Memperbaiki lampu kulkas yang tidak nyala bisa kita lakukan sendiri di rumah. Karena memang dalam prosesnya tak beda jauh dengan mengganti bohlam pada umumnya.

Meskipun mudah, tak sedikit pengguna yang belum tahu caranya. Sehingga banyak pembaca dari situs web ini menanyakan kepada kami tentang cara memperbaiki lampu kulkas yang mati.

Akhirnya, kami buat tulisan ini agar pengunjung website ini bisa mempraktiknya di rumah sendiri.

Mungkin ini terasa kurang penting, tapi bohlam lemari es yang mati juga perlu perhatian. Pasalnya, dengan adanya bohlam ini membuat bagian dalam kulkas menjadi terang.

Baca Juga: Kenapa Kulkas Tidak Dingin? Padahal Lampunya Nyala

Tentu ini memudahkan kita ketika ingin mengambil sesuatu di dalam kulkas tersebut. Begitu pun sebaliknya, jika lampu tersebut mati bisa menyulitkan kita ketika hendak memilih makanan atau minuman yang ingin diambil.

Cara kerja lampu pada kulkas

Ketika pintu kulkas dibuka saklar akan menghubungkan arus sehingga lampu nyala. Dan ketika pintu kulkas tertutup, ia akan mendorong switch atau saklar, dan memutus arus sehingga lampu akan mati.

Singkatnya, ketika pintu kulkas terbuka lampu akan nyala, dan sebaliknya saat pintu tertutup lampu akan mati.

Jika dalam keadaan pintu terbuka tapi lampu tidak nyala, ini bisa karena ada masalah dengan bohlam tersebut. Di bawah ini adalah cara untuk memperbaikinya.

Cara mengganti lampu kulkas yang mati

Lampu kulkas tidak nyala umumnya disebabkan karena bohlam yang sudah putus atau rusak, sehingga perlu untuk menggantinya.

  • Pertama silahkan cabut stopkontaknya terlebih dulu.
  • Buka cover penutup bohlam.
  • Lepas bohlam dari fittingnya layaknya melepas bohlam pada umumnya.
  • Kemudian perhatikan bohlam tersebut, apakah ada bagian yang “gosong” atau ada jaringan yang putus di bagian dalamnya.
  • Jika iya, berarti benar bohlam sudah rusak dan perlu diganti.

Lampu kulkas biasanya memakai daya 120 Volt dengan ukuran 2,5 Watt. Anda bisa membelinya secara on-line atau off-line di toko khusus peralatan rumah tangga.

Atau, jika ragu dan takut salah saat membelinya, Anda bisa membawa bohlam yang rusak tersebut ke toko yang menjual spare part kulkas di daerah Anda.

Untuk diketahui juga, lampu kulkas mati tidak melulu karena bohlam yang rusak. Sehingga jika Anda sudah menggantinya tapi kok masih belum nyala, kemungkinan ada faktor yang lain.

Penyebab lampu kulkas tidak mau nyala

  • Switch atau saklar rusak. Hal ini terjadi bisa karena pemakaian yang sudah lama, atau juga bisa karena keseringan membuka dan menutup kulkas, sehingga membuat saklar tersebut rusak sebelum waktunya.
  • Socket kotor. Membersihkan kulkas menggunakan busa bisa saja menyebabkan bagian socket lampu kotor. Sehingga, jika ini terjadi Anda bisa membersihkan socket tersebut menggunakan kain bersih. Jangan lupa cabut stopkontaknya terlebih dulu.
  • Masalah kabel kelistrikan. Walaupun ini jarang terjadi, tetapi adanya masalah di bagian kabel kelistrikan bisa menyebabkan lampu mati. Selain itu, juga bisa menyebabkan korsleting.

Nah, itulah cara memperbaiki lampu kulkas yang tidak nyala, semoga bisa membantu. Namun, kami tegaskan kembali jangan lupa mencabut stopkontak kulkas setiap ingin melakukan tindakan perbaikan.

Jika tidak bisa melakukan sendiri, Anda bisa meminta bantuan teknisi kulkas profesional. Yang mana teknisi tersebut sudah memiliki banyak pengalaman dan sudah paham akan masalah yang biasa terjadi pada lemari pendingin.

Share.
Rudhi Hadhi

Teknisi yang juga suka menulis di Internet. Semoga apa yang saya tulis di website ini bisa bermanfaat.

Leave A Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× Chat di WhatsApp
Exit mobile version