidak dingin di siang hari karena kapasitas AC tidak sesuai, mungkin Anda bisa men-upgrade kapasitas AC tersebut ke yang lebih tinggi.

Baca Juga: Ingin Membeli AC, Pertimbangkan 7 Hal Ini Agar Tidak Salah Pilih

3. Dinding ruangan menggunakan kaca

Beberapa ruangan dengan dinding kaca tentu membuat kesan tersendiri. Selain karena sedang tren, ini juga dapat mempercantik suatu bangunan.

Sayangnya, pemilihan kaca yang tidak tepat dapat mempengaruhi kinerja AC. Pasalnya, suhu panas dari luar tidak terserap secara sempurna oleh kaca, yang akhirnya membuat ruangan menjadi panas.

Jika memang ingin menggunakan dinding dari kaca, sebaiknya pilih kaca yang bisa menolak panas dengan baik. Atau, Anda juga bisa memasang kaca film solar gard yang sudah teruji dapat menolak panas sinar matahari.

4. Unit indoor AC kotor

AC kotor membuat AC tidak dingin tentu sudah menjadi masalah umum yang biasa terjadi pada unit pendingin udara. Tentu sebagai pengguna kita juga sudah tahu akan hal ini.

Oleh karena itu, jika Anda merasa AC di tempat Anda tidak dingin ketika siang hari silakan Anda ingat-ingat kapan terakhir kali melakukan service perawatan.

Terlebih ini Anda alami ketika musim panas seperti yang sudah kami jelaskan pada poin satu. Sebaiknya Anda lebih sering melakukan service dari biasanya, misalnya satu bulan sekali.

Karena musim kemarau cenderung membuat AC lebih cepat kotor akibat debu kering yang berterbangan dibanding musim hujan. Kami juga selalu mengingatkan, perawatan AC itu jangan menunggu AC rusak.

Akan lebih baik jika Anda membuat jadwal rutin setiap 2-3 bulan sekali walaupun AC tersebut masih dingin.

Baca Juga: Kapan Service Besar atau Overhaul Pada AC Perlu dilakukan?

5. Kipas fan lemah

Fungsi dari kipas fan pada unit indoor yaitu untuk menyebarkan suhu dingin di evaporator agar bisa sampai ke sudut-sudut ruangan.

Jika kipas fan ini lemah tentu membuat kinerja unit indoor AC tidak maksimal, alhasil AC terasa kurang dingin.

Mungkin ini tidak begitu pengaruh ketika malam hari karena suhu di luar dingin, namun tentu akan berbeda ketika siang hari yang udara di luar cenderung panas.

Oleh sebab itu jika yang Anda rasakan kipas fan pada unit indoor AC Anda pelan tidak seperti biasanya, sebaiknya segera panggil Teknisi agar segera bisa dilakukan pemeriksaan.

Kipas fan berputar pelan umumnya disebabkan oleh tiga hal, yakni baling-baling kipas kotor, motor dinamo lemah, dan kemampuan kapasitor sudah tidak maksimal.

6. Kompresi mesin kompresor lemah sehingga tidak bekerja secara maksimal

Seperti yang kita ketahui, kompresor bisa dikatakan inti atau nyawa dari sebuah mesin pendingin udara. Jika kinerja kompresor sudah berkurang, tentu efeknya dingin yang dihasilkan juga menurun.

Tentu ini juga pengaruh dengan dingin yang ada di unit indoor, sehingga ruangan terasa kurang dingin.

Salah satu ciri-ciri kompresor yang bagus yakni dapat bekerja dengan ampere yang dibawah standar atau yang tertulis di nameplate, dan tekanan freon juga normal.

Namun jika kompresor cepat panas dan ampere kompresor pun sudah naik melebihi batas maksimal, bisa jadi kompresor ini sudah lemah.

Anda bisa meminta bantuan Teknisi untuk memeriksa mesin kompresor AC Anda dan memastikan masih bagus atau tidak.

Baca Juga: Penyebab Outdoor Ac Mati Dan Ac Tidak Dingin

7. Jumlah orang di dalam ruangan

Setiap orang tentu memiliki suhu tubuh yang berbeda-beda, sehingga jumlah orang di dalam ruangan juga mempengaruhi seberapa mampu AC tersebut dalam mendinginkan ruangan.

Semakin banyak orang yang berada di ruangan tersebut, tentu semakin panas dan semakin lama juga proses AC dalam menurunkan suhu di dalam ruangan tersebut.

Oleh sebab itu ini kembali ke poin dua, pastikan Anda memilih kapasitas AC untuk ruangan dengan jumlah orang yang sudah Anda tentukan.

Terakhir, jika tulisan yang membahas penyebab AC tidak dingin di siang hari ini bermanfaat, silakan share ke teman-teman Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.