Beranda HVACR Mengapa AC Harus Di Service Padahal Masih Dingin

Mengapa AC Harus Di Service Padahal Masih Dingin

236
3

Mungkin sebagian dari anda ada yang bertanya-tanya mengapa AC harus di service padahal masih dingin ? Dan berikut akan kami jelaskan sedikit tentang perawatan ac supaya Anda tidak bertanya-tanya lagi.

Sebagian dari pengguna mesin pendingin air conditioner ternyata banyak yang belum mengetahui bahwasannya alat elektronik yang satu ini adalah alat elektronik yang memerlukan perawatan untuk menjaga kinerjanya yaitu supaya awet dan tetap dingin.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali akan saya jelaskan secara singkat mengapa AC harus di service padahal masih dingin. Oke… Langsung saja kita simak bareng-bareng jawabannya !

1# AC Jenis Elektronik yang memerlukan perawatan

Karena Air Conditioner adalah salah satu jenis mesin pendingin yang memerlukan perawatan untuk menjaga kinerja kerjanya.

2# AC sering di pakai

Dari cara kerjanya yaitu pada unit indor menghembuskan udara dingin dan menghisap udara panas dari suatu ruangan, pada saat menghisap udara panas pasti debu-debu yang ada pada ruangan tersebut ikut terhisap dan akhirnya menempel pada filter atau evaporator indor.

3# Evaporator outdoor kotor karena proses

Kalau indoor mengeluarkan suhu dingin, ini kebalikannya, unit outdoor mengeluarkan udara panas dan menghisap udara dingin yang ada di luar dan pada proses menghisap udara dingin ini debu-debu di udara bebas pasti ikut terhisap dan akhirnya menempel pada kondensor unit outdoor.

4# Banyak kotoran pada unit indoor AC

Apabila unit indoor kotor dengan banyaknya debu-debu yang menempel pada evaporator tentu ac tidak bisa dingin dengan maksimal karena tidak bisa leluasa mengeluarkan suhu dingin.

5# Supaya kerja kompresor tetap optimal

Apabila kondensor outdoor banyak di penuhi dengan debu-debu atau kotoran, kerja compresor akan terasa berat dan bisa di pastikan Ampere / kekuatan mesin akan tinggi melebihi kapastitas mesin tersebut.

Demikian jawaban singkat dari saya untuk pertanyaan kenapa AC perlu di service atau perawatan walaupun masih dingin, karena apabila saya jelaskan secara global masih banyak lagi alasan mengapa ac harus di service

Baca juga artikel lainnya :

Saya sarankan anda untuk service ac minimal 3-6 bulan sekali supaya tidak terjadi kerusakan-kerusakan yang lebih serius.

Mungkin dari teman-teman ada tambahan untuk alasan mengapa AC harus di service padahal masih dingin ini, bisa teman-teman tambahkan melalui komentar di bawah ini sobb. Terima kasih

3 KOMENTAR

  1. Mau tanya pak…ac sy merk samsung..wkt dinyalakan.hidup sebentar..tapi begitu hidup kompresornya langsung mati total…aliran listrik tetap ada…mohon penjelasannya..Gbu

    • Hii Mas Yonathan, untuk masalah seperti biasanya disebabkan oleh 3 faktor ya Mas, yakni :
      1. Ampere kompresor sudah melebihi batas maksimal ( kompresor rusak )
      2. Kapasitor starting lemah
      3. Overload lemah, sehingga terkena hawa panas sebentar dari kompresor saja sudah memutus arus ke kompresor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.