Cara Mudah Membersihkan Minyak dan Noda pada Kompor Gas

cara membersihkan noda pada kompor gas

Di Indonesia, kompor listrik masih belum begitu banyak gunakan. Sebaliknya, hampir di setiap rumah bisa dengan mudah kita temukan kompor gas. Kompor gas banyak dipilih bukan hanya karena harganya yang murah, tapi juga karena api-nya dianggap lebih mudah dikontrol sehingga proses masak-memasak jadi lebih mudah.

Karena setiap hari digunakan untuk memasak, maka kompor ini sudah pasti akan sangat mudah kotor. Entah itu, karena terkena noda minyak yang digunakan untuk menggoreng, noda makanan-makanan yang terlempar dari wajan, hingga tetesan-tetesan kuah yang mungkin tercecer pada saat dipindahkan.

Berbagai macam noda dan kotoran tersebut sudah pasti akan menyebabkan kompor jadi terlihat sangat kotor dan menjijikan. Yang sudah pasti akan membuat pemandangan di dapur jadi tak sedap dipandang. Tak hanya itu, kotoran juga akan menyebabkan efektivitas kompor jadi terganggu karena aliran gas bisa terhalang karena tersumbat, serta membuat kompor jadi tidak higienis.

Baca Juga: 7 Barang Elektronik yang Harus Dimiliki Pasangan Baru Menikah

Agar kompor bisa tetap terlihat bersih dan dapur tidak tampak menjijikan, berikut adalah beberapa cara mudah membersihkan minyak dan noda pada kompor gas.

Langkah pertama

Terlebih dahulu lepaskan regulator gas agar lebih aman dan agar lebih mudah membersihkan selang serta proteksinya. Kemudian, lanjutkan dengan membuka tungku atau tatakan (untuk meletakkan panci dan wajan) yang ada di permukaan kompor.

Setelah itu, cucilah tungku secara terpisah di tempat cuci piring atau wastafel menggunakan sabun cuci piring. Jika ada noda membandel, rendam terlebih dahulu tungku tersebut menggunakan air hangat dan air sabun selama beberapa menit. Agar noda bisa lebih mudah terlepas.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasukkan ke Microwave

Untuk membersihkan sudut-sudut yang sempit, gunakan sikat gigi bekas yang tidak terpakai. Sambil digosok-gosokkan dengan air sabun atau lakukan di bawah air mengalir agar kotoran lebih mudah dihilangkan.

Setelah mencuci dan membilas tatakan kompor tersebut, Anda bisa mengeringkannya dengan cara meniriskan sisa air atau langsung mengelapnya menggunakan lap kering. Sembari menunggu tatakan tersebut kering, Anda bisa melanjutkan proses membersihkan minyak dan noda pada kompor gas.

Langkah kedua

Gunakan kain setengah basah untuk menyerap minyak dan kotoran yang ada di seluruh permukaan kompor. Mulai dari bagian atas, belakang, samping kiri dan kanan, serta depan.

Agar kain bisa membersihkan minyak dengan baik, jangan lupa menyiapkan air sabun cuci piring agar noda-noda dan minyak lebih mudah luntur.

Noda dan kotoran yang berada di tempat-tempat sulit atau di sudut sudut sempit sebaiknya dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi bekas seperti yang telah di sebutkan di bagian atas.

Usap sekali lagi seluruh permukaan kompor dengan menggunakan lap kering untuk mengangkat sisa-sisa minyak dan air sabun.

Langkah ketiga

Selanjutnya Anda bisa membersihkan selang kompor gas menggunakan baking soda atau cuka serta sabun cuci piring. Menyediakan baking soda atau cuka akan sangat baik untuk membantu Anda menghilangkan noda membandel yang biasanya sangat sulit diatasi apabila sudah menempel di permukaan karet (selang gas). Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Sediakan air hangat, kemudian tambahkan soda kue lalu aduk rata
  • Rendam lap yang akan digunakan untuk membersihkan selang pada campuran air hangat dan soda kue tersebut. Lalu gunakan untuk menggosok semua permukaan selang. Diamkan selang basah selama kurleb 5 menit
  • Setelah itu, gosok kembali dengan menggunakan air sabun agar noda-noda minyak dan kotoran bisa terangkat
  • Bilas sekali lagi dengan menggunakan lap setengah basah lalu akhiri proses membersihkan selang dengan mengeringkannya menggunakan lap-kering
  • Untuk pelindung selang, agar tidak repot dan tidak perlu membuka seal selang yang sudah tersambung ke kompor, sebaiknya gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok-gosok permukaan pelindung selang tersebut

Langkah keempat

Setelah proses membersihkan kompor selesai, Anda bisa membersihkan permukaan meja tempat Anda meletakkan kompor. Anda bisa membersihkan permukaan meja dengan cara yang sama seperti Anda membersihkan permukaan kompor. Agar lebih mudah dibersihkan, sebaiknya kompor dipindahkan terlebih dahulu.

Langkah terakhir

Pasang kembali tungku atau tatakan kompor. Setelah itu pasang kembali regulator pada tabung gas. Kemudian cobalah untuk menyalakan kompor. Sampai disini, proses membersihkan kompor gas dari noda minyak dan berbagai macam kotoran sudah selesai.

Baca Juga: Berbagai Keuntungan Memasak Menggunakan Microwave

Setiap kali akan membersihkan kompor, pastikan Anda melakukannya secara hati-hati. Dan terlebih dahulu lepas regulator dari tabung gas sebelum memulai, agar lebih aman.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.