Beranda News Barang Elektronik yang Bisa Bikin Rumah Nyaman Ditinggali

Barang Elektronik yang Bisa Bikin Rumah Nyaman Ditinggali

16
0

Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa sebuah rumah nyaman untuk ditinggali atau sebaliknya. Mulai dari lokasi rumah, kebersihannya, hiburan yang tersedia, hingga kelengkapan perabotan dan peralatan elektronik.

Tidak hanya harus nyaman untuk ditinggali, sebuah rumah juga perlu didukung perlengkapan yang bisa memberikan rasa tenang dan aman serta bisa membantu penghuninya menghemat uang hingga tenaga dan waktu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan rumah.

Peralatan elektronik dari yang mahal dan berukuran besar hingga kebutuhan sehari-hari yang berukuran kecil serta murah seperti kulkas, mesin cuci, penyejuk udara (air-conditioner), televisi, hingga berbagai macam peralatan memasak seperti oven, mixer, serta blender seringkali sangat diperlukan.

Baca juga: 7 Barang Elektronik yang Harus Dimiliki Pasangan Baru Menikah

Agar Anda bisa lebih mudah membuat list dan menentukan manakah barang-barang yang Anda butuhkan untuk mengisi rumah dan membantu meringankan pekerjaan rumah tangga serta membantu menghemat lebih banyak budget belanja.

..kami telah menyusun beberapa daftar perabot atau elektronik rumah tangga yang umumnya dapat membuat sebuah rumah jadi lebih nyaman untuk ditinggali.

Barang Elektronik yang Harus Ada di Sebuah Rumah

1. Kulkas

Kulkas selalu menjadi salah satu barang paling penting di rumah, karena bisa membantu menyimpan bahan makanan dan makanan-jadi agar tidak mudah basi. Kulkas (refrigerator) yang bersuhu dingin akan membantu memperlambat aktivitas bakteri yang menyebabkan makanan jadi mudah basi dan rusak.

Dengan bantuan kulkas, kita bisa menyimpan bahan makanan seperti sayuran agar tidak mudah layu, daging agar tidak mudah membusuk, hingga makanan-makanan yang sudah dimasak agar tidak cepat basi.

Contoh, bakteri dapat merusak susu dalam 2 atau 3 jam jika disimpan pada suhu ruangan. Namun jika suhunya dikurangi (didinginkan), susu tersebut bisa tetap segar selama satu atau hingga dua minggu.

Sangat membantu bukan? Bahkan, ASI juga bisa dibekukan untuk menghentikan aktivitas bakteri sama sekali, sehingga ASI hasil pumping bisa bertahan selama berbulan-bulan.

2. Mesin cuci dan pengering (washing machine)

Mencuci secara manual menggunakan tangan tentu saja bisa dilakukan. Akan tetapi, kegiatan ini bisa menyita banyak waktu dan tenaga. Bahkan tak jarang, kita diharuskan mencuci pakaian pakaian yang tergolong berat seperti celana jeans hingga bed cover. Mencuci pakaian seperti ini, selain membutuhkan banyak tenaga, juga akan menyita banyak waktu.

Dengan bantuan mesin cuci, Anda bisa menghemat lebih banyak waktu dan tenaga. Anda bisa mengalihkan “waktu” untuk mencuci–untuk melakukan kegiatan lainnya yang mungkin dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Baca juga: Ide Penempatan Mesin Cuci Yang Benar dan Keren

Mesin cuci juga bisa dimaksimalkan untuk membantu proses pengeringan pakaian. Sehingga, pakaian tidak akan berbau apek di musim hujan atau jika Anda tinggal di perumahan tertutup dan tidak terdapat tempat terbuka untuk menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung.

3. Setrika listrik/uap

Di samping mesin cuci, barang elektronik lain yang harus tersedia di rumah adalah setrika listrik atau setrika uap, yang bisa membantu merapikan dan melicinkan pakaian. Karena penampilan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan modern.

Mengenakan pakaian yang rapi dan bersih serta mulus bisa memberikan dampak terhadap diri sendiri maupun orang lain. Bagi diri sendiri, pakaian yang rapi dan bagus bisa meningkatkan rasa percaya diri yang ujung-ujungnya akan membuat kita merasa lebih bahagia dan bisa lebih produktif.

Bagi orang lain, mereka tentu akan lebih senang melihat kita tampil rapi dan modis. Hal itu bisa meningkatkan kualitas interaksi antara Anda dan orang lain yang ada di lingkungan rumah maupun tempat kerja.

4. Blender (mixer)

Kegiatan memasak dan mengolah makanan akan jadi lebih mudah berkat bantuan blender atau mixer. Jika biasanya Anda harus pergi ke pasar untuk menggiling daging maupun memarut kelapa, dengan bantuan blender, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Bumbu masakan juga bisa lebih cepat dibuat dan dihaluskan dengan blender.

Keberadaan blender juga akan membantu Anda dan keluarga hidup lebih sehat, karena bisa membuat smoothie, milkshake, hingga jus buah segar sendiri di rumah.

5. Televisi (TV)

TV adalah salah satu sumber hiburan yang hampir bisa ditemukan di setiap rumah. Tak mengherankan, karena TV adalah salah satu sumber hiburan termurah yang bisa Anda beli.

Namun jika Anda tertarik untuk menonton konten premium, ada baiknya Anda membeli Smart TV atau Android TV yang bisa terhubung ke internet, yang bisa digunakan untuk streaming musik maupun film. Misal, dari Google Play Movie, Netflix, Iflix, HOOQ, hingga Prime Video.

6. Kipas angin atau air conditioner (AC)

Tinggal di kota-kota besar yang panas atau tinggal di perumahan yang padat, sering membuat kita merasa gerah, bahkan pada malam hari. Tak hanya membuat kita merasa kurang nyaman karena sering berkeringat, cuaca yang panas dan tubuh yang gerah juga bisa menyebabkan gangguan tidur dan gangguan berbagai aktivitas lainnya.

Baca juga: Mengenal AC Standard, Low Watt dan Inverter, Pilih yang Mana?

Kurang tidur dapat menimbulkan efek berantai, yang sebenarnya tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, tapi juga bisa menyebabkan konsentrasi dan produktivitas menurun pada saat bekerja di keesokan harinya. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko kecelakaan yang disebabkan karena mengantuk.

7. Microwave

Bahkan, jika Anda tidak terlalu sering membuat makanan atau roti yang melibatkan microwave, memilikinya akan memberikan Anda banyak opsi ketika bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja.

Microwave bisa membantu Anda menghadirkan makanan yang lebih variatif di rumah sehingga keluarga pun akan lebih suka memilih makanan rumahan yang jelas jauh lebih sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.