Mencuci boneka menggunakan mesin cuci adalah cara mudah agar terbebas dari kuman, bakteri, dan tentunya supaya jadi bersih.

Dalam prosesnya tentu harus sesuai dan tidak bisa sembarangan. Hal ini penting untuk diperhatikan, agar boneka maupun mesin cuci tidak mengalami kerusakan yang tidak diinginkan.

Baca juga: 5 Hal Sepele Yang Bisa Membuat Mesin Cuci Tidak Awet

Oleh karena itu, sebagai pemilik boneka penting bagi Anda mengetahui cara mencuci boneka menggunakan mesin cuci yang benar.

Dilangsir dari berbagai sumber, Sabtu (11/06/2022), berikut panduan membersihkan boneka dengan memakai mesin cuci.

Hal yang harus diperhatikan

Sebelum Anda mencuci boneka di mesin cuci, perhatikan dahulu label perawatan yang ada pada boneka. Pada label tersebut akan ada intruksi untuk mencuci boneka.

Jika pada label tersebut tertulis boneka bisa dicuci memakai mesin cuci, silakan lakukan langkah-langkah berikut ini untuk membersihkan boneka dengan baik serta menjaganya agar tidak rusak.

Baca juga: Jangan Memasukan Pakaian Jenis ini ke Mesin Cuci!, Lebih Baik Manual

Panduan cara mencuci boneka di mesin cuci

1. Sebelum memasukan boneka ke mesin cuci, pastikan tidak ada bagian boneka yang sobek atau jahitan yang lepas. Pastikan juga aksesoris atau atribut yang ada di boneka juga dilepas.

Jika ada bagian boneka yang sobek atau lepas jahitannya, itu beresiko membuatnya semakin rusak apabila dicuci di dalam mesin cuci.

Solusinya perbaiki dulu bagian boneka yang rusak, dan pastikan benar-benar aman untuk dicuci di mesin cuci.

2. Jika ada bulu-bulu boneka yang terbuat dari benang atau sutra, disarankan untuk membungkusnya dengan kain bekas untuk melindungi teksturnya.

Setelah selesai dicuci, Anda dapat melepas kainnya lalu menyikat dengan sisir pada saat masih basah untuk mengembalikannya ke bentuk semula.

3. Masukkan boneka ke dalam kantong mesin cuci (laundry/washing bag) untuk perlindungan yang lebih ekstra.

Jika tidak ada, Anda bisa memanfaatkan sarung bantal yang sudah tidak dipakai sebagai gantinya.

Membungkus boneka dengan kantong mesin cuci atau sarung bantal bertujuan untuk memberi perlindungan antara boneka dengan bagian dalam mesin cuci. Dengan metode ini, boneka tidak tersangkut pada sela-sela mesin cuci.

4. Masukkan deterjen sesuai dengan jumlah takaran yang diperbolehkan. Jangan terlalu banyak, sebab residu atau sisa-sisa deterjen bisa tertinggal pada boneka.

5. Lanjut ke pengaturan mode pencucian di mesin, lalu pilih mode lembut supaya boneka terlindungi. Lalu, mulailah proses pencucian.

6. Setelah proses pencucian selesai, sebaiknya tidak usah dikeringkan menggunakan mesin pengering. Karena putaran pada mesin pengering yang terlalu cepat beresiko membuat boneka mengalami kerusakan.

7. Tekan atau peras lembut boneka yang telah selesai di cuci memakai tangan saja, atau keringkan menggunakan handuk bila diperlukan.

8. Terakhir, setelah langkah-langkah di atas selesai, jemur boneka di bawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering.

Baca juga: Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Cara Mengatasinya

Nah, itulah panduan cara mencuci boneka di mesin cuci, semoga tulisan ini bisa membantu Anda, khususnya kolektor boneka yang hendak ingin membersihkan boneka kesayangannya.

Share.
Rudhi Hadhi

Teknisi yang juga suka menulis di Internet. Semoga apa yang saya tulis di website ini bisa bermanfaat.

Leave A Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× Chat di WhatsApp
Exit mobile version