Beranda Panduan Panduan Beli Kulkas Terbaru 2021, Perhatian hal ini!

Panduan Beli Kulkas Terbaru 2021, Perhatian hal ini!

panduan beli kulkas

Panduan beli kulkas – Saat ini, kulkas sudah jadi sebuah kebutuhan yang sulit untuk dielakkan. Baik saat tinggal sendirian atau bersama keluarga, banyak diantara kita yang tetap membutuhkan lemari es. Akan tetapi, tidak semua kita bisa memilih kulkas yang tepat untuk dibeli. Karena, ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan.

Mulai dari desainnya, ukurannya, model pintunya, efisiensi energinya, merk, hingga harganya. Karena itulah, saya mencoba menulis panduan beli kulkas terbaru 2021 ini. Dengan tujuan untuk memberikan gambaran bagaimana cara memilih lemari es yang tepat untuk dibeli. Mari kita mulai dari yang pertama.

Baca Juga: 10 Masalah Kulkas dan Cara Paling Mudah Mengatasinya

1. Berapa Anggaran yang Kamu Sediakan?

Tidak bisa dipungkiri apabila harga merupakan kriteria paling penting dalam memutuskan kulkas seperti apa yang akan kita beli. Karena meskipun kita ingin membeli sebuah kulkas yang bagus dengan fitur yang lengkap, tapi jika budget tidak mencukupi, pilihan kita tetap akan berakhir pada kulkas yang hanya dapat dijangkau oleh budget yang tersedia.

Anggaran antara 1 hingga 2 juta, umumnya hanya bisa digunakan untuk membeli kulkas 1 pintu dengan kapasitas antara 120 liter hingga 180 liter. Apakah itu artinya kita tidak bisa memperoleh kulkas 2 pintu?

Tidak juga. Karena ada kulkas 2 pintu yang dijual dengan harga terjangkau seperti merek Changhong tipe CRF-208 dengan kapasitas 165 liter misalnya. Kulkas ini ditawarkan dengan harga sekitar 1,8 atau 1,9 jutaan di beberapa toko online.

Jika menginginkan kulkas 2 pintu, kamu setidaknya harus menyiapkan anggaran antara 2 hingga 4 juta rupiah. Namun pada umumnya, kulkas 2 pintu standar dijual dengan harga kurang dari 3 juta atau lebih sedikit.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik 2021

2. Perhatikan Daya Listrik di Rumah?

Saya pernah punya pengalaman membeli kulkas dua pintu untuk ibu mertua yang rumahnya hanya menyediakan daya listrik sebesar 450 KWH. Dengan daya listrik (yang bisa dikatakan) tidak terlalu besar tersebut, meteran selalu jeglek apabila kulkas dihidupkan.

Belum lagi apabila mesin cuci dan peralatan elektronik lainnya dihidupkan. Sudah bisa dipastikan apabila meteran pasti akan selalu jeglek.

Karena itulah, kita perlu juga melihat kebutuhan daya kulkas yang akan dibeli. Apakah daya listrik yang ada di rumah mampu menyalakan kulkas dan peralatan elektronik lainnya seperti TV, Pompa air (jika ada), rice cooker, hingga mesin cuci.

Untuk rumah yang hanya menyediakan daya 450 KWH. Membeli kulkas 1 pintu adalah pilihan tepat. Karena rata-rata kulkas 1 pintu membutuhkan daya sebesar 70 hingga 95 watt saja.

Sejauh yang saya ingat, kulkas 1 pintu Polytron rata-rata sangat hemat dan membutuhkan daya yang relatif kecil.

Sebaliknya, kulkas 2 pintu biasanya membutuhkan daya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kulkas 1 pintu. Hal tersebut sangat wajar mengingat, kulkas 2 pintu memiliki struktur yang berbeda.

Rata-rata kulkas 2 pintu membutuhkan daya sebesar 90 watt ke atas. Bahkan, tidak sedikit diantaranya yang membutuhkan daya sebesar 130 watt atau 150 watt. Kebutuhan daya juga biasanya dipengaruhi oleh kapasitas kulkas itu sendiri.

3. Perhatikan Ukurannya

Sebagian besar dapur rumah-rumah di Indonesia tergolong cukup luas dan hanya sedikit yang didesain permanen. Sehingga, ukuran kulkas seringkali tidak terlalu banyak berpengaruh. Meski demikian, kalau kamu punya dapur yang permanen, kamu perlu mengetahui dimensi kulkas yang akan kamu beli, lalu pastikan ukuran kulkas tersebut bisa masuk di dapur.

Selain memperhatikan ukuran (dimensi) kulkas, kamu juga perlu memperhatikan kapasitas kulkas yang biasanya tercantum dalam bentuk “liter.”

Kalau kamu tinggal sendiri atau hanya tinggal dengan pasangan saja, kulkas berukuran 50 hingga 80 liter biasanya sudah cukup. Tapi kalau kamu hidup bertiga, kulkas dengan kapasitas antara 150 hingga 250 liter adalah yang paling ideal. Keluarga yang terdiri atas 4-5 orang umumnya cocok menggunakan kulkas berkapasitas 250 liter hingga 330 liter. Khusus untuk keluarga besar yang terdiri atas 6 orang atau lebih, kulkas dengan ukuran 350 liter keatas adalah pilihan tepat.

4. Memilih Model Kulkas

Di luar sana, sebenarnya kulkas tidak hanya didesain dengan 1 atau 2 pintu saja. Ada beberapa kulkas yang didesain dengan pintu ganda (kiri dan kanan), 3 pintu, berdampingan (side by side), hingga pintu model Perancis (French door) atau dikenal juga dengan istilah multidoor refrigerator.

A. Kulkas 1 pintu

Jenis lemari es ini adalah yang paling umum dan cocok digunakan oleh satu orang atau keluarga yang terdiri atas 2 hingga 3 orang saja.

Lemari es ini memiliki 1 pintu yang berfungsi ganda untuk menutupi bagian kulkas (lemari pendingin) dan freezer (lemari pembeku). Ukurannya relatif kecil dengan kapasitas rata-rata antara 120 hingga 220 liter.

Ukurannya yang kecil membuat kulkas 1 pintu jadi memiliki rak yang sangat terbatas sehingga, makanan yang bisa kita masukan juga akan ikut terbatas.

Baca Juga: Cara Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu Yang Benar

Perlu diingat bahwa, freezer pada kulkas 1 pintu umumnya dilengkapi dengan metode pencairan es secara manual. Karena itulah, banyak sekali kulkas 1 pintu yang di freezer-nya terdapat bunga es.

B. Kulkas 2 pintu

Kulkas 2 pintu yang paling umum kita temukan adalah kulkas dengan freezer (lemari pembeku) di bagian atas dan lemari pendingin di bagian bawah.

Kulkas 2 pintu umumnya memiliki ruang yang cukup luas, sehingga cocok digunakan oleh keluarga yang terdiri atas 3 atau 4 orang. Kulkas ini biasanya hadir dengan kapasitas antara 230 hingga 400 liter.

Tidak seperti kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu umumnya bebas dari bunga es. Sehingga, kita tidak perlu repot melakukan defrost atau pencairan secara manual. Dengan keberadaan teknologi tersebut, kita tidak hanya akan lebih nyaman menggunakan kulkas, tapi juga, kulkas akan bekerja lebih efisien dalam menyalurkan udara dingin.

C. Kulkas 2 pintu dengan freezer di bawah

Meskipun tidak mudah untuk dijumpai, kulkas 2 pintu dengan freezer dibawah saat ini sudah tersedia di pasaran.

Keuntungan membeli kulkas seperti ini adalah, makanan ataupun bahan-bahan makanan yang kita butuhkan akan berada tepat di depan mata, sehingga lebih mudah dilihat dan dijangkau.

D. Kulkas side by side

Kulkas dengan pintu sebelah-menyebelah atau pintu berdampingan dibagi menjadi dua yakni, freezer di sebelah kiri dan kulkas di sebelah kanan.

Desain lemari es seperti ini memungkinkan kita untuk menempatkan makanan setinggi mata di lemari es maupun freezer. Sehingga, tidak perlu repot berjongkok untuk meraihnya.

Meski praktis, harga kulkas ini masih relatif mahal. Selain mahal, ukurannya juga rata-rata cukup besar dengan kapasitas antara 500 hingga 700 liter.

Karena alasan tersebut, kulkas side by side lebih cocok digunakan oleh keluarga besar yang terdiri atas 5 atau 7 orang. Disamping itu, kulkas ini juga relatif besar sehingga membutuhkan ruang yang luas di dapur.

Baca Juga: 7 Pilihan Kulkas Side by Side Murah untuk Rumah Minimalis

E. Kulkas pintu Perancis

Dikenal dengan istilah ‘french door refrigerator,’ kulkas jenis ini diciptakan untuk memberikan kepraktisan di samping untuk bergaya. Kulkas seperti ini biasanya memiliki 2 pintu (kiri/kanan) yang berfungsi sebagai kompartemen lemari pendingin, dan laci freezer di bagian bawah.

Banyaknya ruang penyimpanan yang berbeda-beda dengan pintu yang juga berbeda akan membuat makanan yang disimpan di kulkas bagian lain tidak akan alami kenaikan suhu apabila pintu tertentu dibuka.

F. Kulkas pintar

Seperti namanya, kulkas pintar biasanya telah dilengkapi dengan sistem operasi dan bisa terhubung ke internet melalui jaringan Wi-Fi.

Kulkas seperti ini dilengkapi dengan teknologi Ai yang bisa mengenali berbagai jenis makanan yang kita simpan di dalam kulkas, bisa mengontrol suhu internal secara otomatis, bisa membuat daftar belanjaan untuk ditampilkan di panel yang cukup luas, dan ada yang mendukung pengenalan suara. Sehingga, pengguna bisa melakukan pengaturan hanya dengan perintah suara.

G. Kulkas mini

Kulkas mini yang berukuran kecil dan berkapasitas antara 50 sampai dengan 90 liter, hanya cocok digunakan untuk mengawetkan bahan makanan ataupun makanan siap saji serta makanan ringan agar tidak mudah basi atau layu.

Ukurannya yang kecil tidak banyak memakan ruang. Begitu juga dengan kebutuhan energinya yang relatif rendah. Kulkas seperti ini cocok diletakkan di ruang tunggu.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Anda Harus Beli Kulkas Mini

5. Desain Eksterior

Panduan beli kulkas kelima yakni memperhatikan penampilan lemari es itu penting. Bahkan, tidak sedikit di antara kita yang mengutamakan desain dibandingkan dengan fitur, kebutuhan daya, hingga harga kulkas.

Cukup beralasan, mengingat lemari es tersebut akan kita lihat dan gunakan setiap hari. Karena itulah, memilih kulkas yang desainnya sesuai dengan dekorasi dapur adalah pilihan bijak.

6. Perhatikan Efisiensi Energi yang Digunakan

Kulkas low watt adalah pilihan tepat untuk rumah dengan daya KWH yang rendah. Jika kamu ingin menghemat energi dan uang, memilih kulkas yang kebutuhan dayanya rendah adalah pilihan tepat.

Kulkas dengan kebutuhan daya yang rendah biasanya dilengkapi dengan label Energy Star. Perhatikan jumlah bintang yang tertera. Sebuah kulkas dengan label energi bintang 5 umumnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan kulkas yang memiliki label energi bintang 2. Meski lebih mahal, namun kulkas dengan label energi bintang 5 akan membantu kita menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kulkas Multidoor Terbaik Layak Dimiliki

Lihat dan Sentuh Kulkas yang Ingin Kamu Beli

Foto yang kita lihat di layar hp atau laptop seringkali menipu mata. Karena ada banyak bagian dari kulkas tersebut yang tidak sesuai dengan apa yang kita bayangkan.

Karena itulah, sebelum membeli, cobalah untuk melihat dan menyentuh langsung model kulkas yang kamu inginkan. Caranya, bisa dengan melihat kulkas teman atau tetangga yang sama. Atau, bisa juga dengan mendatangi toko elektronik terdekat untuk melihat langsung bentuk dan rupa kulkas yang kamu inginkan tersebut.

Itulah, sedikit tips tentang panduan beli kulkas, semoga bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang punya rencana ingin membeli kulkas idaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.