Beranda News 7 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik Paling Hemat Listrik

7 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik Paling Hemat Listrik

304
0

Kebutuhan akan listrik semakin tak terelakan. Listrik digunakan sebagai sumber energi untuk penerangan serta untuk menyalakan berbagai peralatan elektronik di rumah, mulai dari televisi, charge baterai hp, pompa air, kulkas, rice cooker, hingga mesin cuci.

Banyaknya perangkat elektronik yang membutuhkan listrik sebagai sumber energi membuat kebutuhan akan listrik sangat tinggi. Semakin banyak peralatan elektronik yang kita miliki di rumah, maka akan semakin tinggi pula tagihan listrik setiap bulannya.

Agar tagihan bulanan tidak membengkak, tentu saja kita dituntut untuk pandai-pandai menghemat penggunaan listrik. Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi konsumsi listrik adalah dengan membeli peralatan elektronik hemat energi seperti mesin cuci low watt atau mesin cuci inverter misalnya.

Baca Juga: 7 Masalah Umum pada Mesin Cuci dan Cara Mengatasinya

Khusus untuk mesin cuci, dari sekian banyak pilihan yang ada, berikut adalah rekomendasi 7 mesin cuci terbaik hemat energi yang bisa Anda beli.

1. Mesin cuci Samsung WW70J4

Samsung adalah salah satu former teknologi inverter sehingga tak mengherankan apabila banyak produk mereka, seperti mesin cuci, kulkas, hingga AC, yang telah dilengkapi dengan teknologi digital inverter.

Teknologi ini menggunakan magnet yang kuat untuk memberikan kinerja yang lebih baik sekaligus suara yang lebih senyap, namun dengan konsumsi energi seminimal mungkin. Sehingga, terkenal sangat irit listrik.

Disamping hemat energi, seperti yang telah disampaikan di atas, mesin cuci ini juga terkenal sangat kuat. Jadi, tak mengherankan apabila Samsung berani memberikan garansi pada mesin cuci mereka hingga 11 tahun.

Baca Juga: Mesin Cuci LG TwinWash dengan Dua Tabung Cuci Terpisah

Kelebihan mesin cuci Samsung WW70J4 tentu tidak hanya terletak pada teknologi inverter yang dibawanya melainkan, masih ada beberapa keunggulan lain seperti:

  • Fitur Smart Check. Fitur ini akan memudahkan kita dalam memantau dan mendeteksi serta mendiagnosis apabila terjadi kerusakan atau masalah langsung melalui smartphone.
  • Mesin cuci Samsung ini juga telah dilengkapi dengan Eco Drum Clean yang bisa menghilangkan kotoran serta bakteri hingga 99% sehingga, mesin cuci ini aman dari bau dan bakteri.
  • Keberadaan Diamond Drum membuat mesin cuci ini efektif menghilangkan noda pada pakaian sekaligus mampu menjaga dengan baik setiap kain dan pakaian sehingga tetap awet sekalipun sering dicuci menggunakan mesin cuci.

2. Mesin cuci 2 tabung LG P905RTB

Mesin cuci terbaru LG berkapasitas 9 kg ini telah dilengkapi sejumlah fitur yang dapat mempermudah proses pencucian sekaligus menghemat penggunaan energi listrik.

LG washing machine seri P905RTB telah dilengkapi dengan Roller Jet Pulsator yang dapat memberikan hasil cucian lebih bersih tanpa menyebabkan pakaian menjadi kusut.

Disamping fitur tersebut, tersemat juga fitur Punch+3 yang menjadi andalan LG di setiap mesin cuci yang mereka produksi. Bersama-sama dengan fitur Roller Jet Pulsator, fitur Punch+3 dapat menciptakan 3 aliran air yang kuat yang bisa menggerakkan cucian ke atas dan ke bawah sehingga noda-noda membandel bisa lebih mudah terlepas.

Baca Juga: Tips Menjaga Mesin Cuci Agar Awet Hingga 10 Tahun

Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah fitur Wind Jet Dry yang memungkinkan mesin cuci ini mengeringkan pakaian lebih cepat dan lebih kering.

3. Electrolux EWF8025EQWA

Jika Anda mencari mesin cuci terbaik yang bisa digunakan untuk mencuci berbagai jenis pakaian atau kain yang rentan seperti, sweater berbahan wol misalnya, Anda wajib mempertimbangkan Electrolux EWF8025EQWA.

Mesin cuci ini tidak hanya bisa merawat pakaian yang rentan, tapi juga bisa meminimalisir kerutan pada pakaian setelah dicuci berkat teknologi Vapour Care.

Teknologi Vapour Care ini bisa mengurangi kerutan pakaian hingga 22% dengan memanfaatkan tenaga uap pada suhu 40° Celcius. Di samping mengurangi kerutan, uap panas tersebut juga berfungsi untuk menghilangkan kuman dan alergen hingga 99,9%.

4. Mesin cuci Samsung front loading WW80J4

Mesin cuci Samsung seri WW80J4 (8 Kg) adalah pilihan mesin cuci dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan seri WW70J4 (7 Kg).

Sekalipun kapasitasnya berbeda, namun teknologi dan fitur yang dibawa oleh kedua mesin cuci Samsung ini terkesan identik. Kedua-duanya telah dilengkapi dengan teknologi digital inverter, fitur Smart Check, serta drum model Diamond.

Baca Juga: Mengenal Komponen Mesin Cuci 2 Tabung dan Fungsinya

Disamping beberapa teknologi dan fitur tersebut, mesin cuci ini juga dilengkapi dengan steamer yang dapat menghilangkan kotoran, bakteri, dan alergen seperti yang terdapat pada mesin cuci Electrolux yang telah kami sebutkan sebelumnya.

5. Mesin cuci Sharp front loading ES-FL1073W

Sharp adalah salah satu merk mesin cuci terbaik di dunia yang kerap menawarkan produk dengan inovasi dan teknologi canggih. Salah satu mesin cuci andalan mereka yang terkenal hemat listrik dan bisa memberikan hasil cucian yang bersih serta tingkat kebisingan yang sangat rendah (selama proses mencuci maupun saat mengeringkan) adalah mesin cuci seri ES-FL1073W.

Beberapa fitur dan teknologi yang dibawa oleh mesin cuci ini antara lain:

  • Triple quick wash. Yaitu program pencucian extra cepat yang dapat menyelesaikan cucian dalam waktu singkat dengan pilihan waktu selama 45 menit, 30 menit atau 15 menit.
  • Fitur Super Clean Rinse. Adalah fitur yang bisa membantu Anda mendapatkan hasil cucian yang lebih bersih dan bebas detergen, karena fitur ini bisa digunakan untuk menambah pembilasan hingga 4 kali.
  • Eco Logic System. Adalah sebuah fitur pintar yang tersemat pada mesin cuci Sharp, yang fungsinya adalah untuk mendeteksi jumlah cucian. Dengan kemampuan ini, mesin cuci Sharp ini bisa menyesuaikan konsumsi listrik dan juga air sehingga lebih hemat.

Di samping berbagai fitur di atas, tentu saja masih ada fitur fitur unggulan lainnya yang dibawa oleh mesin cuci Sharp ES-FL1073W, termasuk fitur Silent Wash dan fitur Turbo Key.

Fitur Silent Wash akan meredam suara mesin cuci sehingga Anda tetap bisa mencuci di malam hari saat akan beranjak tidur tanpa takut akan mendengar suara berisik.

Baca Juga: Ide Penempatan Mesin Cuci Yang Benar dan Keren

Sedangkan fitur Turbo Key berfungsi untuk menyingkat waktu pencucian, sehingga cucian bisa selesai lebih cepat antara 6-10 menit.

6. LG TH2722DSAK

Ini adalah pilihan mesin cuci top loading yang hemat air dan juga hemat listrik sekaligus sebagai pilihan mesin cuci dengan kapasitas besar (22 kg).

Mesin cuci terbaru 2019 dari LG ini dilengkapi dengan Inverter Direct Drive yang didukung fitur TurboWash 3D, yang dapat memberikan hasil cucian lebih bersih dan lebih cepat dengan air yang lebih minim serta daya listrik yang lebih hemat.

Disamping 2 fitur unggulan tersebut, terdapat juga fitur-fitur unggulan lain yang tidak kalah penting dan menarik seperti, fitur SmartThinQ serta fitur Smart Diagnosis.

Memanfaatkan fitur SmartThinQ ini, Anda bisa mengontrol mesin cuci dari jarak jauh menggunakan smartphone. Entah itu untuk memulai (start), melihat sejauh mana progress cucian, ataupun mengubah mode pencucian.

7. Mesin cuci LG FM1007N3W

Jika mesin cuci LG TH2722DSAK kapasitasnya Anda rasa terlalu besar atau tidak terlalu suka dengan sebuah mesin cuci top loading, Anda bisa mempertimbangkan LG FM1007N3W yang merupakan mesin cuci front loading dengan kapasitas 7 kg yang telah dilengkapi dengan teknologi dan fitur lengkap, berupa:

  • Inverter Direct Drive (menghasilkan mesin cuci yang lebih irit dan senyap)
  • 6 Motion DD (membuat cucian lebih bersih dan tidak kusut)
  • SmartThinQ (berfungsi untuk mengontrol (start, cek progress, mengubah mode pencucian) mesin cuci menggunakan smartphone dari jarak jauh)
  • Smart Diagnosis (mendiagnosis kerusakan pada mesin cuci secara cerdas dengan bantuan aplikasi pada smartphone)

Salah satu keunggulan mesin cuci ini terletak pada motor-nya yang bisa berputar hingga kecepatan 1000 rpm (rotation per menit).

Baca Juga: Service Mesin Cuci Jakarta Selatan

Itulah 7 mesin cuci terbaik paling hemat listrik dan air yang kami rekomendasikan, yang semoga referensi di atas bisa membantu Anda menentukan pilihan saat membeli mesin cuci. Sehingga, akan memperoleh produk yang terbaik dan yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.