Berbagai Keuntungan Memasak Menggunakan Microwave

Keuntungan Memasak Menggunakan Microwave

Microwave atau microwave oven adalah alat pemasak elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi yang disebut “microwave.” Cara kerja microwave adalah dengan menjadikan makanan sebagai medan elektromagnetik frekuensi tinggi. Gelombang mikro akan diserap oleh air, lemak, gula dan berbagai molekul lainnya sehingga tercipta-lah panas.

Dengan demikian, pemanasan hanya terjadi di dalam makanan, tanpa menghangatkan udara di sekitarnya. Metode ini bisa membantu mengurangi waktu memasak, memanggang, atau menghangatkan makanan.

Jika memasak dengan menggunakan metode tradisional bisa memakan waktu berjam-jam, memasak menggunakan oven microwave justru bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasukkan ke Microwave

Melihat keuntungan tersebut, tak mengherankan apabila masyarakat modern banyak yang menggunakan mengandalkan microwave sebagai salah satu alat memasak di samping menggunakan kompor listrik. Di kota-kota besar dan di negara-negara maju, microwave selalu terlihat di dapur setiap rumah. Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat dan keuntungan memasak menggunakan microwave, Anda bisa melihat beberapa poin di bawah ini.

Lebih aman

Dikatakan lebih aman karena oven microwave memiliki resiko terbakar yang lebih rendah saat digunakan, dibandingkan dengan kompor gas. Metode memanaskan makanan seperti yang telah dijelaskan di atas membuat microwave sangat aman. Sekalipun ketika memasak makanan, piring yang digunakan bisa saja terasa hangat atau panas, tapi panas tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan panas yang dihasilkan oleh kompor atau oven konvensional.

Microwave tidak menghasilkan ter dan arang seperti yang sering kita temukan ketika memasak atau menggoreng dengan cara tradisional. Hal tersebut bisa terjadi karena, memasak menggunakan microwave tidak perlu memanaskan wadah (panci atau wajan) yang akan digunakan.

Bisa membantu menyingkat waktu memasak

Jika makanan dipanaskan terlebih dahulu di dalam microwave sebelum dipanggang atau digoreng di wajan, waktu yang dibutuhkan untuk memasak akan jauh lebih singkat. Di samping itu, pembentukan karsinogenik akibat menggoreng menggunakan wajan juga bisa ditekan seminimal mungkin.

Makanan lebih masak merata

Tidak hanya di bagian luar atau permukaan makanan saja yang matang, memasak menggunakan microwave cenderung lebih mudah menghasilkan masakan yang matang hingga ke bagian dalamnya. Hal tersebut dimungkinkan karena radiasi gelombang mikro dapat menembus ke bagian dalam makanan dengan sangat mudah.

Nutrisi makanan akan lebih terjaga

Setiap kali memasak, banyak diantara kita yang tidak sadar bahwa semakin besar api yang kita gunakan dan semakin panas masakan terpanggang, maka akan semakin banyak nutrisi yang hancur dan terbuang. Untuk menghindari hal tersebut, memasak menggunakan microwave adalah pilihan tepat.

Baca Juga: Barang Elektronik yang Bisa Bikin Rumah Nyaman Ditinggali

Proses waktu memasak yang lebih singkat membuat kita lebih mudah mempertahankan nutrisi yang ada di dalam makanan-makanan yang dimasak menggunakan microwave.

Kadar nitrosamin karsinogenik lebih rendah

Penelitian telah membuktikan bahwa sayur hingga daging yang dimasak dengan menggunakan microwave mengandung kadar nitrosamin karsinogenik yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan masakan yang dimasak secara konvensional menggunakan api dari kompor gas.

Lebih hemat energi

Jika dibandingkan dengan kompor, microwave oven jelas jauh lebih hemat energi karena, proses memasaknya yang lebih singkat sehingga penggunaan listrik jadi lebih sedikit.

Lebih mudah menerapkan resep

Proses memasak dengan tingkat panas yang bisa ditentukan serta waktu yang lebih presisi membuat resep yang diterapkan jadi lebih mudah. Setiap microwave modern, umumnya telah dilengkapi dengan timer yang yang akan membuat microwave bisa digunakan memasak dalam jangka waktu yang sangat tepat sesuai kebutuhan.

Microwave tidak menghasilkan api apapun

Tidak ada api yang berbahaya bagi anak-anak maupun orang dewasa di dalam sebuah microwave. Sehingga kegiatan memasak terasa sangat aman dan ramah anak.

Tidak ada uap dan asap

Keuntungan memasak menggunakan microwave lainnya adalah, Anda tak perlu lagi menghawatirkan uap dan asap yang biasanya muncul seperti pada saat memasak menggunakan kompor tradisional. Dengan begitu, udara di dalam rumah, khususnya di dalam dapur yang tertutup sekalipun akan tetap terasa lebih bersih dan sehat.

Microwave tidak perlu dipanaskan

Tidak seperti metode memasak tradisional yang membutuhkan waktu lama untuk memanaskan wajan atau panci, memasak menggunakan microwave bisa langsung diterapkan tanpa melalui proses pemanasan. Bahkan, suhu di dalam microwave bisa diatur secara tepat dan presisi.

Baca Juga: 7 Barang Elektronik yang Harus Dimiliki Pasangan Baru Menikah

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.
Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.